Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Thursday, 23 Syawwal 1445 / 02 May 2024

Antisipasi Peredaran Rokok Ilegal, Bea Cukai Jambi Pantau Toko dan Pedagang

Kamis 22 Jun 2023 23:33 WIB

Red: Qommarria Rostanti

Rokok ilegal (ilustrasi), Bea Cukai Jambi memantau sejumlah toko dan pedagang untuk mengantisipasi masuknya rokok ilegal.

Rokok ilegal (ilustrasi), Bea Cukai Jambi memantau sejumlah toko dan pedagang untuk mengantisipasi masuknya rokok ilegal.

Foto: Dok. Bea Cukai
Bea Cukai Jambi melaksanakan operasi gempur rokok ilegal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Petugas Bea Cukai Jambi terus melakukan pantauan terhadap sejumlah toko atau pedagang rokok. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya atau masuknya rokok ilegal di pasaran yang berakibat merugikan negara karena tidak ada cukainya.

"Dalam rangka menekan peredaran rokok ilegal di wilayah Provinsi Jambi, kami dari Bea Cukai kembali melaksanakan operasi gempur rokok ilegal di mana operasi ini dilakukan sejak 15 Mei 2023 dan hingga kini masih berlangsung sampai 1 Juli 2023 mendatang," kata Plt Kepala Seksi Pelayanan Informasi Bea Cukai Jambi, Tamrin, di Jambi Kamis (22/6/2023).

Baca Juga

Operasi Gempur Rokok Ilegal 2023 dilakukan dengan cara mendatangi toko-toko atau pedagang yang menjual belikan rokok yang kemudian, memberikan edukasi serta pemahaman kepada pemilik toko terkait jenis-jenis rokok ilegal serta larangan jual beli rokok ilegal. Selanjutnya, Tim Bea Cukai Jambi menghimbau kepada pemilik toko untuk menolak apabila ada yang menawarkan untuk melakukan penjualan rokok ilegal dan dapat menghubungi nomor layanan informasi Kantor Bea Cukai Jambi jika mendapati peredaran rokok ilegal di Provinsi Jambi.

Sepanjang Operasi Gempur Rokok Ilegal 2023, Bea Cukai Jambi bersinergi dengan Denpom II/2 Jambi telah menyusuri Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Merangin, Bungo, Tebo, Kerinci, Kota Jambi dan Kota Sungai Penuh serta berhasil mengamankan lebih dari 900 ribu batang rokok ilegal. Bea Cukai Jambi juga tidak berhenti di sana dan melainkan terus melakukan patroli di berbagai perusahaan jasa ekspedisi mengingat pergeseran modus peredaran rokok ilegal telah merambah pasar lokal.

Dalam kegiatan ini, Bea Cukai Jambi juga mengajak kepada masyarakat untuk dapat berperan aktif dalam memberantas rokok ilegal dengan melaporkan kepada Kantor Bea Cukai terdekat apabila menemukan adanya indikasi peredaran rokok ilegal di pasaran. Penangkapan itu sebagai wujud komitmen Bea Cukai Jambi sebagai community protector dan revenue collector dalam melakukan operasi Gempur Rokok Ilegal tahun 2023 guna menekan peredaran rokok ilegal dan mengamankan penerimaan negara.

Pada operasi kali ini sinergi Bea Cukai bersama Denpom II/2 Jambi serta masyarakat, berhasil menggagalkan aksi peredaran puluhan ribu batang rokok ilegal dengan mengamankan satu buah sarana pengangkut berupa mobil penumpang jenis LCGC berwarna putih dan juga satu orang saksi di sekitar Jembatan Aur Duri I, Kabupaten Muarojambi. Tamrin mengatakan, kronologis penindakan pada Senin (12/6/2023) berawal dari adanya informasi masyarakat bahwa terdapat pengiriman rokok yang diduga ilegal yang diangkut menggunakan mobil penumpang jenis LCGC berwarna putih.

Tim Bea Cukai Jambi kemudian berkoordinasi dengan Denpom II/2 Jambi dan masyarakat. Mereka pun segera melakukan penindakan dan berhasil mengamankan 60 ribu batang rokok yang tidak dilekati pita cukai dengan total nilai barang sebesar Rp 30 juta dan nilai cukai yang seharusnya dibayar sebesar Rp 42,6 juta dan juga mengamankan satu sarana pengangkut beserta satu orang saksi.

 

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler