Siap Mengguncang, Ini Peserta dan Jadwal Lengkap Laga Grup D Sampai G Euro 2024

Belanda akan berlaga di Piala Eropa mereka yang ke-11.

EPA-EFE/Stephanie Lecocq
Pemain Timnas Belanda (ilustrasi)
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, Berkut ulasan singkat dan jadwal lengkap Grup D sampa F Euro 2024. Penjelasan mengenai Grup A sampai C bisa dilihat di sini.

Grup D

Belanda

Belanda akan berlaga di Piala Eropa mereka yang ke-11 dan merupakan tim dengan finis ketiga terbanyak di turnamen tersebut.

Juara Eropa 1988 itu akan mengharapkan lebih banyak gol dari striker Atletico Madrid Memphis Depay, yang terpaut lima gol dari rekor gol sepanjang masa Robin van Persie untuk tim.

Prancis

Juara Eropa dua kali, Prancis, termasuk di antara favorit untuk mengangkat trofi, setelah mencapai final di tiga dari empat turnamen internasional terakhir mereka.

Rekrutan baru Real Madrid Kylian Mbappe akan memimpin tim sementara gelandang N'Golo Kante secara mengejutkan kembali ke skuad setelah terakhir kali tampil pada tahun 2022.

Polandia 

Polandia, yang belum pernah melewatkan kejuaraan Eropa sejak debutnya pada 2008, akan berusaha lolos dari babak penyisihan grup untuk kedua kalinya setelah mencapai perempat final pada 2016.

Polandia mempunyai kekhawatiran mengenai cedera pada striker Robert Lewandowski dan Karol Swiderski setelah pertandingan persahabatan terakhir mereka melawan Turki. Adapun Arkadiusz Milik mengalami cedera dalam pertandingan pemanasan lainnya melawan Ukraina yang membuat striker Juventus tersebut absen dari turnamen tersebut.

Austria

Austria hanya memainkan 10 pertandingan di Kejuaraan Eropa, setelah tampil di tiga edisi turnamen sebelumnya, dan mencapai babak 16 besar satu kali di Euro 2020.

Meskipun pemain Real Madrid David Alaba mengalami cedera, skuad Austria masih memiliki beberapa pemain berbakat termasuk Konrad Laimer dari Bayern Munchen, Marko Arnautovic dari Inter Milan, dan Marcel Sabitzer dari Borussia Dortmund.

Jadwal 

Baca Juga

Polandia v Belanda 16 Juni pukul 20.00 WIB di Hamburg

Austria v Prancis 17 Juni pukul 02.00 WIB di Duesseldorf

Polandia v Austria 21 Juni pukul 23.00 WIB di Berlin

Belanda v Prancis 21 Juni pukul 01.00 WIB di Leipzig

Belanda v Austria 25 Juni pukul 23.00 WIB di Berlin

Prancis v Polandia 25 Juni pukul 23.00 WIB di Dortmund

Grup E

Belgia 

Belgia akan berpartisipasi dalam Kejuaraan Eropa ketujuh mereka, dan ingin menebus kesalahan  setelah gagal melewati babak penyisihan grup di Piala Dunia 2022.

Di bawah pelatih Domenico Tedesco, Setan Merah diharapkan menjadi pesaing kuat, setelah lolos sebagai pemuncak grup, dengan enam kemenangan dan dua kali seri dalam delapan pertandingan.

Slovakia

Slovakia akan memainkan Kejuaraan Eropa ketiga berturut-turut dan berharap untuk mencapai babak sistem gugur setelah gagal mencapainya di turnamen terakhir.

Stanislav Lobotka dari Napoli akan memimpin dari lini tengah, sementara bek Paris St Germain Milan Skriniar akan memimpin pertahanan di depan kiper Newcastle Martin Dubravka.

Rumania 

Rumania, yang akan bermain di Kejuaraan Eropa keenam mereka, tampil sebagai tim kejutan di babak kualifikasi, tak terkalahkan dan memuncaki grup mereka, di atas Swiss.

Dipimpin oleh bek Tottenham Hotspur Radu Dragusin dan pemain Deportivo Alaves Ianis Hagi, Tricolorii ditahan imbang tanpa gol melawan Bulgaria dan Liechtenstein dalam dua pertandingan persahabatan terakhir mereka sebelum turnamen.

Ukraina 

Membuat penampilan pertama mereka di turnamen besar sejak invasi Rusia dimulai pada Februari 2022, Ukraina akan berpartisipasi di Euro keempat berturut-turut.

Dengan talenta-talenta seperti kiper Real Madrid Andriy Lunin, pemain sayap Chelsea Mykhailo Mudryk dan bek sayap Arsenal Oleksandr Zinchenko, Ukraina siap untuk mencapai babak sistem gugur.

Jadwal 

Rumania v Ukraina 17 Juni pukul 20.00 WIB di Munich

Belgia v Slovakia 17 Juni pukul 23.00 WIB di Frankfurt am Main

Slovakia v Ukraina 21 Juni pukul 20.00 WIB di Duesseldorf

Belgia v Rumania 22 Juni pukul 02.00 WIB di Cologne

Slovakia v Rumania 26 Juni pukul 23.00 WIB di Frankfurt 

Ukraina v Belgia 26 Juni pukul 23.00 WIB di Stuttgart

Grup F

Turki 

Turki, yang ambil bagian dalam Euro keenamnya, terakhir kali mencapai semifinal pada tahun 2008, ketika mereka kalah 3-2 dari Jerman dalam sebuah pertandingan menegangkan.

Bintang Inter Milan Hakan Calhanoglu dan talenta muda Real Madrid Arda Guler siap memimpin Crescent Stars ke Euro ketiga berturut-turut.

Georgia 

Georgia akan berpartisipasi dalam final besar pertamanya sebagai negara merdeka, setelah mereka mengamankan tempat di turnamen tersebut dengan mengalahkan Luksemburg dan kemudian Yunani di babak playoff.

Tim ini akan dipimpin oleh pemain sayap Napoli Khvicha Kvaratskhelia dan penyerang Metz Georges Mikautadze dan diunggulkan untuk mencapai babak gugur.

Portugal

Pemenang Ballon d'Or lima kali Cristiano Ronaldo akan memikul harapan Portugal di Euro 2024. Adapun pelatih Roberto Martinez berharap dapat membimbing mereka meraih gelar Eropa kedua setelah kemenangan mereka pada tahun 2016.

Portugal akan bermain di Euro kedelapan berturut-turut setelah mengamankan kualifikasi dengan rekor kemenangan 100 persen di grup mereka.

Republik Ceko

Di bawah bimbingan pelatih Ivan Hasek, Republik Ceko akan berharap untuk menemukan performa terbaiknya setelah menjalani babak kualifikasi yang membosankan di mana mereka finis kedua di grup di belakang Albania.

Juara pada tahun 1976 sebagai Cekoslowakia, mereka memasuki Euro 2024 dengan beberapa pemain berpengalaman di barisan mereka. Tomas Soucek dari West Ham United dan Patrik Schick, yang merupakan pencetak gol terbanyak bersama dengan lima gol di Euro 2020.

Jadwal 

Turki v Georgia 18 Juni pukul 22.00 WIB di Dortmund

Portugal v Republik Ceko 18 Juni pukul 02.00 WIB di Leipzig

Georgia v Republik Ceko 22 Juni pukul 20.00 WIB di Hamburg

Turki v Portugal 22 Juni pukul 23.00 WIB di Dortmund

Republik Ceko v Turki 26 Juni pukul 02.00 WIB di Hamburg

Georgia v Portugal 26 Juni pukul 02.00 WIB di Gelsenkirchen.

 
Berita Terpopuler