Pemanfaatan Teknologi pada Aplikasi Canva dalam Pembelajaran PPKn

Pada era saat ini zaman semakin berkembang dan teknologi juga pun pastinya berkembang sangat pesat. Begitu pula dengan teknik pembelajaran pada saat ini atau pun pada media pembelajaran pada saat ini. Jadi Media Pembelajaran memiliki kedudukan yang s

retizen /Faniya Putriani
.
Rep: Faniya Putriani Red: Retizen

Pada era saat ini semakin berkembang dan teknologi juga pastinya berkembang sangat pesat. Begitu pula dengan teknik pembelajaran pada saat ini atau pun pada media pembelajaran pada saat ini. Jadi Media Pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat penting khususnya dalam keberhasilan proses dan hasil pembelajaran PPKN.

Menurut Luhan dalam Sri Wuryan dan Syaifullah (2009 : 60) menyatakan bahwa medium is the message, artinya media adalah pesan, atau bisa juga diartikan bahwa media mewakili pesan yang disampaikannya. Hal ini berarti bahwa jenis dan kualifikasi media harus benar-benar menggambarkan pesan yang ingin disampaikan. Menurut saya, media canva sebagai media pembelajaran PPKn sangatlah seru karena pada pada aplikasi canva ini memberikan beberapa fitur yang sangat menarik untuk media belajar contoh membuat poster burung Garuda dengan menggunakan aplikasi canva di situ kita di suguhkan dengan berbagai hal yang menarik yang bisa kita edit semau kita sendiri.

Tujuan dalam kegiatan pembelajaran ini tentu berarti mewujudkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, yakni pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dengan inovasi penggunaan canva, menumbuhkan kreatifitas peserta didik dalam pembuatan media infografis, mengefektifkan waktu yang tersedia selama pembelajaran terbatas , dan menyenangkan bagi peserta didik dalam pengerjaan tugas. Selain itu juga dalam proses yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan literasi membaca, literasi visual, dan literasi digital peserta didik

Menurut saya sendiri dan pengalaman saya menggunakan aplikasi canva sebagai media edit untuk salah satunya membuat powerpoint Aplikasi canva sangat mudah digunakan bahkan oleh pengguna yang sama sekali belum mahir desain grafis.

Canva memiliki banyak aset dan template yang dapat digunakan secara bebas sehingga menurut saya memudahkan dan membantu peserta didik dalam pengugasan proyek media infografis. Selain itu penggunaan canva sangat efektif dan efisien di tengah pembelajaran terbatas seperti masa pandemi saat ini. Contohnya, dalam proyek yang saya terapkan pada pembelajaran PPKN, peserta didik cukup mengetikkan kata infografis, maka ratusan template infografis tersedia, dan pengguna tinggal mengkreasikan dengan mengganti warna dasar atau elemen, mengganti tipe huruf, mencari elemen-elemen terkait tugas dan berwenang lembaga-lembaga negara, sehingga hasil karya infografis yang telah dibuat akan sangat membantu peserta didik untuk mereview atau memahami materi dengan tampilan warna-warna menarik, simbol-simbol visual terkait.

Sebagai pendidik tentu tidak boleh cukup puas dengan hasil yang didapat saat ini, serta inovasi harus terus dilakukan seiring dengan tantangan yang hadir dalam pembelajaran di kelas dan tantangan perkembangan teknologi yang saat ini perkembangan juga sangat cepat dan kita juga di tuntut untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan zaman .

 
Berita Terpopuler