Jumat 30 Jul 2021 08:43 WIB

5 Hal yang Dapat Membuat Orang Sulit Terlelap

Ada setidaknya lima hal yang harus dihindari menjelang waktu tidur.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda
Ketahui hal-hal yang perlu dihindari menjelang tidur.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ketahui hal-hal yang perlu dihindari menjelang tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Anda kesulitan untuk tidur? Bisa jadi, rutinitas olahraga Anda menjadi biang keladinya.

Padahal, olahraga dapat memperbaiki kualitas dan lama waktu tidur. Pelatih kebugaran di Freeletics, Vanessa Gebhardt, menjelaskan ada lima hal yang mendatangkan malapetaka pada pola tidur, kekeliruan dalam berolahraga termasuk di antaranya.

Baca Juga

1. Suhu tubuh terlalu tinggi

Berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat sulit untuk terlelap. Untuk bisa pulas, tubuh harus berada pada suhu optimal.

"Jika Anda ingin berolahraga di malam hari, cobalah beberapa latihan low impact dan peregangan sederhana yang dapat membantu mempersiapkan tubuh untuk tidur," kata Gebhardt, dilansir Healthista pada Kamis (29/7).

2. Terlalu kenyang

Di malam hari, banyak yang akan memilih makanan sehat untuk mengimbangi semua kalori yang terbakar. Namun, untuk tidur yang optimal, para ahli merekomendasikan makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur.

"Makan berat di larut malam berarti tubuh harus bekerja untuk mencerna alih-alih membersihkan," ujar Gebhardt.

3. Adrenalin tinggi

Berolahraga di sore hari cenderung membuat tingkat adrenalin Anda akan tetap tinggi. Akibatnya, Anda akan kesulitan untuk mengalihkan pikiran ketika memasuki waktu tidur.

"Adrenalin juga meningkatkan kewaspadaan, membuatnya lebih sulit untuk rileks dan sukar tidur nyenyak," ucap Gebhardt.

4. Terlalu banyak kafein

Pikir dua kali sebelum mengonsumsi secangkir kopi atau stimulan kafein setelah berolahraga. Penting untuk menghindarinya setelah makan siang karena sistem metabolisme butuh tak kurang dari delapan jam untuk membuatnya keluar dari tubuh.

Teh herbal yang menenangkan dapat menjadi alternatif yang sangat baik. Apalagi, banyak juga yang menyebut teh herbal menawarkan manfaat lebih lanjut.

"Teh peppermint dapat membantu membantu pencernaan, sementara chamomile merupakan penginduksi tidur alami," sebut Gebhardt.

5. Melewatkan fase pendinginan

Pendinginan adalah bagian penting dari olahraga. Namun, banyak orang sebenarnya cenderung melewatkannya karena berbagai alasan.

Salah satu manfaat terpenting dari pendinginan adalah memungkinkan pemulihan detak jantung secara bertahap. Selama berolahraga, detak jantung akan meningkat hingga jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh untuk melengkapi otot-otot yang bekerja lebih keras dari biasanya.

Pendinginan juga memberikan kesempatan besar untuk beristirahat dan bersantai. Pada gilirannya, itu akan membantu mengoptimalkan tidur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement