DPD PDIP DKI Jakarta Akui Wacana Usung Anies-Prasetyo Edi di Pilgub Jakarta 2024

PDIP masih berkomunikasi dengan partai lain untuk koalisi di Pilgub Jakarta 2024.

Republika/Haura Hafizhah
Anies Baswedan saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta (kanan) bersama Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.
Rep: Bayu Adji P Red: Andri Saubani

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DKI Jakarta telah melakukan penjaringan nama-nama yang akan diusung menjadi calon gubernur (cagub) dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024. Pimpinan partai berlogo kepala banteng di Jakarta itu pun masih membuka peluang untuk mengusung nama di luar kader internal, termasuk Anies Baswedan.

Baca Juga

Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta, Pantas Nainggolan mengakui ada wacana untuk memasangkan Anies dengan Prasetyo Edi Marsudi dalam Pilkada 2024. Namun, keputusan akhir tetap akan ada di tangan DPP PDIP untuk menentukan nama yang akan diusung dalam pilkada Jakarta. 

"Ya sebagai wacana sih bisa-bisa saja, tetapi yang pasti DPP PDIP pasti akan mempertimbangkan semua," kata dia melalui keterangan yang dikutip, Jumat (24/5/2024).

Menurut dia, PDIP pastinya juga akan berkomunikasi dengan partai lainnya untuk mengusung calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta. Pasalnya, saat ini tidak ada satu partai pun yang memenuhi syarat formal untuk mengusung cagub-cawagub.

Pantas menambahkan, pihaknya juga terus melakukan komunikasi dengan partai lainnya. Ia menyebutkan, komunikasi yang telah dilakukan antara lain dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan Partai Golkar.

"Kami komunikasi terus, kami komunikasi dengan khususnya yang ada di DPRD DKI, dengan PKS, Nasdem, Gerindra, dengan Golkar. Komunikasi informal," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Adi Wijaya mengatakan, Prasetyo menjadi salah satu nama yang diusulkan ke DPP PDIP untuk menjadi calon gubernur (cagub) Jakarta. Menurut dia, nama itu sudah cukup berpengalaman dalam memimpin DPRD Provinsi DKI Jakarta.

"Cagub-nya Prasetyo. Kan dia sudah dua kali jadi Ketua DPRD (Provinsi DKI Jakarta)," kata dia

Ia hanya tertawa ketika ditanya kemungkinan memasangkan Anies dengan Prasetyo. "Alhamdulillah, alhamdulillah saja," kata dia.

 

Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menyebut belum ada komunikasi politik Anies Baswedan dengan DPP PDIP terkait Pilkada DKI Jakarta 2024. Diketahui sebelumnya, relawan Anies Baswedan pun sudah menemui Hasto dan menyerahkan surat permohonan agar PDIP memberikan dukungan kepada Anies di Pilgub Jakarta 2024.

“Nama-nama yang disebutkan tadi (Anies Baswedan) belum melakukan komunikasi politik dengan DPP partai,” kata Hasto saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (22/5/2024).

Hasto mengatakan, DPP PDIP mendengarkan harapan-harapan rakyat terkait DKI Jakarta. Menurutnya, hal itu menjadi perhatian PDIP dalam menentukan figur yang diusung dalam kontestasi kepala daerah.

“Proses hingga koneksi wilayah-wilayah sekitar, upaya untuk atasi pencemaran udara, membangun sistem transportasi publik yang nyaman, mengatasi berbagai persoalan-persoalan lingkungan, itu yang juga menjadi concern (perhatian) dari DPP PDI Perjuangan,” katanya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, PDIP akan bergerak cepat menggodok nama-nama untuk Pilkada 2024 usai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V dilaksanakan. “Karena DPP juga telah membentuk suatu tim khusus dalam kaitannya dengan Pilkada Serentak tersebut,” imbuhnya.

 

 
Berita Terpopuler