Harap-Harap Cemas Menanti Persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS terhadap ETF Bitcoin Spot

Pertemuan ini rencananya membahas, antara lain, soal ETF Bitcoin Spot yang telah lama ditunggu-tunggu.

network /Kadaharan
.
Rep: Kadaharan Red: Partner

Harap-Harap Cemas Menanti Persetujuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS terhadap ETF Bitcoin Spot. (foto: pexels)

GENPOP -- Anggota tim Nasdaq bertemu Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada Rabu (3/1/2023) waktu setempat. Pertemuan ini rencananya membahas, antara lain, soal ETF Bitcoin Spot yang telah lama ditunggu-tunggu.

"Nasdaq (yang telah mengajukan formulir 19b-4 untuk iShares Bitcoin Trust BlackRock selama musim panas), akan bertemu dengan staf agensi tersebut dalam hal pengajuan produk baru," kata seseorang yang mengetahui masalah tersebut, dilansir The Block, Kamis (4/1/2023).

BACA JUGA: Mengenal Apa Itu ETF Kripto

Pertemuan tersebut tidak menunjukkan perubahan apa pun mengenai apakah ETF bitcoin spot akan mendapat persetujuan SEC. Orang yang akrab dengan masalah ini juga tidak dapat mengomentari waktu kapan ETF bitcoin spot akan mendapatkan persetujuan atau penolakan SEC.

Eleanor Terrett dari Fox Business melaporkan sebelumnya bahwa Nasdaq, Cboe, dan New York Stock Exchange sedang bertemu dengan SEC untuk menyelesaikan komentar pada pengajuan 19b-4 mereka.

Nasdaq dan Cboe dan NYSE tidak menanggapi permintaan komentar. NYSE menolak berkomentar.

Di sisi lain, Juru bicara SEC mengatakan pihaknya tidak mengomentari pengajuan individu.

"Secara umum, jika Komisi menyatakan pernyataan pendaftaran efektif, hal itu tercermin pada EDGAR," kata juru bicara SEC dalam pernyataan email. "Setiap perintah Komisi 19b-4 akan diposting di situs web kami dan kemudian dipublikasikan di Daftar Federal."

Namun Eric Balchunas, analis senior ETF di Bloomberg Intelligence, mengatakan lembaga tersebut yakni SEC mungkin tidak melakukan pertemuan semacam ini jika berencana menolak atau menunda proposal tersebut.

Perlu diketahui, penerbit ETF termasuk BlackRock dan Fidelity telah mengajukan formulir yang diperbarui ke SEC pada akhir Desember 2023.

Ini dipandang sebagai dorongan terakhir untuk ETF bitcoin spot. BlackRock menunjuk Jane Street Capital dan JP Morgan Securities LLC sebagai peserta resmi.

Akan terjadi lonjakan antisipasi terhadap ETF bitcoin spot, jika SEC memutuskan pada 10 Januari untuk menyetujui atau tidak menyetujui produk semacam itu.

BACA JUGA:

+ Kripto Diterpa Isu Penolakan SEC terhadap ETF Bitcoin Spot

+ ETF Bitcoin Spot Diperkirakan Gagal Disetujui SEC

Batas waktu bulan Januari adalah ketika SEC harus mengambil keputusan pada salah satu aplikasi, ARK 21Shares Bitcoin ETF, dan bisa berarti SEC memutuskan untuk memutuskan aplikasi lainnya.

Persoalan yang sulit selama beberapa minggu terakhir adalah apakah ETF akan memiliki model penciptaan dan penebusan berbasis uang tunai atau barang.

Pengajuan dari pertemuan baru-baru ini tampaknya mengarah pada apa yang disebut model penebusan tunai yang menurut para analis tampaknya disukai oleh SEC. []

 
Berita Terpopuler