Sabtu 16 May 2020 06:26 WIB

Meski Sudah Siuman, Kondisi Ayah Khabib Masih Serius

Ayah Khabib Nurmagomedov sudah siuman tapi belum bisa banyak bicara.

Ayah dari petarung MMA Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap Nurmagomedov, dilarikan ke rumah sakit di Moskow, Rusia, Ahad (3/5).
Foto: @khabib_nurmagomedov
Ayah dari petarung MMA Khabib Nurmagomedov, Abdulmanap Nurmagomedov, dilarikan ke rumah sakit di Moskow, Rusia, Ahad (3/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abdulmanap, ayah petarung MMA Khabib Nurmagomedov, Kamis (14/5) disebutkan sudah siuman setelah sempat koma selepas menjalani operasi jantung. Meski sudah stabil, kondisi kesehatannya dinilai masih serius.

Salah satu teman keluarga Nurmagomedov, Ramazan Rabadanov, mengatakan kepada Sport Express seperti dikutip rt.com bahwa Abdulmanap belum bisa banyak bicara. Kondisinya masih serius menyusul serangan jantung yang diduga dipicu oleh infeksi Covid-19.

Baca Juga

''Dia sudah siuman dari koma, tapi belum bisa bicara,'' kata Rabadanov, seperti dikutip Republikbola dari rt.com, Jumat (15/5). 

''Kondisinya masih serius. Hanya itu yang kami tahu,'' katanya. ''Saya sendiri sedang sakit dan sudah panggil dokter.''

Pada Kamis (14/5) lalu, pelatih berusia 57 tahun itu sudah tersadar meski belum bisa bicara. Abdulmanap mengalami koma karena pengaruh obat akibat menjalani operasi jantung pada 3 Mei lalu.

Menurut saluran Telegram 'Baza' yang dikutip rt.com, Abdulmanap didiagnosa terinfeksi virus Covid-19 yang diduga memicu terjadinya serangan jantung. Kondisinya saat itu semakin memburuk sehingga tim dokter memutuskan untuk mengambil tindakan operasi dan memasangkan alat bantu.

Penerbangan Khusus

Abdulmanap sempat dirawat di rumah sakit di Makhachkala, Dagestan, karena mengalami gangguan pernafasan. Namun dia dipindahkan ke rumah sakit di Moskow, Rusia, dengan menggunakan penerbangan khusus. Laporan media setempat menyembutkan Abdulmanap mengalami masalah jantung.

Wasit cabang olahraga gulat, Ubaydula Osmanov, mengaku mendapat telepon bahwa Abdulmanap dilarikan ke rumah sakit di Moskow pada Ahad (3/5). Padahal Osmanov, yang dekat dengan keluarga Nurmagomedov, beberapa hari sebelumnya sempat berbincang dengan Abdulmanap.

''Abdulmanap saat itu mengatakan kepada saya bahwa segalanya baik-baik saja. Dia mengaku sedang dalam masa pemulihan,'' kata Osmanov kepada RIA Dagestan, seperti dikutip rt.com, Selasa (5/5).

''Tapi, Ahad kemarin (3/5), salah satu kerabatnya menelepon saya dan mengatakan kondisi Abdulmanap tiba-tiba memburuk,'' kata Osmanov. ''Mereka membawanya ke Moskow dengan menggunakan pesawat khusus.''

Osmanov mengaku belum tahu persis apa yang membuat sahabatnya itu dilarikan ke rumah sakit di Moskow. Tapi, dia menduga Abdulmanap mengalami masalah dengan jantung. 

Gejala Flu

Abdulmanap sebelumnya dilarikan ke rumah sakit di Makhachkala, Dagestan, akibat mengalami gejala pneumonia dan flu pada akhir April lalu. Komentator Olahraga asal Rusia, Ramazan Rabadanov, saat itu menyebutkan lewat postingan di akun Instagramnya bahwa Abdulmanap sempat menolak dilarikan ke rumah sakit di Makhachkala.

Abdulmanap dikatakan sudah sakit ketika berada di tempat tinggalnya di wilayah pegunungan. ''Abdulmanap sudah berada di Makhachkala, di Rumah Sakit Second City. Dia sakit ketika berada di gunung. Mereka berjalan selama dua hari, Nurmagomedov bersaudara nyaris putus asa membujuk dia untuk ke rumah sakit," kata Rabadanov saat itu.

''Sementara coronavirus belum terkonfirmasi. Mereka bilang flu,'' tambah Rabadanov yang berteman dekat dengan Abdulmanap tersebut. ''Tidak seorang pun diizinkan menjenguknya.''

Negatif Corona

Ayah petarung MMA (Mixed Martial Arts) Khabib Nurmagomedov ini sempat disebutkan mengalami gejala mirip corona. Namun, Abdulmanap akhirnya angkat bicara terkait kondisi kesehatannya.

''Saya merasa sehat. Segalanya baik-baik saja,'' kata Abdulmanap Nurmagomedov kepada kantor berita Rusia TASS, seperti dikutip rt.com, Senin (27/4).

Pihak keluarga Nurmagomedov mengatakan Abdulmanap menjalani pemeriksaan kesehatan untuk gejala pneumonia dan influenza. Sementara Khabib, pemegang sabuk juara UFC (Ultimate Fighting Championship) kelas ringan, saat itu tidak berkomentar apapun terkait kondisi kesehatan ayahnya tersebut.

Selain menjalani tes pneumonia dan flu, Abdulmanap juga menjalani tes corona. ''Dia juga menjalani tes kesehatan untuk Covid-19. Dan, hasilnya negatif,'' sebut laporan rt.com mengutip kantor berita TASS saat itu.

Juara dunia Shamil Zavurov juga disebutkan menjalani pemeriksaan medis. Zavurov terkonfirmasi tidak mengalami radang paru-paru, hanya mengalami gejala flu.

Sumber di Dagestan menyebutkan kepada RT Sport bahwa sejumlah petarung MMA di sasana pelatihan Khabib juga jatuh sakit selama beberapa pekan. Mereka mengalami gejala mirip virus corona.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement