5 Sistem Senjata Terbaru Israel untuk Serang Gaza

Israel memperluas wilayah pertempuran ke selatan Gaza.

AP
Militer Israel melakukan operasi darat di Jalur Gaza.
Rep: Rizky Jaramaya Red: Nidia Zuraya

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Pada 31 Oktober malam, tiga rudal diluncurkan dari gurun Yaman di sepanjang garis pantai Laut Merah. Rudal-rudal itu menargetkan kota resor Eilat, di selatan Israel, yang terletak di segitiga perbatasan antara Mesir dan Yordania.

Baca Juga

Alarm berbunyi di pangkalan Angkatan Udara Israel (IAF) yang terpencil di Israel selatan. Tentara Israel yang beroperasi di bunker bawah tanah mulai mengumpulkan sebanyak mungkin data mengenai proyektil yang datang dengan kecepatan supersonik menuju Israel.

Berdasarkan kecepatan, ukuran dan lintasannya, IAF menyimpulkan bahwa rudal tersebut merupakan rancangan Iran dan ditembakkan dari wilayah di Yaman, yang dikuasai oleh Houthi, kelompok pemberontak yang didukung oleh Iran dan musuh bebuyutan Israel. 

Komandan IAF memberi lampu hijau dan meluncurkan pencegat Arrow-2 dari baterai yang ditempatkan di suatu tempat di Israel. Dalam beberapa menit, kedua rudal tersebut bertemu di suatu tempat di Yordania. Serpihan dari rudal Iran kemudian ditemukan.

Israel telah menggunakan sistem pertahanan rudal Iron Dome untuk bertahan melawan roket jarak pendek seperti yang ditembakkan Hamas. Namun ini adalah pertama kalinya Israel menggunakan Arrow, sistem pertahanan rudal yang mulai dikembangkan pada pertengahan 1990-an, dalam pertempuran.

Seminggu kemudian, Israel kembali menggunakan Arrow untuk mencegat rudal Iran lainnya yang ditembakkan dari Yaman. Intersepsi ini berlangsung ketika Israel Aerospace Industries, yang memproduksi Arrow, sedang menjual produknya. Pada 23 November, Israel menyelesaikan penjualan ekspor pertama Arrow-3 ke Jerman dengan nilai 3,6 miliar dolar AS.

“Ini juga mengirimkan pesan penting kepada Iran karena jenis rudal yang sama yang ditembakkan oleh Houthi juga dikerahkan di Iran dan mereka dapat melihat bahwa Israel dapat mencegatnya. Ini menunjukkan bahwa sistem ini efektif," ujar Yair Ramati, mantan kepala Organisasi Pertahanan Rudal Israel, dilaporkan The Jerusalem Post.

Kisah Arrow dan keberhasilan penggunaannya hanyalah salah satu dari teknologi baru yang digunakan Israel dalam perang di Gaza yang dipicu oleh serangan lintas batas Hamas pada  7 Oktober.

Berikut adalah penjelasan perinci tentang tambahan sistem senjata baru yang digunakan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam pertempurannya untuk melenyapkan Hamas di Jalur Gaza.

Trophy

Trophy dikembangkan oleh Rafael Advanced Defense Systems di Israel. Trophy adalah sistem perlindungan aktif yang dapat mencegat rudal anti-tank dan granat berpeluncur roket yang masuk, yang sering digunakan oleh pasukan Hamas. Trophy dipasang di semua tank Merkava Mk-4 Israel yang beroperasi di Gaza.

“Kami menghadapi lusinan rudal anti-tank yang terbang ke arah pasukan kami dan kami mampu mencegah kerusakan dari semuanya berkat sistem efektif yang kami miliki,” ujar Brigjen. Itzik Cohen, komandan Divisi 162 IDF yang beroperasi di Jalur Gaza utara.

Ide untuk menciptakan sistem perlindungan aktif untuk tank lahir pada 1970-an, setelah Perang Yom Kippur. Ketika itu, tank-tank IDF menderita kerugian besar di tangan pasukan anti-tank Mesir.

Diperlukan waktu bertahun-tahun hingga Trophy dapat beroperasi.  Hal ini memberi IDF kemampuan untuk mengambil tank, dan mengubahnya menjadi relevan dalam pertempuran perkotaan yang asimetris dan jarak dekat seperti yang terjadi di Gaza.

Trophy beroperasi dalam tiga tahap.  Pertama, radarnya mendeteksi peluncuran RPG atau rudal anti-tank. 

Tahap kedua, dalam mode soft-kill, mengaktifkan sistem peperangan elektronik yang bertujuan menyebabkan rudal keluar jalur.  Jika gagal, sistem akan memulai tahap ketiga dan menembakkan tindakan balasan untuk mencegat proyektil yang masuk.

Radar Trophy kemudian berinteraksi dengan sistem manajemen pertempuran IDF yang disebut Tzayad (Hunter), yang secara otomatis memberikan koordinat pasukan anti-tank yang baru saja menembakkan rudal kepada awak tank sehingga dapat segera diserang.

Kendaraan lapis baja tahan tembakan keras ...

Eitan APC

Israel telah lama menggunakan kendaraan pengangkut personel lapis baja. Dalam perang Gaza ini, IDF untuk pertama kalinya menggunakan Eitan, APC beroda pertama di negara tersebut yang dapat terus berjalan bahkan setelah terkena tembakan keras.

Berkat mesin berkekuatan 750 tenaga kuda, Eitan dapat mencapai kecepatan hingga 120 kilometer per jam dengan delapan rodanya, sehingga memberikan kemampuan manuver di segala medan dan kemampuan untuk masuk serta keluar dari zona pertempuran dengan cepat. 

Eitan dapat membawa 12 tentara dan dilengkapi dengan stasiun senjata jarak jauh yang dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm, serta senapan mesin 7,62 mm yang terpasang.

Uji coba tembakan pertamanya dilakukan pada 7 Oktober selama serangan lintas batas Hamas yang mengejutkan. Ketika itu, tentara dari salah satu brigade infanteri IDF bergegas menuju ke salah satu pangkalan yang diserang dan menggunakan senapan mesin berat Eitan untuk menetralisir puluhan teroris.

APC dikembangkan oleh Direktorat IDF Tank dan APC yang juga memproduksi Tank Merkava.  Eitan dilengkapi dengan kamera periferal dengan penglihatan siang dan malam untuk memastikan keamanan, monitor sentuh, dan sistem pemetaan khusus untuk memproses rute dengan cepat untuk operasi off-road.

Seperti tank, Eitan juga dilengkapi dengan sistem perlindungan aktif – meskipun untuk platform ini, Kementerian Pertahanan memilih Iron Fist, yang dikembangkan oleh Elbit Systems.Iron Fist bekerja mirip dengan Trophy dan mampu mencegat drone bunuh diri yang mungkin mencoba menabrak kendaraan.

Firefly dan Iron Sting

Dua senjata ofensif baru adalah amunisi berkeliaran Firefly dan mortir berpemandu presisi Iron Sting. Peluru mortir sering digunakan oleh infanteri di zona pertempuran tetapi secara historis tidak dapat diandalkan karena tingkat presisinya yang rendah. 

Iron Sting dirancang untuk menyerang target dengan tingkat presisi tinggi, sehingga memungkinkan operator menggunakan panduan laser atau GPS untuk mencapai target mereka secara akurat.

Senjata ini digunakan pada minggu-minggu pertama perang oleh Unit Maglan IDF, sebuah pasukan komando elit yang terkenal dengan operasi rahasia dan senjata ofensif khusus. Mortir diluncurkan secara balistik, dan ketika mencapai ketinggian puncaknya, dua “sayap” kecil terbuka di ekornya. 

Sayap tersebut terhubung ke mesin internal dan komputer Iron Sting, dan bertanggung jawab untuk mengarahkan mortir ke sasarannya.  Saat berada di udara, mortir akan mengikuti penandaan laser, namun jika tidak muncul karena kabut, mortir akan menggunakan koordinat GPS yang telah dimuat sebelumnya.

Firefly adalah sistem berbeda yang berfungsi sebagai amunisi yang berkeliaran, juga dikenal sebagai drone bunuh diri.  Bentuknya seperti tongkat dengan baling-baling dan beratnya hanya 3 kilogram, sehingga mudah dibawa dan digunakan oleh seorang prajurit.  Pesawat ini dapat dikerahkan dengan cepat dalam hitungan detik dan operator melacak penerbangannya di tablet. 

Pesawat ini memiliki badan pesawat yang kokoh untuk menahan lingkungan keras pertempuran perkotaan dan dikatakan sangat intuitif, tanpa memerlukan keahlian khusus untuk mengoperasikannya. Menggunakan kamera elektro-optik sebagai basisnya, Firefly  memiliki waktu terbang hingga 30 menit dan jangkauan hingga 1.000 meter, serta mencapai kecepatan hingga 60 kilometer per jam.

“Kami melihat Firefly sebagai landasan dalam aplikasi potensial di masa depan untuk berbagai macam arena pertempuran,” kata Ran Gozali, kepala Divisi Darat & Angkatan Laut Rafael pada tahun 2020 ketika IDF membeli sistem tersebut.

Penargetan AI (Kecerdasan Buatan)

Salah satu perubahan utama dalam perang saat ini adalah penggunaan kecerdasan buatan, khususnya dalam hal pembentukan bank sasaran seperti gudang senjata, pusat komando, peluncur roket, dan komandan senior, yang diciptakan IDF untuk unit-unit yang memerangi Hamas,  Gaza, dan Hizbullah di Lebanon.

Cara berperang baru ini, menggabungkan AI dengan operasi militer klasik, sehingga memberi Israel keuntungan baru di medan perang modern. Jika sebelum tahun 2020, IDF memerlukan waktu 10 hari untuk mengidentifikasi dan menyetujui 10 target, kini dengan perangkat lunak rahasia khusus, IDF mengidentifikasi dan menyetujui 100 target dalam jangka waktu yang sama.

“Ini mengubah cara kita bertarung dan memberi kita kemampuan untuk menciptakan target dengan kecepatan yang sebelumnya tidak terbayangkan,” kata komandan sistem target AI.

Para perwira IDF secara terbuka mengakui bahwa jika di masa lalu mereka hanya mempunyai beberapa ratus sasaran terhadap Hamas atau Hizbullah.  Selain itu, dengan perangkat lunak baru yang digerakkan oleh AI, militer dapat secara signifikan meningkatkan jumlah target yang dibuat secara real-time.

Apa yang dilakukan AI adalah mensinergikan semua data intelijen berbeda yang dikumpulkan oleh IDF melalui kecerdasan sinyal (SIGINT), kecerdasan visual (VISINT), dan kecerdasan manusia (HUMINT) yang memungkinkan analis dengan cepat menyaring sejumlah besar data dan menyatukannya bersama-sama menjadi target yang layak untuk diserang.

Hal ini bermula dari keinginan untuk memperpendek siklus sensor-ke-penembak, yaitu jumlah waktu yang diperlukan sejak target musuh terdeteksi oleh sensor, baik manusia atau elektronik, dan saat target diserang.

Salah satu sistem baru untuk membantu hal ini, dan digunakan oleh IDF di Gaza, adalah Fire Weaver milik Rafael, yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Mafat, Direktorat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan. 

Sistem jaringan sensor-ke-penembak menghubungkan sensor pengumpulan intelijen dengan senjata yang ada di lapangan. Hal ini memungkinkan identifikasi dan keterlibatan target yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Kecerdasan buatan hanyalah salah satu perubahan dramatis yang terjadi di IDF, yang akan menyertai militer di tahun-tahun mendatang.  Dikombinasikan dengan pembentukan unit-unit baru yang mengintegrasikan teknologi baru, misalnya drone pribadi dan robot darat, pergerakan IDF menjadi lebih cepat, lebih mematikan, dan lebih berteknologi.

 
Berita Terpopuler