Monday, 19 Zulqaidah 1445 / 27 May 2024

Monday, 19 Zulqaidah 1445 / 27 May 2024

Peringatan Hari Pahlawan Momentum Menebar Keteladanan

Selasa 10 Nov 2020 17:00 WIB

Red: Gita Amanda

Seniman menyelesaikan lukisan wajah pahlawan nasional di Jakarta, (ilustrasi).

Seniman menyelesaikan lukisan wajah pahlawan nasional di Jakarta, (ilustrasi).

Foto: ANTARA/Puspa Perwitasari
Masyarakat membutuhkan keteladanan dalam menyikapi berbagai perubahan norma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Peringatan Hari Pahlawan harus menjadi momentum untuk menebar keteladanan dalam berbangsa dan bernegara saat menghadapi berbagai ujian.

"Peringatan Hari Pahlawan bukan semata mengenang jasa mereka yang berjuang untuk bangsa dan negara. Lebih dari itu kita harus meneladani perilaku para pahlawan dalam menghadapi berbagai ujian berbangsa," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulis, Selasa (10/11).

Baca Juga

Saat ini, jelas Lestari, masyarakat membutuhkan keteladanan dalam menyikapi berbagai perubahan norma yang terjadi di tengah masyarakat akibat pandemi Covid-19 dan sejumlah masalah ekonomi lainnya.

"Masyarakat negeri ini sangat membutuhkan keteladanan untuk menyikapi berbagai  perubahan yang terjadi saat ini," ujar Rerie, sapaan akrab Lestari.

Tokoh masyarakat dan pejabat negara, menurut Legislator Partai NasDem itu, harus mampu menjadi teladan bagi masyarakat, saat ini terutama dalam menjalankan kebiasaan baru di tengah belum terkendalinya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Saat ini, tegas Rerie, kita memerlukan nilai-nilai kebangsaan yang antara lain terkandung dalam nilai-nilai Pancasila, untuk keluar dari krisis ekonomi dan kesehatan, dampak dari penyebaran Covid-19.

Pemerintah dan masyarakat, jelasnya, harus padu dalam upaya penanggulangan Covid-19, agar pertumbuhan ekonomi lima persen pada 2021 dapat tercapai. Selain itu, tambah Rerie, stabilitas sosial politik dalam negeri juga menjadi faktor krusial bagi upaya pemulihan ekonomi.

Baik upaya penanggulangan Covid-19 dan menciptakan stabilitas sosial politik di masa pandemi, menurut Rerie, memerlukan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai kebangsaan dan keteladanan dari pemimpin dan tokoh bangsa.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler