Lepas Calhaj Kloter 1 Embarkasi Solo, Wamenag Ingatkan Cuaca Panas di Saudi

Wamenag menyebut suhu udara di Arab Saudi diperkirakan 40-50 derajat Celsius.

Republika/Alfian Choir
Calon jamaah haji Embarkasi Solo tiba di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (11/5/2024).
Rep: Muhammad Noor Alfian Choir Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI — Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki melepas pemberangkatan calon jamaah haji (calhaj) kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Solo, Jawa Tengah ke Tanah Suci, Ahad (12/5/2024). Calhaj kloter 1 Embarkasi Solo ini berasal dari Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Baca Juga

Saat melepas para calhaj, Saiful mengingatkan soal kondisi cuaca di Arab Saudi. Menurut dia, diperkirakan suhu udara di sana bisa sampai 50 derajat Celsius. “Cuaca diperkirakan dari 40-50 derajat. Kemarin kita ke sana sudah 42 derajat,” kata dia.

Dengan kondisi cuaca tersebut, Saiful berpesan kepada para calhaj untuk menjaga kondisi tubuh dan fokus melakukan ibadah utama. “Kami berpesan kepada seluruh jamaah untuk tidak memaksakan diri melakukan ibadah ataupun kegiatan yang dirasakan menguras energi terlalu banyak dan fokus pada ibadah hajinya saja,” ujar dia.

Ihwal kesiapan pelaksanaan haji, Saiful mengatakan, Menag Yaqut Cholil Qoumas telah mengeceknya langsung. “Alhamdulillah, kemarin kebetulan Pak Menteri baru pulang dari tanah suci meninjau persiapan akhir menyambut jamaah Indonesia. Alhamdulillah, semua kesiapannya sudah kita pastikan berjalan dengan baik. Hotel, transportasi, sudah ditata dengan baik. Kita berdoa semoga ibadah haji tahun ini bisa berjalan dengan baik,” katanya.

Menurut Saiful, untuk pelaksanaan ibadah haji tahun ini, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan smart card. Hal itu disebut diharapkan dapat mengurangi kepadatan saat pelaksanaan ibadah haji.

“Salah satu yang membuat perbaikan adalah Pemerintah Arab Saudi telah mengeluarkan smart card. Ini dibagikan ke seluruh jamaah haji yang resmi menggunakan visa haji. Ini akan berpengaruh ke pelaksanaan puncak haji. Mereka yang tidak punya visa haji tidak bisa ada di tanah suci saat pelaksanaan ibadah haji. Itu akan mengurangi crowded di sana dan bisa tertata dengan baik,” ujar Saiful.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Jawa Tengah Musta’in Ahmad mengatakan, terdata 35.388 ribu calhaj yang masuk Embarkasi Solo, berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Embarkasi Solo akan melayani 35.388 jamaah haji. Dari Jateng 32.059 jamaah, dari DIY 3.329 jamaah. Total yang akan diberangkatkan 100 kloter. Kloter perdana diberangkatkan pada Ahad ini, pukul 12.00 WIB,” kata Musta’in.

 

 
Berita Terpopuler