Luton Town di Ambang Degradasi Setelah Dihajar West Ham 1-3

Luton bersaing dengan Nottingham untuk menghindari degradasi.

Victoria Jones/PA via AP
Laga West Ham United vs Luton Town di Liga Primer Inggris.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luton Town berada di ambang degradasi dari Liga Primer Inggris setelah dihajar West Ham 1-3 pada pekan ke-37 di Stadion London, London, Sabtu (11/5/2024). Luton Town berada di peringkat ke-18 klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan torehan 26 poin dari 37 laga, terpaut tiga angka dari Nottingham Forest di posisi 17 atau batas aman.

Baca Juga

Secara matematis, Luton masih bisa bertahan jika menang besar dalam laga terakhir melawan Fulham, sementara Nottingham kalah telak dari Burnley yang sudah dipastikan terdegradasi. Namun ini tampaknya cukup sulit mengingat selisih gol memasukkan kemasukan kedua tim berada di angka 12.

Di sisi lain, meski mengamankan poin penuh, West Ham masih berada di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan raihan 52 poin dari tujuh pertandingan. The Hammers masih menjaga asa untuk lolos ke kompetisi ke kompetisi Eropa musim depan.

Pada pertandingan ini sebenarnya Luton Town mampu mencuri gol cepat ketika laga baru berjalan enam menit melalui gol yang dicetak Albert Sambi Lokonga. Berawal dari umpan silang yang dikirimkan Alfie Doughty, bola dapat disambut sundulan Lokonga yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Memasuki babak kedua, West Ham mampu bangkit dan menyamakan kedudukan pada menit ke-54 lewat gol James Ward-Prowse sehingga skor kembali sama kuat 1-1.

Mampu menyamakan kedudukan, West Ham semakin bersemangat untuk berbalik unggul dan mampu mengubah skor menjadi 2-1 berkat gol Tomas Soucek pada menit ke-65.

The Hammers mampu menambah keunggulan menjadi 3-1 setelah pada menit ke-76, umpan dari Mohammed Kudus dapat dikonversi menjadi gol oleh George Earthy.

Pada sisa waktu pertandingan, West Ham tetap mendominasi jalannya pertandingan dan beberapa kali memiliki peluang untuk menambah keunggulan yang gagal menambah gol.

Sementara itu, Newcastle masih menjaga peluang mereka berkompetisi di ajang Eropa musim depan meski bermain imbang 1-1 kontra Brighton di Stadion St. James Park, Newcastle, Sabtu.

Pada pertandingan ini Newcastle sempat tertinggal lebih dulu dari Brighton akibat gol Joel Veltman sebelum akhirnya dapat menyamakan kedudukan lewat Sean Longstaff.

Hasil imbang ini membuat Newcastle masih berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris dengan 57 poin dari 36 laga, sedangkan Brighton berada di posisi 10 dengan 48 poin.

Meskipun begitu, torehan poin Newcastle disamai oleh Chelsea yang tepat berada di bawahnya dan mungkin Manchester United jika berhasil mengalahkan Arsenal pada Ahad (12/5/2024).

Berikut hasil pekan ke-37 Liga Primer Inggris, Sabtu (11/5):

Fulham 0 - 4 Manchester City

Bournemouth 1 - 2 Brentford

Everton 1 - 0 Sheffield United

Newcastle 1 - 1 Brighton

Tottenham 2 - 1 Burnley

West Ham 3 - 1 Luton Town

Wolves 1 - 3 Crystal Palace

Nottingham 2 - 3 Chelsea

 
Berita Terpopuler