Rabu 19 May 2021 04:58 WIB

Clubhouse Perluas Aplikasi Android ke Lebih Banyak Negara

Untuk tahun pertama, Clubhouse hanya tersedia di perangkat iOS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Aplikasi Clubhouse.
Foto: Clubhouse/Google Play Store.
Aplikasi Clubhouse.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK CITY -- Platform audio sosial Clubhouse telah  meluncurkan aplikasi Androidnya sepekan yang lalu. Kini Clubhouse akan diluncurkan ke lebih banyak negara dalam pekan mendatang. Aplikasi Android akan tersedia di Brasil, Jepang dan Rusia pada Selasa (18/5), India dan Nigeria pada Jumat (21/5) dan seluruh dunia sepanjang pekan.

“Peluncuran Android terus berlanjut ! Jepang, Brasil & Rusia hadir Selasa. Negara & India pada Jumat. Seluruh dunia sepanjang pekan dan tersedia di seluruh dunia pada Jumat sore,” kata Clubhouse melalui akun Twitternya, dilansir dari The Verge, Senin (17/5).

Baca Juga

Untuk tahun pertama, Clubhouse hanya tersedia di perangkat iOS. Meskipun akses awalnya terbatas, Clubhouse tumbuh menjadi 10 juta pengguna di tahun perdananya.

Kini pertanyaannya, apakah Clubhouse bisa momentum saat pesaing- Spaces Twitter, Stage Channels Discord dan platform media sosial lain yang lebih terkenal-memasuki pasar audio.

Clubhouse  telah dikritik karena tidak menyediakan teks otomatis untuk pengguna tunarungu dan yang mengalami gangguan pendengaran. Platform baru-baru ini mengumumkan hasil program akselerator yang akan mendanai 50 pertunjukan audio Clubhouse.

CEO Paul Davidson mengatakan selama Clubhouse town hall mingguan bahwa selanjutnya pada peta jalan perusahaan adalah memberi tip di ruangan untuk pembuat konten, acara berbayar dan langganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement