Selasa 13 Dec 2022 10:12 WIB

Varane Ungkap Peran Penting Griezmann dalam Permainan Timnas Prancis

Griezmann kini melakoni peran sebagai penghubung antara lini tengah dan lini serang.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps (tengah) merayakan dengan pemain Kylian Mbappe (kiri) dan Antoine Griezmann (kanan) setelah memenangkan pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Prancis di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, 10 Desember 2022 .
Foto: EPA-EFE/Ronald Wittek
Pelatih kepala Prancis Didier Deschamps (tengah) merayakan dengan pemain Kylian Mbappe (kiri) dan Antoine Griezmann (kanan) setelah memenangkan pertandingan sepak bola perempat final Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Prancis di Stadion Al Bayt di Al Khor, Qatar, 10 Desember 2022 .

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Kylian Mbappe kerap menjadi sorotan dalam laju Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar. Maklum, penyerang berusia 23 tahun itu telah mengoleksi lima gol dan dua assist dari lima partai dalam langkah Les Bleus menuju babak semifinal Piala Dunia 2022.

Mbappe pun berada di urutan teratas daftar top skorer sementara Qatar 2022. Penyerang Paris Saint Germain (PSG) itu unggul satu gol dari rekan setimnya, Olivier Giroud, dan bintang timnas Argentina, Lionel Messi. Kendati begitu, peran Antoine Griezmann dalam perjalanan Les Bleus di Qatar 2022 juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Baca Juga

Bek tengah timnas Prancis, Raphael Varane, mengungkapkan, peran Griezmann di skema permainan tim besutan Didier Dechamps itu sedikit berubah. Apabila sebelumnya penyerang Atletico Madrid diharapkan bisa menjadi penyelesai serangan, Griezmann kini melakoni peran sebagai penghubung antara lini tengah dan lini serang.

Tidak hanya itu, penyerang berusia 31 tahun itu juga memiliki peran krusial dalam menjaga tempo permainan Les Blues di Piala Dunia 2022. Sejauh ini, peran tersebut sudah dilakoni Griezmann dengan cukup apik.

''Peran dia sedikit berubah. Dia memiliki kualitas permainan yang sama seperti sebelumnya, dan dengan kemampuan itu, dia menutup banyak ruang di lapangan. Dia tahu bagaimana memilih momen dalam pertandingan. Dengan pengambilan posisi, dia mendikte tempo permainan tim,'' kata Varane seperti dikutip Diario AS, Selasa (13/12/2022).

Tidak hanya soal kualitas permainan, Griezman dinilai jauh lebih matang dan memiliki kepercayaan diri tinggi di Qatar 2022. Varane pun menyebut, mantan penyerang Barcelona itu sebagai salah satu pilar penting dalam skuad Les Bleus di Piala Dunia 2022.

''Dia telah memiliki pengalaman dan menjadi pemain yang sangat penting di tim ini. Dia terlihat sudah begitu percaya diri. Dia berbicara kepada nyaris semua rekan setimnya, tidak hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan,'' ujar bek tengah Manchester United tersebut.

Dari segi torehan gol, Griezman memang belum menyumbang satu gol pun. Namun, dari segi torehan assist, Griezman sudah menorehkan tiga assist dari lima kesempatan tampil di Piala Dunia 2022. Terakhir, semua gol Prancis kala menyingkirkan Inggris, 2-1, di babak perempat final, awal pekan ini, lahir dari assist Griezmann.

Berdasarkan data Squawka, Griezman menjadi pemain dengan torehan assist terbanyak hingga Piala Dunia 2022 menuntaskan babak perempat final. Selain itu, Griezmann juga menjadi pemain yang mampu menciptakan peluang terbanyak dan operan terbanyak di bidang lapangan lawan.

Kreativitas Griezmann dalam membongkar pertahanan ini akan menjadi salah satu andalan Les Bleus kala menghadapi Maroko di babak semifinal, Kamis (15/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan atas Maroko itu pun akan mengantarkan Les Bleus selangkah lagi untuk bisa mempertahankan titel juara Piala Dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement