Daftar Diet Terbaik 2024 Versi US News & World Report, Mediterania Juara Umum

Diet Mediterania unggul di tujuh dari 11 kategori pola makan terbaik.

www.freepik.com
Seorang wanita makan berlebihan (ilustrasi). Selain menjadi diet terbaik secara keseluruhan, diet Mediterania juga menduduki peringkat teratas di kategori pola makan diabetes terbaik.
Rep: Santi Sopia Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di antara sekian banyak pola makan yang populer di masyarakat, mana yang akan menjadi primadona pada 2024? US News & World Report punya jawabannya.

Dalam daftar urutan pola makan terbaik di 2024, US News & World Report mencantumkan diet Mediterania di posisi pertama. Diet Mediterania menjadi pola makan terbaik secara keseluruhan selama tujuh tahun berturut-turut.

Pola makan Mediterania berkaitan dengan konsumsi makanan nabati, biji-bijian, daging tanpa lemak, dan minyak zaitun extra-virgin dalam porsi yang sehat. Pola makan tersebut menempati posisi teratas dalam tujuh dari 11 kategori diet, dikutip dari NY Post, Jumat (51/1/2024).

Baca Juga

Selain menjadi diet terbaik secara keseluruhan, diet Mediterania juga menduduki peringkat teratas di kategori pola makan diabetes terbaik. Diet Mediterania juga teratas dalam kategori diet jantung sehat, diet termudah untuk diikuti, diet terbaik untuk kesehatan tulang dan sendi, diet ramah keluarga terbaik, dan diet terbaik untuk makan sehat.

Pola makan Mediterania berasal dari pola makan tradisional di 21 negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania. Diet ini kaya akan sayuran segar, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, serta minyak zaitun.

Meskipun tidak berfokus pada nutrisi atau kelompok makanan tertentu, diet Mediterania justru menekankan pentingnya kualitas dan mengisi piring dengan berbagai macam makanan. Itu seperti buah-buahan, sayuran, makanan laut, minyak zaitun, dan biji-bijian.

Untuk pemeringkatan Diet Terbaik tahunannya, US News & World Report bekerja sama dengan Harris Poll dalam menentukan panduan dari 43 panelis ahli. Ini termasuk dokter, ahli gizi terdaftar, ahli epidemiologi nutrisi, dan peneliti akademis penurunan berat badan dalam menyusun peringkat tersebut.

Para ahli memeriksa 30 pola makan, termasuk enam pola makan tambahan sejak pemeringkatan tahun lalu. Pola makan yang baru dievaluasi meliputi pola makan vegan, pola makan Dukan, Nutrisi Herbalife, program HMR, Rencana Diet Profil, dan Plantstrong.

Diet DASH, yang merupakan singkatan dari pendekatan diet untuk menghentikan hipertensi, menduduki peringkat kedua sebagai diet terbaik secara keseluruhan. Diet ini berfokus pada mengonsumsi makanan tinggi nutrisi penurun tekanan darah seperti potasium, kalsium, magnesium, dan serat.

Di posisi ketiga secara keseluruhan adalah diet MIND, yang merupakan singkatan dari Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay. Kedua pola makan itu menekankan fokus pada makanan yang meningkatkan kesehatan otak, sehingga berpotensi menurunkan risiko masalah mental.

Berikur daftar 10 diet terbaik secara keseluruhan untuk tahun 2024, menurut laporan tersebut.

1. Diet Mediterania

2. Diet DASH

3. Diet MIND

4. Diet Mayo Clinic

5. Diet Flexitarian

6. Diet WeightWatchers (WW)

7. Diet Volumetrics

8. Diet Anti-Peradangan Dr. Weil

9. Diet TLC

10. Diet Vegan

Sedangkan untuk diet penurunan berat badan terbaik, WeightWatchers (WW) menempati urutan pertama, diikuti oleh diet Med dan diet Volumetrics. WW juga menduduki peringkat No. 1 untuk program diet terbaik, dengan Mayo Clinic dan Noom masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga.

Tiga diet penurunan berat badan cepat teratas adalah keto, Atkins, dan program HMR. Kategori diet terbaik untuk makan sehat dan diet termudah untuk diikuti memiliki tiga kategori teratas yang sama, yaitu Mediterania sebagai No. 1, diikuti oleh Flexitarian, lalu DASH.

"Memilih diet bisa jadi sulit. Setiap orang memiliki pertimbangan dan tujuan kesehatan yang unik, dan ada banyak diet yang dapat dipilih dan sulit untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk Anda," kata Gretel Schueller, redaktur pelaksana kesehatan di U.S. News dalam siaran pers.

Itulah sebabnya U.S. News mengumpulkan masukan dari pakar medis dan nutrisi yang diakui secara nasional untuk menentukan pola makan yang paling disukai dalam hal kelengkapan nutrisi. Kemudian soal kemudahan mengikuti, dan menawarkan gaya hidup sehat untuk jangka panjang.

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa pola makan Mediterania dapat membantu mengurangi gejala gangguan stres pascatrauma melalui mikrobioma usus. Penelitian terbaru lainnya menunjukkan bahwa mereka yang menjalankan pola makan dapat mengurangi kemungkinan kematian dini sebesar 29 persen.

Sementara itu, untuk wanita, menunjukkan kemungkinan 25 persen lebih rendah terkena penyakit jantung dan kematian dini. Sebuah studi sebelumnya dari Harvard University mengatakan diet Mediterania adalah salah satu dari empat pola makan sehat yang dapat membantu mengurangi risiko kematian dini hingga 20 persen.

Diet penurunan berat badan terbaik:

1. Diet WeightWatchers

2. Diet Meditarania

3. Diet Volumetrics

Diet penurunan berat badan cepat terbaik

1. Diet keto

2. Diet Atkins

3. Program HMR

Diet diabetes terbaik

1. Diet Mediterania

2. Diet DASH

3. Diet Felxitarian

Diet terbaik untuk kesehatan tulang dan sendi

1. Diet Mediterania

2. Diet DASH

3. Diet Felxitarian

Diet terbaik untuk makan sehat

1. Diet Mediterania

2. Diet Felxitarian

3. Diet DASH

Program diet terbaik

1. Diet WeightWatchers

2. Diet Mayo Clinic

3. Diet Noom

Diet ramah keluarga terbaik

1. Diet Mediterania

2. Diet Felxitarian

3. Diet DASH

Diet sehat jantung terbaik

1. Diet Mediterania

2. Diet DASH

3. Diet Ornish

Pola makan nabati terbaik

1. Diet Flexitarian

2. Diet Mediterania

3. Diet Vegan

Diet termudah untuk diikuti

1. Diet Mediterania

2. Diet Flexitarian

3. Diet DASH

 
Berita Terpopuler