Siap Mengguncang, Ini Peserta dan Jadwal Lengkap Laga Grup A Sampai C Euro 2024

Jerman akan bermain pada laga pembuka melawan Skotlandia di Allianz Arena.

AP Photo/Laurent Cipriani
Pemain Prancis Adrien Rabiot berebut bola dengan pemain Jerman Florian Wirtz.
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Euro 2024 akan dimulai di Jerman pada Jumat, 14 Juni pukul 19.00 GMT atau Sabtu (15/6/2024) pukul 02.00 WIB. Tuan rumah Jerman akan bermain pada laga pembuka melawan Skotlandia di Allianz Arena, Munchen. Sedangkan laga final akan dimainkan pada 15 Juli WIB di Berlin.

Aakan ada 51 pertandingan akan dimainkan di 10 stadion, menandai diselenggarakannya turnamen sepak bola internasional di Jerman untuk kali pertama setelah Piala Dunia 2006. Sebelumnya, hanya Kota Munchen yang menggelar pertandingan Euro 2000 yang berlangsung di sejumlah kota di Eropa.

Italia berstatus juara bertahan setelah mengalahkan Inggris di final Euro 2020 di London, ketika turnamen tersebut ditunda ke 2021 karena pandemi Covid-19.

Menyambut turnamen Euro 2024, simak penjelasan singkat Grup A, B, dan C beserta jadwal lengkap pertandingan masing-masing grup berikut

Grup A

Jerman

Baca Juga

Juara Eropa tiga kali dan tuan rumah Euro 2024, Jerman adalah salah satu favorit di bawah kendali pelatih Julian Nagelsmann, yang ditunjuk menangani Die Mannschaft pada September 2023.

Die Mannschaft akan mengandalkan pemain dari juara Bundesliga Bayer Leverkusen berusia 21 tahun Florian Wirtz bersama gelandang Bayern Munchen Jamal Musiala dan gelandang sekaligus kapten Barcelona Ilkay Gundogan. Ada juga gelandang veteran pemenang Liga Champions Toni Kroos.

Hungaria 

Hungaria mengamankan tempat di Euro 2024 tanpa kalah satu kali pun di kualifikasi, memuncaki grup mereka dengan satu pertandingan tersisa setelah hasil imbang dramatis melawan Bulgaria.

Kapten Dominik Szoboszlai dan striker Barnabas Varga, pencetak gol terbanyak tim selama kualifikasi, akan menjadi kunci jika Hungaria ingin mencapai babak 16 besar. Pada Euro  2020 mereka gagal mencapainya.

Skotlandia 

Skotlandia menempati posisi kedua di grup kualifikasi untuk mencapai Kejuaraan Eropa kedua berturut-turut.

Gelandang Manchester United Scott McTominay, yang mencetak tujuh gol dalam delapan pertandingan kualifikasi, akan menjadi pemain kunci saat Skotlandia berupaya melaju ke babak gugur untuk pertama kalinya.

Swiss

Jalan menuju Euro 2024 sulit bagi Swiss yang menempati posisi kedua grup mereka. Swiss mencatatkan lima hasil imbang, empat kemenangan dan satu kekalahan, sehingga memicu perdebatan tentang masa depan pelatih Murat Yakin.

Swiss akan mengandalkan veteran berpengalaman seperti kiper Inter Milan Yann Sommer dan kapten Granit Xhaka dari Bayer Leverkusen untuk mencapai babak gugur.

Jadwal

Jerman v Skotlandia 15 Juni pukul 02.00 WIB di Munchen

Hungaria v Swiss 15 Juni pukul 20.00 WIB di Cologne

Jerman v Hungaria 19 Juni pukul 23.00 WIB di Stuttgart

Skotlandia v Swiss 19 Juni pukul 02.00 WIB di Cologne

Jerman v Swiss 23 Juni pukul 02.00 WIB di Frankfurt

Skotlandia v Hongaria 23 Juni pukul 02.00 WIB di Stuttgart

 

Grup B

Spanyol 

Spanyol sedang mencari gelar Eropa ketiga mereka setelah kemenangan beruntun pada 2008 dan 2012 dan kekalahan di semifinal dari Italia pada turnamen terakhir.

Tim yang dilatih Luis de la Fuente sejak Piala Dunia 2022 ini akan menampilkan pemain sayap Barcelona berusia 16 tahun Lamine Yamal dan pemain berpengalaman seperti gelandang Manchester City Rodri dan striker Atletico Madrid Alvaro Morata.

Kroasia 

Kroasia akan berupaya untuk melaju melampaui babak perempat final Kejuaraan Eropa untuk pertama kalinya. Kroasia akan memadukan talenta muda dengan para pilar berpengalaman seperti Luka Modric dari Real Madrid dan Ivan Perisic dari Tottenham Hotspur.

Tim yang mencapai final Piala Dunia 2018 dan semifinal empat tahun kemudian, akan diperkuat bek Manchester City Josko Gvardiol di jantung pertahanan mereka. Zlatko Dalic telah melatih tim tersebut sejak 2017.

Italia 

Italia adalah juara bertahan, namun banyak yang berubah sejak kesuksesan mereka pada tahun 2021. Pada bulan Agustus, Luciano Spalletti, yang membawa Napoli meraih gelar Serie A, menjadi manajer baru setelah Roberto Mancini tiba-tiba mengundurkan diri setelah lima tahun memimpin.

Tim mengamankan tempat di Euro 2024 dengan menempati posisi kedua di grup kualifikasi mereka. Skuad mereka diperkuat oleh talenta-talenta muda yang menjanjikan setelah banyak veteran yang hengkang setelah Euro 2020. Italia juga menjuarai Kejuaraan Eropa pada tahun 1968.

Albania

Setelah mencetak debutnya pada 2016, Albania siap berkompetisi di kejuaraan Eropa kedua kalinya setelah mereka memenangkan grup kualifikasi, mengungguli Republik Ceko dan Polandia, berkat tujuh pertandingan beruntun tak terkalahkan.

Albania, yang menunjuk manajer Brasil Sylvinho pada Januari 2023, memiliki sembilan pemain dari Serie A Italia. Mereka akan mengandalkan talenta muda seperti gelandang Inter Milan Kristjan Asllani dan striker Chelsea Armando Broja.

Jadwal 

Spanyol v Kroasia 15 Juni pukul 23.00 WIB  di Berlin

Italia v Albania 15 Juni pukul 02.00 WIB di Dortmund

Kroasia v Albania 19 Juni pukul 20.00 di Hamburg

Spanyol v Italia 20 Juni pukul 02.00 WIB  di Gelsenkirchen

Albania v Spanyol 24 Juni pukul 02.00 WIB di Duesseldorf

Kroasia v Italia 24 Juni pukul 02.00 WIB di Leipzig

Grup C

Slovenia 

Ini akan menjadi turnamen besar pertama bagi Slovenia dalam 14 tahun setelah Piala Dunia 2010 dan penampilan kedua mereka di kompetisi tersebut setelah debut di Euro 2000.

Pemain RB Leipzig Benjamin Sesko, pencetak gol terbanyak di kualifikasi dengan lima gol, masuk dalam skuad bersama dengan kiper Atletico Madrid berusia 31 tahun Jan Oblak dan mantan gelandang serang Atalanta Josip Ilicic.

Denmark 

Juara Eropa tahun 1992 itu adalah semifinalis Euro 2020 ketika Christian Eriksen pingsan karena serangan jantung saat pertandingan pembuka melawan Finlandia.

Striker Manchester United Rasmus Hojlund mencetak tujuh gol di babak kualifikasi, sedangkan Eriksen memberikan kreativitas di lini tengah.

Serbia 

Ini adalah pertama kalinya Serbia lolos ke Kejuaraan Eropa sebagai negara merdeka, setelah terakhir kali berkompetisi sebagai Yugoslavia di Euro 2000 dan menjadi runner-up pada tahun 1960 dan 1968.

Striker Juventus Dusan Vlahovic adalah talenta terbaik tim, bersama dengan Sergej Milinkovic-Savic yang berbasis di Arab Saudi dan kapten berusia 35 tahun Dusan Tadic yang kini bersama Fenerbahçe.

Inggris 

The Three Lions, runner-up edisi terakhir, adalah salah satu favorit untuk mengangkat trofi yang belum pernah dimenangkan Inggris sebelumnya. Mereka juga mengejar gelar mayor pertama mereka dalam 58 tahun.

Bintang Real Madrid Jude Bellingham dan striker Bayern Munchen Harry Kane akan memimpin tim asuhan pelatih Gareth Southgate.

Jadwal 

Slovenia v Denmark 16 Juni pukul 23.00 WIB di Stuttgart

Serbia v Inggris 16 Juni pukul 02.00 WIB di Gelsenkirchen

Slovenia v Serbia 20 Juni pukul 20.00 WIB di Munchen

Denmark v Inggris 20 Juni pukul 23.00 WIB di Frankfurt am Main

Inggris v Slovenia 25 Juni pukul 02.00 WIB di Cologne

Denmark v Serbia 25 Juni pukul 02.00 WIB di Munich

 
Berita Terpopuler