Ahad 11 Dec 2022 08:10 WIB

Olivier Giroud: Prancis Tampil Sangat Efisien di Kotak Penalti Inggris

Olivier Giroud mencetak gol penentuk kemenangan Prancis atas Inggris.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Andri Saubani
Ekspresi penyerang Inggris Harry Kane usai gagal mencetak gol dari tendangan penalti.
Foto: EPA-EFE
Ekspresi penyerang Inggris Harry Kane usai gagal mencetak gol dari tendangan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, AL KHOR -- Olivier Giroud menjadi pahlawan Prancis saat bertemu Inggris di babak perempat final Piala Dunia 2022. Ia mencetak gol penentu kemenangan Les Bleus atas the Three Lions di Stadion Al Bayt, Al Khor, Ahad (11/12/2022) dini hari WIB.

Prancis unggul terlebih dahulu pada menit ke-17. Tendangan jarak jauh Aurelien Tchouameni merobek jala Jordan Pickford. Hingga turun minum skor tidak berubah.

Baca Juga

Pada menit ke-54, Harry Kane menyamakan kedudukan melalui titik putih. Sekitar 12 menit menjelang waktu normal berakhir, Giroud menjadi pembeda. Sundulan sang bomber membobol gawang lawan. Skor 2-1 untuk keunggulan anak asuh Didier Deschamps bertahan hingga laga usai.

Rencana permainan Deschamps berjalan sempurna. Mereka tampil efektif. Namun pada saat yang sama, the Three Lions juga terus menebar ancaman.

"Mungkin mereka pantas mendapatkan lebih, tetapi pada akhirnya, detail kecil membuat perbedaan di level ini," kata Giroud kepada ITV, dikutip dari Metro.

Ia mengenang duel semifinal Piala Dunia 2018 antara Prancis melawan Belgia. Menurutnya situasinya mirip dengan apa yang terjadi di Al Bayt. Saat itu, Les Bleus diharuskan lebih banyak bertahan setelah memimpin 1-0.

"Kami menunjukkannya lagi hari ini. Pada akhirnya kami sangat efisien di kotak penalti mereka. Ini sepak bola, anda tahu marginnya kecil," ujar Giroud.

Sepanjang 90 menit, duel kelas dunia terlihat. Adu taktik dan teknis terus diperagakan. Hanya saja beberapa keputusan wasit sedikit merusak hal itu.

Gol pembuka Prancis berbau kontroversi. Saat Les Bleus membangun serangan, ada potensi pelanggaran terhadap Bukayo Saka. Begitu juga dengan penalti kedua untuk Inggris.

Sekitar enam menit menjelang waktu normal berakhir, the Three Lions kembali mendapat penalti. Kali ini Kane gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sepakannya melambung di atas mistar gawang Hugo Lloris.

"Pelanggaran seperti itu anda lihat di setiap pertandingan. Saya tidak mengatakan apa-apa pada Harry, saya hanya berbicara dengan wasit, tetapi anda tidak dapat membatalkan apa pun," tutur Giroud.

Ia merasa timnya beruntung sepakan Kane melenceng dari sasaran. Berikutnya, pasukan Ayam Jantan bertemu Maroko di semifinal.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement