Awardee Universitas BSI Ikuti Bimbingan Teknis Keberangkatan dan Keuangan IISMA 2024

Kegiatan bimbingan teknis ini sangat bermanfaat memberikan informasi.

Universitas Bina Sarana Informatika
Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 Pre-Departure Series kembali diadakan dengan mengangkat tema ‘Bimbingan Teknis Keberangkatan dan Keuangan’ yang berlangsung Rabu (8/5/2024) pukul 19.00 hingga 21.00 WIB secara daring melalui Zoom.
Red: Gita Amanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 Pre-Departure Series kembali diadakan dengan mengangkat tema ‘Bimbingan Teknis Keberangkatan dan Keuangan’ yang berlangsung Rabu (8/5/2024) pukul 19.00 hingga 21.00 WIB secara daring melalui Zoom.

Baca Juga

Acara ini wajib diikuti oleh seluruh Awardee IISMA 2024, termasuk dua Awardee dari Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika), Shafa Callista Raihana Arif dan Adam Daweris. Dalam sesi tersebut, Putri Agristansia memimpin penyampaian materi mengenai tata cara pengajuan dana melalui portal IISMA dan persiapan dokumen-dokumen penting untuk perkuliahan di kampus luar negeri.

Selain itu, juga dibahas timeline keberangkatan Awardee menuju kampus tujuan di luar negeri serta prosedur lapor diri yang wajib dilakukan setiba di negara tujuan. Adam Daweris, salah satu Awardee IISMA 2024 dari Universitas BSI, mengungkapkan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini sangat bermanfaat.

"Kegiatan ini memberikan informasi yang sangat berguna mengenai teknis keberangkatan dan keuangan yang akan kami alami sebagai Awardee IISMA. Banyak informasi penting, seperti prosedur keberangkatan dan peraturannya, serta cara pengajuan dana dan pembayaran yang diperlukan," ujar Adam.

Dalam sesi bimbingan ini, dijelaskan secara rinci cara pengajuan dana, jenis-jenis pembayaran yang akan ditanggung oleh IISMA/LPDP, dan pembayaran yang harus dilakukan secara mandiri oleh Awardee. Hal ini penting untuk memastikan semua Awardee memahami proses administrasi keuangan sebelum dan selama studi di luar negeri.

Shafa Callista Raihana Arif, juga Awardee IISMA 2024 dari Universitas BSI, menambahkan bahwa kegiatan ini membantu mereka mempersiapkan diri secara maksimal jelang keberangkatan. "Dengan informasi yang jelas dan rinci, kami merasa lebih siap dalam menghadapi berbagai persiapan teknis dan administrasi," kata Shafa.

Dilain sisi, Jimmi selaku Kepala Kantor Urusan Internasional Universitas BSI berharap, kegiatan bimbingan teknis keberangkatan dan keuangan yang diselenggarakan oleh tim IISMA Pusat ini mampu memberikan gambaran yang jelas dan membantu Awardee IISMA 2024, termasuk Shafa dan Adam, dalam mempersiapkan diri secara optimal.

“Mereka, yakni Shafa dan Adam dijadwalkan berangkat menuju Host University masing-masing pada periode Agustus 2024 hingga September 2024,” katanya.

 
Berita Terpopuler