Rabu 23 Sep 2020 09:27 WIB

STMIK Nusa Mandiri Hadirkan Pakar Ionnina University, Yunani

Ia tampil pada Webinar Scientific Summit Series #2

STMIK Nusa Mandiri menghadirkan pembicara dari Ionnina University, Yunani pada webinar Scientific Summit Series #2.
Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri
STMIK Nusa Mandiri menghadirkan pembicara dari Ionnina University, Yunani pada webinar Scientific Summit Series #2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Nusa Mandiri kembali mengadakan webinar internasional yang merupakan lanjutan dari webinar international sebelumnya yaitu Scientific Summit Series 1 yang diadakan pada bulan Agustus bertepatan dengan Dies Natalis kampus STMIK Nusa Mandiri. 

Webinar international Scientific Summit Series 2 ini mengusung tajuk ‘Innovation and research University’ dengan menghadirkan dua Expert sebagai Keynote Speaker yaitu Prof  Christophorus Nikou dari Ionnina University, Yunani dan Dr Agus Subekti sebagai expert di bidang Machine Learning dari kampus STMIK Nusa Mandiri.

Kegiatan webinar yang diadakan pada Selasa (22/9)  ini diawali dengan sambutan dari Ketua STMIK Nusa Mandiri Dr  Dwiza Riana. Dalam sambutannya, ia berpesan kepada para peserta untuk tetap produktif memanfaatkan sisi baik dari pandemi covid-19 yang dialami masyarakat global.

“Pandemi Covid-19 memang cukup berat untuk negara berkembang, tetapi kita harus memanfaatkan sisi baik dari pandemi ini untuk berkolaborasi lintas wilayah secara global dengan kemudahan teknologi,” tuturnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (23/9).

Prof Christophorus Nikou sebagai Keynote Speaker pertama menjelaskan tentang penelitian yang dilakukannya di bidang Image Processing di Ionnina University. Ia menjelaskan bahwa masih luas sekali peluang untuk melakukan penelitian di bidang Image Processing ini terutama dalam membantu masalah global pandemi ini.

Dr Agus Subekti pun mengungkapkan hal yang sama pada penelitian di bidang Machine Learning pada tahun 2020 ini masih sangat dibutuhkan, terutama untuk mendukung keberhasilan Artificial Intelligence. Bahkan, machine learning ini sangat terbuka untuk kolaborasi dengan penelitian di bidang lainnya baik teknologi maupun non-teknologi.

photo
Prof Christophorus Nikou dari Ionnina University, Yunani.  (Foto: Dok STMIK Nusa Mandiri)

Para peserta sangat antusias dalam kegiatan ini, dilihat dari banyaknya peserta yang bergabung baik itu via Zoom Meeting ataupun YouTube Livestream melalui kanal Nusa Mandiri. Selaras dengan itu, Ahmad Fachrurozi selaku peserta memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan webinar yang sudah kedua kalinya diadakan ini.

“Untuk saya yang memang berminat dengan Image Processing dan Machine Learning, kegiatan ini menjadi suatu hal yang tidak dapat saya tinggalkan. Pemaparan dari Prof Nikou dan Dr  Agus sangat membantu saya dalam mendalami bidang yang sedang saya ambil ini. Saya harap kegiatan seperti ini terus ada ditahun berikutnya. Sukses Nusa Mandiri!,” tandas Fachrurozi, salah satu peserta.

Kegiatan webinar ini ditutup dengan sambutan  Dr Windu Gata selaku dosen Program Studi (Prodi)  Ilmu Komputer Kampus STMIK Nusa Mandiri. Ia menuturkan bahwa webinar internasional ini diadakan guna memberikan pengetahuan lebih luas secara umum mengenai penelitian terkini serta membuat masyarakat dunia lebih positif dalam menghadapi pandemi ini.

Webinar Internasional Summit ini merupakan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan secara berkelanjutan, sebagaimana diucapkan oleh Arif Hidayat yang memandu kegiatan tersebut.

“Melihat tingginya antusias peserta pada Series #1 dan Series #2, saya mengingatkan kembali bahwa kegiatan webinar internasional ini berkelanjutan dan untuk series #3 akan dilaksanakan bulan Oktober 2020 dengan tema yang baru,” pungkas Arif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement