Anda Obesitas? Sebaiknya Olahraga di Malam Hari

Orang obesitas dianjurkan berolahraga di malam hari.

Dok. Freepik
Dua orang Jepang sedang berolahraga (ilustrasi). Orang obesitas dianjurkan olahraga di malam hari.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang obesitas bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih besar bila berolahraga di malam hari. Waktu olahraga yang direkomendasikan untuk orang obesitas adalah sekitar jam 18.00 hingga tengah malam.

Anjuran berolahraga di malam hari untuk orang obesitas ini didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan di Inggris selama delapan tahun. Studi ini dilakukan oleh tim peneliti dari University of Sydney dengan melibatkan 30.000 orang sebagai partisipan.

Melalui jurnal Diabetes Care, tim peneliti melakukan pemantauan terhadap para partisipan dengan menggunakan fitness tracker. Studi ini menemukan bahwa orang obesitas yang melakukan olahraga dengan intensitas sedang hingga berat di malam hari memiliki risiko lebih rendah terhadap kematian dini atau kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Baca Juga

Tak hanya itu, tim peneliti juga menemukan bahwa durasi olahraga yang singkat tidak menghalangi orang obesitas untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Bahkan, melakukan olahraga selama tiga menit yang bisa membuat orang obesitas sedikit tersengal-sengal itu lebih baik daripada total aktivitas fisik yang dilakukan orang obesitas sepanjang hari.

"Olahraga bukan satu-satunya solusi untuk krisis obesitas, tetapi studi ini mengindikasikan bahwa mereka bisa menjadwalkan aktivitas (olahraga) di jam tertentu untuk mendapatkan hasil terbaik dalam memangkas risiko kesehatan ini," ujar dosen di bidang fisiologi olahraga dari Perkins Centre di University of Sydney, Dr Angelo Sabag, seperti dilansir Express pada Kamis (25/4/2024).

Peneliti lainnya dari National Heart Foundation, Dr Matthew Ahmadi, menyatakan bahwa studi ini tidak mendiskriminasi jenis olahraga yang bisa dilakukan. Olahraga atau aktivitas fisik yang bisa dilakukan oleh orang obesitas untuk mendapatkan manfaat kesehatan sangat beragam, mulai dari aktivitas sederhana seperti menaiki tangga, membersihkan rumah, hingga olahraga terstruktur seperti berlari.

 
Berita Terpopuler