Foden: Manchester City Tercatat di Buku Sejarah

Man City memenangi rekor gelar Liga Primer Inggris untuk kali keempat berturut-turut.

AP Photo/Ian Walton
Pemain Manchester City Phil Foden
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang Manchester City Phil Foden dengan bangga mengatakan bahwa timnya telah menempatkan diri dalam buku sejarah. Ini setelah Man City memenangi rekor gelar Liga Primer Inggris untuk kali keempat berturut-turut.

Baca Juga

Foden mencetak dua gol saat tim asuhan Pep Guardiola mengalahkan West Ham 3-1 pada hari terakhir untuk memperpanjang rekor kandang tak terkalahkan mereka menjadi 44 pertandingan di semua kompetisi.

Itu berarti City mengakhiri musim dengan unggul dua poin di atas Arsenal, dengan The Gunners mengalahkan Everton 2-1 pada pekan terakhir Liga Primer Inggris musim 2023/2024.

“Sangat sulit untuk mengungkapkan dengan kata-kata apa yang telah kami lakukan. Kami telah mencatatkan diri kami dalam buku sejarah. Belum ada tim yang pernah melakukannya,” kata Foden usai pertandingan. Ia mengatakan, orang bisa melihat artinya bagi para penggemar dan bagi para pemain untuk memenangi gelar ini. Menurut Foden, ada perasaan istimewa untuk dibagikan kepada para penggemar setelah bekerja sepanjang tahun untuk momen ini.

“Sekarang kami dapat mengatakan bahwa kami adalah tim pertama yang melakukannya. Saya kehilangan kata-kata,” ujar Foden, dikutip dari BBC, Senin (20/5/2024)

Foden membuat City unggul cepat, menaklukkan kiper Alphonse Areola kurang dari dua menit setelah kick-off. Dia menambahkan satu gol lagi sebelum jeda, dan Rodri mencetak gol ketiga City untuk memastikan gelar Liga Primer keenam Foden bersama klub masa kecilnya.

"Saya tidak akan pernah bosan melakukannya," katanya.  "Saya menginginkan perasaan ini setiap saat. Ketika Anda memenangkan sesuatu, tidak ada perasaan yang lebih baik dan saya hanya ingin terus menang sebanyak yang saya bisa."

City kini telah melakoni 35 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi (menang 29, imbang 6), tidak termasuk adu penalti. Ini merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang yang pernah diraih oleh sebuah tim di Liga Primer.

Foden telah mencetak enam gol dari luar kotak penalti di Liga Primer musim ini, terbanyak dibandingkan pemain mana pun, dan terbanyak oleh pemain City dalam satu musim.

Sementara reannya Rodri belum pernah kalah dalam satu pertandingan pun yang ia mainkan di Liga Primer musim ini (menang 27, imbang 7). Hanya lima pemain 'Invincibles' Arsenal dari musim 2003/2004 yang bermain dalam lebih banyak pertandingan tanpa kalah dalam satu musim. 

 

 
Berita Terpopuler