Surat Atlet Jerman Kepada Jesse Owen Usai Olimpiade 1936: Manusia Harus Lampui Perang!

Kisah Luz atlet Jerman usai Olimpiade 1936 kepada Jesse Owen.

network /Muhammad Subarkah
.
Rep: Muhammad Subarkah Red: Partner

Jesse Owen (tengah) dan Luz di belakangnya yang memberi hormat ala Nazi dengan mengangkat sebelah tangannya.

Inilah kisah haru mengenai apa artinya persahabatan tulus. Hubungan itu ternyata bisa menembus batas apa saja. Bahkan bisa mengikis rasa persaingan atau juga malah menjebol dinding ego pribadi karena kebencian politik.

Kisah ini ada pada hungungan legenda atlet duna Josse Owean dqri Amerika Serikat dan Long dari Jerman. Kedua negara kala keduanya bertanding di niomor lompat jauh olimpiade sudah terlibat dalam perang yang berdarah.

Jesse Owens dari AS memenangkan medali emas lompat jauh pada Olimpiade musim panas di Jerman, 1936. Orang yang memberi hormat di belakang Owens adalah Long.

Dia adalajh seorang Jerman yang berbagi tips latihan dengan Owens.Long juga merupakan orang pertama yang mengucapkan selamat secara terbuka setelahnya lompatan terakhir di hadapan Hitler.

Setelah Olimpiade, keduanya tetap berhubungan melalui surat. Di bawah ini adalah surat terakhir Long kepada Owens ketika dia bertugas di Angkatan Darat Jerman di Afrika Utara selama Perang Dunia 2. Long kemudian terbunuh dalam aksi selama invasi sekutu ke Sisilia pada tahun 1943.


Surat Long kepada Jesse Owens adalah seperti ini:

"Aku di sini, Jesse, di tempat yang tampaknya hanya ada pasir kering dan darah basah. Aku tidak terlalu mengkhawatirkan diriku sendiri, temanku Jesse, aku mengkhawatirkan wanitaku yang ada di rumah, dan putra kecilku Karl, yang belum pernah benar-benar mengenal ayahnya.

Hatiku memberitahuku, jika aku jujur padamu, bahwa ini adalah surat terakhir yang pernah kutulis. Kalau begitu, aku menanyakan sesuatu padamu. Itu adalah sesuatu yang sangat penting bagi saya.

Andalah yang pergi ke Jerman ketika perang ini selesai, suatu hari nanti temukan Karl-ku, dan ceritakan padanya tentang ayahnya. Katakan padanya, Jesse, seperti apa saat-saat kita tidak dipisahkan oleh perang. Maksudku—beri tahu dia bagaimana keadaan antara manusia di bumi ini.

Jika kamu melakukan sesuatu ini untukku, hal yang paling perlu aku ketahui ini akan terlaksana, aku melakukan sesuatu untukmu, sekarang. Aku memberitahumu sesuatu yang aku tahu ingin kamu dengar. Dan itu benar.


Long melanjutkan kembali curahan perasaannya:

Saat itu di Berlin ketika saya pertama kali berbicara dengan Anda, ketika Anda berlutut, saya tahu bahwa Anda sedang berdoa. Lalu saya tidak tahu bagaimana saya bisa mengetahuinya. Sekarang saya melakukannya. Aku tahu kita tidak pernah berkumpul secara kebetulan. Saya datang kepada Anda pada jam itu di tahun 1936 untuk tujuan yang lebih dari sekedar Olimpiade Berlin.

Dan aku yakin, kamu akan membaca surat ini, padahal surat ini tidak akan pernah bisa sampai kepadamu, dengan tujuan yang lebih dari sekedar persahabatan kita. Aku percaya ini akan terjadi karena aku pikir sekarang Tuhan akan mewujudkannya. tentang. Inilah yang harus kuberitahukan padamu, Jesse.

Aku pikir aku mungkin akan percaya pada Tuhan. Dan aku berdoa kepadanya, meskipun hal ini tidak mungkin sampai padamu selamanya, kata-kata yang kutulis ini akan tetap kamu baca.

Adikmu, Luz"

 
Berita Terpopuler