Sabtu 01 Jan 2022 15:15 WIB

Tafsir Santri Terhadap Semesta Intelijen

KH Asad Said Ali menulis buku tentang dunia Intelijen

KH Asad Said Ali menulis buku tentang dunia Intelijen. Buku Intelijen
Foto:

Oleh : Syaiful Arif, staf ahli MPR RI dan Penulis buku Islam, Pancasila dan Deradikalisasi (2016)

Kiai As’ad juga menyebut info A1 sebagai berita yang dalam Alquran disebut Nabaun Yaqinun atau informasi yang meyakinkan. Dengan penguatan Ayahanda bahwa kerja intelijen sebangun dengan tradisi ilmu hadist, maka Kiai As’ad pun menghayati kerja intelijen sebagai ibadah.  

Buku ini sepertinya diniatkan oleh sang penulis sebagai “auto-biografi”, namun ditulis dalam konteks perjalanan karir. Kiai As’ad merupakan orang sipil pertama yang menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intelijen Negara selama tiga periode (2001-2009), yakni di era Presiden KH Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati dan Presiden SBY. 

Di buku ini, sang penulis merangkum perjalanan selama bertugas sebagai intelijen, baik di Timur Tengah seperti di Arab Saudi, Uni Soviet, Lebanon, dan Yaman. Perjalanan intelijennya juga ia alami di Eropa, Amerika, Australia, dan China. (hlm 1-352)  

Sebagai catatan perjalanan, buku ini merupakan deskripsi mendalam (thick description), pinjam istilah antropolog Clifford Geerzt. Meski ditulis di tahun 2020-an, catatan tersebut sangat mendalam dan detail, menggambarkan budaya, tradisi keagamaan hingga pertarungan politik dan ideologi. Sebagaimana prinsip yang sering beliau sampaikan, bahwa sebagai intelijen, Kiai As’ad mendasarkan pengetahuannya pada fakta, bukan hanya konsepsi. 

Inilah yang oleh Ayahanda beliau, Kiai Said maksudkan bahwa “kebenaran informasi intelijen harus dicapai melampaui kebenaran hipotetik.” Artinya, berbagai fakta yang diteliti melalui “penelitian lapangan yang terlibat” dalam buku ini, bisa menyumpangkan, bukan hanya data baru, tetapi perspektif baru untuk memperbaiki konsep yang sudah ada.            

 

Judul            : Perjalanan Intelijen Santri

Penulis         : As’ad Said Ali

Penerbit       : Jakarta, LP3ES

Tahun terbit : November 2021

 

Halaman      : 551+xcii     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement