Kamis 26 Nov 2020 14:31 WIB

5 Karbohidrat Sehat Bagi Pria yang Mau Turunkan Berat Badan

Benarkah orang yang sedang diet tidak boleh mengonsumsi karbohidrat?

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Ada beberapa makanan mengandung karbohidrat yang baik bagi pria yang ingin menurunkan berat badan.
Foto: www.freepik.com
Ada beberapa makanan mengandung karbohidrat yang baik bagi pria yang ingin menurunkan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet bebas karbohidrat atau ketogenik menjadi tren. Pelaku diet ini berharap tubuh mereka tetap bugar, meski sedang berusaha menurunkan berat badan.

Diet ketogenik menghilangkan konsumsi karbohidrat seluruhnya atau membatasi asupan. Alasannya, karbohidrat sering dianggap tidak sehat dan menjadi alasan bertambahnya berat badan. Tetapi penelitian mengatakan, karbohidrat penting dan dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap sehat.

Karbohidrat menghasilkan energi yang memberi kekuatan tubuh. Jadi, diet tersebut bukan pilihan yang baik. Sebaliknya, tubuh manusia hanya harus berpegang pada karbohidrat sehat untuk mempercepat program penurunan berat badan. Cara ini bukan hanya untuk wanita saja, tapi juga berlaku untuk pria.

Pria juga harus memiliki karbohidrat yang sehat untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah karbohidrat sehat dan terbaik bagi pria, untuk menurunkan berat badan seperti dilansir di laman Pinkvilla, Kamis (26/11):

1. Acorn squash

Acorn squash, yang juga disebut pepper squash atau adalah labu musim dingin dengan tonjolan memanjang yang khas di bagian luar dan dalam. Rasanya yang manis dan dagingnya berwana kuning-oranye.

Labu jenis ini memiliki karbohidrat, serat, Vitamin C, dan Vitamin A yang mampu melindungi mata, jantung, dan metabolisme tubuh.

2. Apel

Apel kaya akan nutrisi penting termasuk karbohidrat dan serat yang meningkatkan kinerja otak. Apel secara efektif mengurangi risiko diabetes tipe 2. Antioksidan dalam apel melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

3. Kacang hitam

Kacang hitam adalah sumber serat, vitamin B6, folat, dan lainnya, serta dapat menyediakan bakteri usus yang sehat dan mengurangi masalah sembelit. Selain itu, kacang hitam juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah, dan kerusakan akibat LDL atau kolesterol jahat.

4. Beras merah

Beras merah mengandung serat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Beras merah memberi rasa kenyang sehingga membantu menurunkan berat badan. Beras merah adalah pilihan yang jauh lebih sehat daripada nasi putih. Agar lebih nikmat, bisa menambahkan beras merah dengan kecap, biji wijen, dan daun bawang.

5. Kacang merah

Kacang merah juga kaya serat larut dan protein yang mengatur kadar gula darah tubuh. Kacang merah bisa ditambahkan ke resep salad. Ada juga makanan yang mengandung karbohidrat sehat lainnya untuk pria, yakni mangga, susu cokelat, pir, kacang polong, paprika, nanas, anggur, ubi jalar, roti gandum, dan semangka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement