Borneo Hornbills Petik Kemenangan Overtime di Kandang Bali United dalam Lanjutan IBL

Borneo Hornbills menang 87-83 atas Bali United Basketball.

dok IBL
Pemain asing Borneo Hornbills, Michael Qualls, mencoba melewati pemain Bali United dalam lanjutan IBL 2024. Borneo menang 87-83 di GOR Merpati, Denpasar, Sabtu (11/5/2024).
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo Hornbills mengamankan kemenangan di kandang Bali United Basketball dalam lanjuan kompetsi sket IBL Tokopedia 2024. Borneo menaklukkan Bali United 87-83 lewat overtime di GOR Merpati, Sabtu (11/5/2024). 

Baca Juga

Hasil ini membuat Borneo memetik kemenangan keenam dalam 16 pertandingan. Sedangkan Bali United harus menelan empat kekalahan beruntun dengan rekor 7-8.

Bali United unggul 25-21 pada kuarter pertama dan mempertahankannya pada halftime dengan 40-35. 

Borneo menunjukkan tanda kebangkitan pada kuarter ketiga dengan memangkas selisih hanya dua angka 59-57 pada akhir kuarter ketiga.

Laga berlangsung sengit pada akhir kuarter ketiga. Xavier Cannefax menyamakan skor 72-72 pada satu menit 9 detik tersisa. Kemudian pada 47 detik tersisa, Akeem Scott terpaksa keluar setelah melakukan unsportmanlike-foul kedua usai melanggar Kierell Green. Center Bali United ini hanya memasukkan satu dari dua tembakan free throw yang diberikan.

Dalam satu serangan cepat, giliran Borneo yang mendapatkan dua free throw setelah Galank Gunawan melanggar Muhammad Rizky Ari Daffa di keyhole. Daffa juga hanya bisa memasukkan satu tembakan untuk membuat skor 73-73.

Dengan 33 detik tersisa, tuan rumah berupaya mencetak angka kemenangan. Namun defense ketat Borneo membuat Bali United melakukan pelanggaran waktu serang 24 detik. Pelatih Borneo, Ismael, meminta time out untuk membuat pola serangan dengan 5 detik tersisa. Sayang, para pemainnya malah membuat turn over sehingga laga dilanjutkan ke overtime.

Pada babak tambahan waktu, Borneo memanfaatkan kondisi Bali United yang sudah team foul. Para pemain tim tamu memancing lawannya melakukan pelanggaran. Satu demi satu poin dikumpulkan lewat tembakan bebas.

Tensi pertandingan yang tinggi membuat dua pemain Borneo, Muhammad Ary Daffa dan Raymond Shariputra, masing-masing mendapatkan technical foul saat overtime. Untungnya, kesalahan ini tak berbuah fatal. Borneo keluar sebagai pemenang setelah menambah 14 poin dan hanya kemasukan 10 angka pada babak overtime.

Michael Qualls mencetak 29 poin untuk Borneo, tujuh di antaranya pada overtime. Qualls juga menambahkan tujuh rebound, tiga assist, empat steal, dan tiga blok dalam kemenangan ini. Borneo memenangkan overtime pertamanya dari lima kali menjalani overtime sejauh ini. 

Steve Taylor Jr. membukukan 16 poin, 18 rebound, enam assist, dan tiga blok. Sevly Rondonuwu menyumbang 16 poin, dan Jamarr Andre Johnson menyelesaikan laga dengan torehan 13 poin. 

Dari kubu Bali United, Green menyumbang 19 poin dan 19 rebound, sebelum dikeluarkan karena melakukan unsporstmanlike-foul, yang sekaligus menjadi pelanggaran kelima di laga ini sebelum pertandingan usai. Cannefax mencetak 20 poin. Ryan Batte menambahkan 15 poin dari bench. Sementara dua pemain lokal juga tampil bagus, yatu Abraham Renoldi Wenas dengan torehan 13 poin, dan Surliyadin yang mencetak 12 poin, hasil dari empat kali tripoin. 

 

 
Berita Terpopuler