Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Friday, 24 Syawwal 1445 / 03 May 2024

Bea Cukai Ambon Sosialisasikan Penerapan NLE di Pelabuhan Yos Sudarso

Kamis 29 Jun 2023 04:15 WIB

Red: Gita Amanda

Bea Cukai melakukan sosialisasi rencana implementasi penataan ekosistem logistik nasional secara terkoordinasi dan terintegrasi . (ilustrasi).

Bea Cukai melakukan sosialisasi rencana implementasi penataan ekosistem logistik nasional secara terkoordinasi dan terintegrasi . (ilustrasi).

Foto: Bea Cukai
Bea Cukai siap memberi dukungan terhadap implementasi penataan ekosistemi nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Kemenkeu Ambon, Maluku, melakukan sosialisasi rencana implementasi penataan ekosistem logistik nasional secara terkoordinasi dan terintegrasi yaitu National Logistic Ecosystem (NLE) di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Kepala KPPBC AmbonTeddy Laksmanadi Ambo, Rabu (28/6/2023), menyatakan pemerintah telah menetapkan program nasional dalam memberikan dukungan pelaksanaan penataan ekosistem logistik nasional secara terkoordinasi dan terintegrasi, yaitu melalui NLE.

Baca Juga

Dalam mendukung percepatan implementasi NLE tersebut, Bea Cukai turut membangun sinergi dan kolaborasi, baik dengan pihak pemerintah maupun swasta melalui sosialisasi dan koordinasi.

Sosialisasi dilakukan dengan KSOP, Pelindo, Imigrasi, perusahaan pengangkut, dan pihak bank Himbara terkait integrasi sistem maupun informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan.

Sosialisasi dan koordinasi tersebut berorientasi pada kerja sama dengan pemerintah dan swasta melalui penerapan tiga strategi utama, yaitu menciptakan regulasi yang efisien dan standar layanan yang prima dengan penerapan simplifikasi serta penghapusan repetisi dan duplikasi proses bisnis, kolaborasi layanan pemerintah dengan platform pelaku usaha di bidang logistik, serta menciptakan strategi penataan ruang logistik yang tepat.

Ia menjelaskan sebagai salah satu instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan penataan ekosistem logistik nasional, sesuai dengan Instruksi Presiden 5 Tahun 2020, Bea Cukai berperan penting dalam menyukseskan penerapan NLE demi terciptanya penurunan biaya logistik dan pertumbuhan sektor industri.

Bea Cukai, katanya, siap memberikan dukungan terhadap implementasi penataan ekosistem nasional, khususnya terkait simplifikasi proses bisnis pemerintah, yang mana Bea Cukai siap dalam integrasi sistem maupun informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan.

"Melalui sosialisasi dan koordinasi yang terus diupayakan, diharapkan penataan ekosistem logistik nasional di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dapat berjalan dengan baik," kata Teddy.

NLE adalah suatu ekosistem logistik yang menyelaraskan arus lalu lintas barang dan dokumen internasional sejak kedatangan sarana pengangkut hingga barang tiba di gudang.

Penerapan NLE merupakan salah satu upaya nyata pemerintah dalam mendorong program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang menjadi rangkaian kegiatan peningkatan perekonomian.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler