Sabtu 16 May 2020 01:07 WIB

Sempat Alami Koma, Ayah Khabib Dilaporkan Positif Covid 19

Ayah Khabib Nurmagomedov sudah siuman dari koma selepas jalani operasi.

Khabib Nurmagomedov
Foto: AP/John Locher
Khabib Nurmagomedov

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Abdulmanap Nurmagomedov dilaporkan terinfeksi virus corona. Serangan virus Covid-19 tersebut membuat ayah dari petarung MMA Khabib Nurmagomedov itu mengalami serangan jantung dan akhirnya koma.

Seperti disebutkan dalam laporan rt.com pada Kamis (14/5) waktu setempat, detail kondisi kesehatan Abdulmanap kini mulai terungkap. ‘’Ayah sekaligus pelatih dari pemegang sabuk juara kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov, kini sudah siuman dari koma,’’ sebut laporan rt.com seperti dikutip Republikbola. ‘’Dengan laporan mengungkapkan bahwa dia menderita serangan jantung akibat infeksi Covid 19.''

Baca Juga

(Baca: Khabib Nurmagomedov: Secangkir Teh Hangat untuk Ayah)

Abdulmanap disebutkan mengalami serangan jantung pada 3 Mei. Kondisinya semakin memburuk sehingga tim dokter memutuskan untuk melakukan operasi jantung dan memasangkan alat bantu.

‘’Dia sudah siuman hari ini (Kamis, 14/5). Kemarin (Rabu, 13/5), dia koma setelah menjalani operasi jantung,’’ kata Ramazan Rabadanov, sahabat keluarga Nurmagomedov, kepada 360 TV.

(Baca: Doa McGregor Untuk Abdulmanap dan Khabib)

Pada Kamis (14/5) kemarin, pelatih berusia 57 tahun itu dilaporkan sudah berhasil melewati masa kritisnya. Abdulmanap sudah siuman dan stabil kondisinya. Dia kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Militer, Moskow, Rusia.

Setibanya di Moskow dari Dagestan, sebut laporan rt.com, Abdulmanap didiagnosa terinfeksi virus Covid 19. ‘’Yang pada gilirannya (virus Covid-19 tersebut) memicu serangan jantung tersebut, menurut saluran Telegram ‘Baza’.’’ 

Penerbangan Khusus

Abdulmanap Nurmagomedov dipindahkan ke rumah sakit di Moskow, Rusia, dari rumah sakit di Makhachkala, Dagestan dengan menggunakan pesawat khusus. Laporan media setempat menyembutkan Abdulmanap mengalami masalah jantung.

Wasit cabang olahraga gulat, Ubaydula Osmanov, mengaku mendapat telepon bahwa Abdulmanap dilarikan ke rumah sakit di Moskow pada Ahad (3/5). Padahal Osmanov, yang dekat dengan keluarga Nurmagomedov, beberapa hari sebelumnya sempat berbincang dengan Abdulmanap.

(Baca: Dahsyat, Khabib Hancurkan Gaethje Langsung di Ronde Pertama)

''Abdulmanap saat itu mengatakan kepada saya bahwa segalanya baik-baik saja. Dia mengaku sedang dalam masa pemulihan,'' kata Osmanov kepada RIA Dagestan, seperti dikutip rt.com, Selasa (5/5).

''Tapi, Ahad kemarin (3/5), salah satu kerabatnya menelepon saya dan mengatakan kondisi Abdulmanap tiba-tiba memburuk,'' kata Osmanov. ''Mereka membawanya ke Moskow dengan menggunakan pesawat khusus.''

Osmanov mengaku belum tahu persis apa yang membuat sahabatnya itu dilarikan ke rumah sakit di Moskow. Tapi, dia menduga Abdulmanap mengalami masalah dengan jantung. (Baca: McGregor: Khabib Si Tikus, tak Layak Hadapi Justin)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement