Kunjungi UEA, Gibran Laporan Soal Dana Hibah ke Mohammed Bin Zayed

Selain ke UEA, Gibran dikabarkan akan mengunjungi Qatar.

Republika/Alfian Choir
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Wali Kota Solo, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka, mengajukan izin untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Wakil presiden terpilih hasil Pemilu 2024 itu dikabarkan akan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) dan Qatar.

Baca Juga

Kepala Bagian Protokol, Komunikasi, dan Administrasi Pimpinan (Prokompim) Sekretariat Daerah (Setda) Herwin Tri Nugroho Adi mengatakan, wali kota mengajukan izin ke luar negeri pada 13-17 Mei 2024.

“Semua perizinan sudah selesai pada minggu lalu, tanggal 8 Mei 2024. Sudah keluar izin dari Sekretaris Negara dan sudah keluar izin dari exit permit Kementerian Luar Negeri. Tinggal berangkat ke UEA dan Qatar,” kata Herwin, Ahad (12/5/2024).

Herwin mengatakan, Gibran berangkat ke luar negeri pada hari ini, tanpa didampingi keluarga. Menurut dia, salah satu tujuan Gibran ke luar negeri terkait dengan dana hibah dari UEA yang sudah diterima. 

Ia mengatakan, Gibran akan melaporkan soal pemanfaatan dana hibah itu kepada Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

“Ini kan sudah progres hibah UEA, sudah kelihatan. Menyampaikan, melaporkan kepada MBZ (Mohammed bin Zayed Al Nahyan) progresnya bagaimana. Termasuk hibah RS dan hibah sebelumnya itu sampai sejauh mana. Nanti setelah operasionalisasi, arahan MBZ seperti apa,” kata Herwin.

Selama Gibran izin ke luar negeri, Herwin mengatakan, tugas wali kota akan dijalankan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa. “Plh (pelaksana harian wali kota) Pak Teguh, seperti biasanya, untuk kegiatan sehari-hari dikomandani Pak Wawali,” ujar dia.

 

 
Berita Terpopuler