Begini Trik Mudah Transfer Data dari Iphone ke Android tanpa Kabel

Beberapa masalah yang kerap dihadapi ialah proses pemindahan yang kurang lancar.

Freepik
Transfer data (ilustrasi). Berikut beberapa cara mentransfer data dari iPhone ke ponsel Android.
Rep: Adysha Citra Ramadani Red: Friska Yolandha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fitur terkini dari ponsel flagship Android sering kali menjadi alasan bagi sebagian pengguna iPhone untuk beralih ke ponsel Android. Sayangnya, pengguna kerap merasa kesulitan untuk memindahkan data dari ponsel iPhone ke ponsel Android.

Baca Juga

Sebagian pengguna biasanya menyiasati kesulitan ini dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Akan tetapi, penggunaan aplikasi seperti ini sering kali tak bisa diandalkan.

Beberapa masalah yang sering kali muncul adalah proses pemindahan yang kurang lancar dan tak mencakup semua data.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan data dari iPhone ke Android tanpa menggunakan komputer. Berikut ini adalah tiga cara di antaranya, seperti dilansir GizChina pada Jumat (7/2/2024).

Memindahkan Data Tanpa Komputer

Cara ini hanya bisa dilakukan bila ponsel Android yang digunakan adalah ponsel Pixel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya

  1. Nyalakan ponsel Android dan ikuti langkah-langkah yang muncul di layar.
  2. Saat muncul pertanyaan mengenai kabel di layar, pilih "No cable", lalu hubungkan iPhone dan Android melalui Wi-Fi dengan menggunakan aplikasi Switch to Android.
  3. Kembali ikuti langkah-langkah yang muncul di layar dan pilih data yang ingin ditransfer, misalnya kontak, foto, video, atau catatan kalender.
  4. Nonaktifkan iMessage selama proses berlangsung. Perlu diingat bahwa, pemindahan pesan dan percakapan WhatsApp hanya bisa dilakukan dengan komputer.

Memindahkan dengan aplikasi....

Memindahkan Data dengan Aplikasi Ultfone

Cara terbaik untuk memindahkan data dari iPhone ke Android adalah dengan menggunakan aplikasi Ultfone Phone Transfer. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa memilih data yang ingin mereka pindahkan dengan lebih spesifik melalui komputer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Unduh, pasang, dan jalankan Ultfone Phone Transfer di komputer serta sambungkan ponsel Android ke PC komputer.
  2. Klik "Authorized, next" untuk menghubungkan aplikasi tersebut pada ponsel.
  3. Setelah itu, hubungkan iPhone ke PC dan masukkan password, pilih "Trusted, next step" untuk menghubungkan aplikasi tersebut pada ponsel.
  4. Pilih data yang ingin dipindahkan lalu pilih "Start Scan". Proses ini hanya akan melakukan pemindaian terhadap data yang ingin dipindahkan. Setelah pemindaian rampung, pilih "Transfer Data".

Memindahkan Data Melalui iCloud

Bila tak memiliki komputer dan ingin memindahkan data secara gratis, langkah ketiga ini bisa menjadi solusi. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

 

  1. Sinkronisasikan data dengan menghubungkan ponsel iOS ke iCloud. Untuk melakukan hal ini, pilih "Setting" dan pilih "Apple ID".
  2. Pilih "iCloud" dan setelah itu "Show All", kemudian pilih "switch atau switches" untuk mensinkronisasikan data. Setelah selesai, buka Smart Switch melalui ponsel Android.
  3. Pilih "Receive Data", lalu pilih "iPhone", kemudian pilih opsi untuk mendapatkan data dari iCloud yang berlokasi di bagian bawah.
  4. Masuk ke dalam iCloud dengan menggunakan Apple ID dan password, lalu masukkan kode verifikasi di perangkat Android.
  5. Pilih "Connect", lalu setelah kode popup menghilang dari iPhone, pilih data yang ingin ditransfer, setelahnya pilih "Transfer". Perlu diingat bahwa metode ini tak bisa memindahkan pesan, musik iTunes, serta video. 

 
Berita Terpopuler