Viral Foto Tentara Israel Injak Bendera Saudi, Warganet Marah: Penghinaan Terhadap Islam

Warganet meminta Arab Saudi bertindak.

X/@KhalilJeries
Foto-foto viral yang memperlihatkan sekelompok tentara Israel yang mengibarkan bendera Israel sambil menginjak bendera Arab Saudi telah memicu kemarahan.
Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foto-foto viral yang memperlihatkan sekelompok tentara Israel yang mengibarkan bendera Israel sambil menginjak bendera Arab Saudi telah memicu kemarahan di kalangan pengguna media sosial.

Warganet mengatakan gambar-gambar tersebut secara terang-terangan menunjukkan rasa tidak hormat terhadap Islam dan meminta pemerintah Arab Saudi mengambil sikap yang lebih tegas terhadap Israel.

Foto-foto tersebut dibagikan di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, awal pekan ini oleh seorang pengguna bernama Tamer. Dia mengungkapnya di akun Instagram dua tentara Israel.

Middle East Eye (MEE) belum dapat memverifikasi secara independen keaslian gambar tersebut atau menentukan kapan gambar tersebut diambil, namun tentara Israel terus membagikan rekaman kontroversial dari Gaza.

Beberapa kontennya mencakup warga Palestina yang ditahan dan menjadi sasaran pelecehan. Menurut para ahli hukum, ini dapat dianggap sebagai kejahatan perang.

Baca Juga



“Sekelompok tentara Israel di Brigade Pasukan Terjun Payung menginjak-injak bendera Saudi dan kalimat tauhid, selama invasi darat ke kota Khan Younis (di Gaza),” kata Tamer dalam keterangan foto dalam bahasa Arab, dilansir di MEE, Rabu (26/6/2024).

“Ini yang diunggah seorang tentara di akun Instagramnya. Ini adalah kekotoran dan penghinaan Israel,” lanjutnya.

Postingan tersebut dengan cepat... Halaman selanjutnya...

Postingan tersebut dengan cepat menjadi viral. Ratusan orang menyoroti bendera Saudi memuat kalimat syahadat dan menyertakan nama Allah SWT dan Nabi Muhammad.

“Kata ini tertulis di bendera Arab Saudi dan teroris Israel telah menantang kehormatan seluruh umat Islam (bangsa),” tulis seorang pengguna, menggunakan istilah yang mengacu pada komunitas Muslim yang lebih luas.

Normalisasi Arab Saudi-Israel

Beberapa pengguna mengkritik apa yang mereka anggap sebagai kurangnya sikap warga Arab Saudi terhadap perjuangan Palestina. Warganet menganggap foto tersebut sebagai bukti mengapa Kerajaan tersebut tidak seharusnya menormalisasi hubungan dengan Israel.



Pada 2020 dan 2021, Israel mencapai perjanjian normalisasi, yang ditengahi oleh AS, dengan Uni Emirat Arab, Bahrain, Sudan, dan Maroko. Sejak saat itu, terdapat spekulasi yang terus-menerus mengenai kesepakatan serupa dengan Arab Saudi, sekutu utama AS.

Pada awal Januari, seorang pejabat senior Saudi mengatakan kepada BBC bahwa negaranya masih tertarik untuk menormalisasi hubungan dengan Israel setelah perang di Gaza berakhir. Pada Februari, Riyadh mengatakan normalisasi tidak akan terjadi tanpa gencatan senjata dan kemajuan menuju negara Palestina.

Namun pada Mei, Bloomberg melaporkan para pejabat AS menyatakan kesepakatan masih dalam perundingan, dan pemerintah Saudi telah melancarkan tindakan keras terhadap warga negara yang menyampaikan pandangan di media sosial yang kritis terhadap genosida Israel.

Halaman selanjutnya...

MEE menghubungi kedutaan Saudi di Inggris untuk memberikan komentar, tetapi tidak menerima tanggapan hingga berita ini diterbitkan.

“Israel inilah yang ingin dinormalisasi oleh putra mahkota MBS, dan bekerja siang dan malam untuk melakukan hal tersebut. Tidak ada martabat,” salah satu pengguna X berkomentar.

“Mengapa Arab Saudi diam mengenai hal ini?” tanya pengguna lain. "Teroris Israel telah menantang kehormatan Anda. Menginjak bendera adalah tindakan tercela."

Beberapa akun, termasuk yang memiliki emoji bendera Arab Saudi di akunnya menyatakan bendera tersebut sebenarnya adalah bendera Hamas atau bahwa gambar tersebut diedit atau dibuat oleh AI dan dimaksudkan untuk menimbulkan reaksi balik terhadap Arab Saudi.

Sebagai tanggapan, Tamer melalui media sosial membagikan tangkapan layar dan video dari akun Instagram tempat dia mendapatkan gambar tersebut.

“Memalukan bagi semua orang yang meragukan Tamer dan sumbernya,. Saya bukan orang yang mendasarkan tweetnya pada kebohongan, penipuan, dan menipu orang” katanya.

Foto serupa telah muncul di X dan platform media sosial lainnya. Namun, pemegang akun asli telah membatasi akses ke halaman Instagram mereka.

 
Berita Terpopuler