Minum Teh Ternyata Bisa Bantu Lindungi Orang dari Covid-19

Jenis teh apa yang paling efektif lindungi orang dari Covid-19?

Pixabay
Teh (ilustrasi). Berbagai jenis teh tampak efektif turunkan aktivitas virus penyebab Covid-19 di mulut.
Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum secangkir teh bisa membantu melindungi orang dari Covid-19. Teh membunuh virus penyakit tersebut di mulut.

Dilansir The Sun, Sabtu (11/5/2024), para peneliti menguji lima jenis teh untuk melihat seberapa efektif teh tersebut dalam mengurangi tingkat virus di rongga mulut. Mereka memasukkan setiap teh ke dalam air panas selama 15 menit dan menyiapkannya dalam dua konsentrasi.

Para peneliti menginkubasi teh-teh itu dengan virus penyebab Covid-19 lalu menunggu lima menit. Hasilnya adalah pada konsentrasi yang lebih kuat, semua varietas menunjukkan penurunan aktivitas virus dalam waktu 10 detik.

Tingkat pengurangan virus teh hitam standar sebesar 99,9 persen, sedangkan teh hijau, mint, raspberry, dan eucalyptus mengurangi virus setidaknya 96 persen. Para ahli percaya pada polifenol, zat gizi mikro yang secara alami terdapat pada tanaman.

Selain itu, berkumur dengan teh juga efektif mengurangi virus Covid. Tetapi, Tim Amerika Serikat (AS) ini menekankan bahwa menonaktifkan virus dalam air liur bukanlah pengganti untuk mendapatkan vaksin.

"Pada tahap ini, kami tidak menyarankan teh sebagai intervensi mandiri karena virus juga bereplikasi di hidung dan mungkin sudah mencapai paru-paru pada saat hasil tes positif," ujar ahli virologi Malak Esseili.

"Tetapi teh dapat menjadi intervensi tambahan yang dapat dengan mudah diterapkan oleh para pasien dan keluarga-keluarga mereka sebagai rutinitas," katanya.

Di samping membantu melindungi peminumannya dari Covid, teh juga dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut empat manfaat lain yang Anda rasakan.

Teh dapat membantu kerja jantung
Pakar gizi Amy Goodson mengatakan teh tertentu seperti teh hitam, teh hijau, dan teh kembang sepatu telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung.

"Teh tersebut juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan fungsi kardiovaskular secara keseluruhan," kata Goodson, dilansir Eat This Not That.

Baca Juga

2. Meningkatkan fungsi kognitif
Penikmat teh hijau akan senang mengetahui bahwa kebiasaan minum teh mereka dapat meningkatkan otak mereka.

"Teh ini mengandung L-theanine, asam amino yang bekerja sinergis dengan kafein untuk memberikan peningkatan energi yang lebih lancar dan berkelanjutan, meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif," kata pakar gizi Trista Best.

3. Teh dapat membantu pencernaan
Saat sedang berjuang dengan sakit perut atau masalah pencernaan, teh tertentu dapat membantu Anda lebih tenang.

"Teh herbal seperti kamomil, peppermint, dan jahe mendukung kesehatan pencernaan dan membantu meringankan gejala kembung, gangguan pencernaan, serta mual," kata pakar gizi lain, Lisa Young.

4. Dapatkan dosis ekstra kafein
Beberapa teh mengandung kafein dalam jumlah yang cukup. Teh hitam, hijau, dan oolong mengandung kafein sedangkan teh herbal sepenuhnya bebas kafein. Jika Anda sensitif terhadap kafein, Anda mungkin ingin memperhatikan jenis teh yang Anda minum dan jam berapa Anda memutuskan untuk istirahat minum teh.

 
Berita Terpopuler