Tiga Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Parangtritis

Petugas sudah mengingatkan beberapa kali agar ketiganya tidak bermain air.

Republika/Wihdan Hidayat
Wisatawan bermain air saat berlibur di Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta (ilustrasi).
Rep: Silvy Dian Setiawan Red: Fernan Rahadi

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL — Tiga wisatawan terseret ombak di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Sabtu (25/5/2024) sore. Ketiganya berinisial MIO (19 tahun), GF (20 tahun) dan SIP (12 tahun) yang merupakan wisatawan asal DKI Jakarta.   

Korban bermain air di daerah palung hingga akhirnya terseret ombak. Meskipun begitu, ketiganya dapat diselamatkan oleh petugas. 

"Telah terjadi orang terseret ombak yang berhasil diselamatkan di Pantai Parangtritis,” kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, Sabtu (25/5/2024). 

Jeffry menuturkan, kejadian tersebut bermula saat rombongan wisatawan dari Jakarta menggunakan satu mobil pribadi berwisata ke Pantai Parangtritis, Sabtu (25/5/2024) pada pukul 14.00 WIB. 

Ketika tiba di lokasi, rombongan tersebut langsung bermain air di pantai. Jeffry menyebut, petugas sudah mengingatkan beberapa kali agar tidak bermain air, namun tidak diindahkan oleh rombongan tersebut. 

"Sekitar pukul 15.45 WIB, korban bermain air di daerah palung dan datang ombak yang cukup besar. Seketika ketiga korban langsung terseret ombak dan terbawa ke tengah," ucap Jeffry. 

Melihat kejadian tersebut, petugas SAR Ditpolairud Polda DIY dan petugas Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah 3 langsung memberikan pertolongan. Ketiga korban pun dapat dievakuasi dalam kondisi selamat. 

"Petugas memberikan pertolongan dengan berenang dan menggunakan selancar," jelasnya. 

Ketiganya pun dibawa ke klinik terdekat untuk mendapatkan perawatan. "Setelah membaik, korban kembali bersama rombongan," kata Jeffry.   

 

 
Berita Terpopuler