Film Agak Laen Pikat Lebih dari 7 Juta Penonton, Apa yang Membuatnya Sefenomenal Itu?

Tayang sejak 1 Februari, Agak Laen sukses pikat lebih dari 7 juta penonton bioskop.

Dok. Imajinari
Teaser poster film Agak Laen. Film arahan Muhadkly Acho ini tembus enam juta penonton di hari ke-18 penayangannya.
Rep: Umi Nur Fadhilah Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film komedi Agak Laen meraih sukses besar dengan mencapai total penonton lebih dari tujuh juta dalam waktu yang singkat sejak penayangan perdananya. Sukses ini tidak lepas dari kombinasi strategi pemasaran yang tepat dan kualitas konten yang mampu memikat hati penonton, menurut pengamat film dan juri di Festival Film Wartawan Indonesia, Nuty Laraswaty.

Nuty mengatakan penayangan film di bioskop bisa menjadi momok menakutkan dengan banyak faktor risiko. Ia berpendapat, salah satu kunci kesuksesan Agak Laen adalah kemampuan tim pemasaran dan pengamatan dari rumah produksi Imajinari untuk melihat peluang yang ada.

Nuty mengatakan kesuksesan Agak Laen terletak pada kemampuannya untuk menyuguhkan humor yang sesuai dengan zaman sekaligus berbeda dari yang lain. Itulah diinginkan penonton modern yang telah jenuh dengan genre monoton.

Baca Juga

"Mereka mampu memahami bahwa penonton saat ini membutuhkan sesuatu yang berbeda, namun masih mudah diterima, dan film ini berhasil memberikan hal tersebut," kata Nuty kepada Republika.co.id, Senin (26/2/2024).

Satu aspek yang turut menyumbang kesuksesan Agak Laen, menurut Nuty, adalah para pemainnya. Bene Dion, Boris Bokir, Indra Jegel, dan Oki Rengga, terkenal dengan kemampuan mereka dalam menghadirkan tawa.

Kemampuan kuartet podcaster "Agak Laen" itu dalam membawa humor yang khas dan nyeleneh serta menyindir isu sosial dengan gaya mereka yang agak berbeda besar peranannya. Ini membuat film menjadi segar dan menarik di mata penonton.

Sementara itu, Muhadkly Acho sebagai sutradara dan komika yang juga aktif di media sosial juga berhasil memikat penonton dengan kejenakaannya. Kesuksesan Agak Laen juga ada kaitannya dengan andil Ernest Prakasa sebagai produser yang sudah memiliki basis penggemar tersendiri berkat karyanya sebelumnya.

Nuty juga menyoroti timing yang tepat dalam pemutaran film ini, yang turut memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesannya. Gimmick yang digunakan dalam promosi film ini dinilai tepat sasaran.

Agak Laen tayang sejak 1 Februari 2024. Film dari rumah produksi Imajinari ini tayang menjelang hari pencoblosan pemilu dan mejadi pilihan hiburan sejenak dari keriuhan perbincangan politik.

 
Berita Terpopuler