Timnas Amin Klarifikasi Anies Soal Anggaran Belanja Alutsista Bekas Rp 700 Triliun

Menurut Billy, Rp 700 triliun adalah anggaran total Kemenhan periode 2019-2024.

Republika/Eva Rianti
Juru Bicara Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Billy David Nerotumilena di Posko Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12/2023).
Rep: Antara Red: Erik Purnama Putra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas Amin) mengoreksi pernyataan calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan, soal anggaran belanja alutsista bekas pada era Menhan Prabowo Subianto mencapai Rp 700 triliun.

Juru Bicara Timnas Amin, Billy David Nerotumilena mengklarifikasi, maksud pernyataan Anies adalah Rp 700 triliun itu adalah anggaran di Kementerian Pertahanan (Kemenhan) selama lima tahun terakhir. "Jadi yang Rp 700 triliun saya luruskan dari awal disclaimer itu anggaran lima tahun selama 2019-2024," ucap Billy di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

Dia juga menilai, ada penyalahgunaan terminologi tentang data yang rahasia di sektor pertahanan. Padahal, menurut Billy, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru-baru ini juga telah membeberkan anggaran sektor pertahanan dan keamanan.

"Kalau kita berbicara tentang anggaran, berbicara tentang pengadaan alutsista, itu kan sebenarnya masih dalam hal-hal yang kita semua harus tahu," kata Billy.

Dia menjelaskan, hal-hal yang bersifat rahasia dalam sektor pertahanan itu, di antaranya tentang strategi operasi hingga lokasi markas. Sehingga Billy menyebut, alokasi anggaran itu bukan merupakan hal yang bersifat rahasia.

Baca Juga

 

"Dan itu yang saya rasa pembahasan kemarin, baik itu dari 01 (Anies) dan 03 (Ganjar), masih dalam substansi yang harusnya bisa dibuka," ucap Billy.

Salaman dengan Puan...

Billy David Nerotumilena menilai, momen pertemuan capres Anies dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani hingga keduanya bersalaman memang menimbulkan spekulasi yang bermacam-macam. Dia menegaskan, Timnas Amin pun masih tetap fokus pada pemenangan Anies-Muhaimin menjelang coblosan 14 Februari 2024.

 

"Itu enggak mau spekulasi sekarang, kalau mau salaman atau enggak mau salaman aja persepsinya sudah macam-macam," kata Billy di Menteng, Jakarta Pusat, Senin.

 

Pada saat penyelenggaraan debat ketiga Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, Ahad (7/1/2024) malam WIB, ada momen Puan yang bersalaman dengan Anies serta Muhaimin serta terdapat sedikit perbincangan. Terlihat sekali Anies dan Puan tanpa jarak.

 

Menurut Billy, Timnas Amin tidak ingin berspekulasi apapun mengenai arah koalisi ke depannya atas adanya momen bersalaman tersebut. Pihaknya hanya menginginkan Anies-Muhaimin masuk ke putaran selanjutnya dalam pilpres.

 

Dia mengatakan, Timnas Amin telah menghitung bahwa ada potensi Pilpres 2024 bakal berlangsung dua putaran. Sehingga, koalisi lanjutan bakal diperbincangkan setelah putaran pertama selesai. "Kalau kita nanti akan bekerja dengan siapa, itu nanti pembahasannya setelah putaran pertama selesai," kata Billy.

 
Berita Terpopuler