Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Sunday, 3 Zulqaidah 1442 / 13 June 2021

Clubhouse Luncurkan Aplikasi Android Beta di Play Store

Senin 10 May 2021 14:27 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Aplikasi Clubhouse.

Aplikasi Clubhouse.

Foto: Clubhouse/Google Play Store.
Versi beta Clubhouse untuk Android baru tersedia di Amerika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Clubhouse akhirnya memiliki aplikasi Android yang dapat diunduh dari PlayStore. Namun, saat ini baru tersedia di di Amerika Serikat (AS).

Jaringan sosial berbasis suara meluncurkan aplikasi Android beta di Play Store untuk pengguna di AS pada Ahad (9/5). Clubhouse mengatakan secara bertahap akan membuat aplikasi baru tersedia di negara-negara berbahasa Inggris lainnya, serta kemudian di seluruh dunia.

Jejaring sosial diluncurkan sebagai aplikasi khusus iPhone tahun lalu. Aplikasi ini dengan cepat mendapatkan popularitas tahun lalu, menarik beberapa selebriti terkenal, politisi, investor dan pengusaha.

Clubhouse mulai mengembangkan aplikasi Android awal tahun ini dan mulai menguji versi beta secara eksternal bulan ini. Pada Ahad (9/5), startup tersebut mengatakan ketersediaan di Android telah menjadi fitur produk yang paling banyak diminta.

“Rencana kami selama beberapa pekan ke depan adalah mengumpulkan umpan balik dari komunitas, memperbaiki masalah yang kami lihat dan bekerja untuk menambahkan beberapa fitur akhir seperti pembayaran dan pembuatan klub sebelum meluncurkannya secara lebih luas,” tulis tim tersebut, dilansir dari Tec Crunch, Senin (10/5).

Saat Clubhouse berjuang untuk mempertahankan pertumbuhannya, data menunjukkan pemasangan telah turun drastis dalam beberapa bulan terakhir. Aplikasi Android terbukti sangat penting untuk meningkatkan jangkauan perusahaan rintisan di seluruh dunia.

Clubhouse berpotensi juga meningkatkan pertumbuhannya dengan mengizinkan pengguna manapun untuk bergabung dengan layanan tanpa undangan. Namun, perusahaan rintisan tersebut mengatakan mempertahankan daftar tunggu dan sistem undangan adalah bagian dari upayanya untuk menjaga pertumbuhan tetap terukur.

Peluncuran Clubhouse di Android terjadi pada saat sejumlah raksasa teknologi termasuk Facebook, Twitter, Discord, Spotify, Reddit dan Microsoft LinkedIn, telah meluncurkan penawaran serupa, atau mengumumkan rencana untuk menawarkan platform audio.

Kloning Twitter dari Clubhouse, yang disebut Spaces, telah muncul sebagai salah satu pesaing. Aplikasi Android beta Clubhouse saat ini kekurangan sejumlah fitur. Misalnya, kemampuan untuk mengikuti suatu topik, terjemahan dalam aplikasi, , kemampuan untuk membuat atau mengelola klub, menautkan profil Twitter dan Instagram, pembayaran serta kemampuan untuk mengubah nama profil atau nama pengguna.

“Dengan Android, kami yakin Clubhouse akan terasa lebih lengkap,” tulis postingan blog tersebut.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA