14 Kesalahan VAR di Liga Inggris yang Memantik Kontroversi, Terbaru Gol Liverpool Dianulir

Gol pemain Liverpool Luis Diaz ke gawang Tottenham yang sah dinyatakan offside.

AP Photo/Alberto Pezzali
Laga Tottenham Hotspur vs Liverpool yang diwarnai kontroversi VAR.
Rep: Fitriyanto Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video Assistant Referees (VAR) telah ada di Liga Primer Inggris sejak awal musim 2019/2020. Sejak diberlakukan, VAR jauh dari kata sepi kontroversi. Sebab, sejumlah kesalahan sejak saat itu hingga sekarang masih terus terjadi.

Baca Juga

Tidak ada teknologi yang bisa 100 persen akurat, terutama dalam kasus VAR ketika beberapa aturan permainan sangat bergantung pada interpretasi manusian. Dengan demikian, orang-orang yang bertanggung jawab atas teknologi ini telah membuat beberapa kesalahan besar selama bertahun-tahun.

Beikut 14 kesalahan yang dilakukan oleh VAR sehingga badan pengatur wasit sepak bola Inggris, PGMOL, harus mengeluarkan permintaan maaf secara resmi, dikutip dari Planet Football, Senin (2/10/2023)

Crystal Palace 3-1 Aston Villa (Agustus 2022)

Permintaan maaf pertama datang setelah Andy Madley memberikan penalti untuk handball terhadap Lucas Digne dari Aston Villa, setelah awalnya melambaikan tangan untuk melanjutkan permainan. Madley berubah pikiran setelah menyaksikan rekaman di monitor sisi lapangan yang kemudian dinilai sebagai sebuah kesalahan.

Chelsea 2-1 West Ham (September 2022)

The Hammers gagal mencetak gol penyeimbang di menit-menit akhir setelah Jarrod Bowen dihukum secara tidak tepat atas pelanggarannya terhadap kiper Chelsea, Edouard Mendy.

"Itu keputusan yang memalukan, benar-benar busuk dari salah satu wasit yang seharusnya elite," kata David Moyes kepada Sky Sports setelah pertandingan. "Tidak banyak yang bisa dikatakan tentang siapa pun yang mengirimnya dari VAR juga. Itu adalah keputusan yang sulit dipercaya terhadap kami."

Newcastle 0-0 Crystal Palace (September 2022)

Tyrick Mitchell dari Crystal Palace diselamatkan oleh VAR pada kesempatan ini setelah gol bunuh dirinya dianulir setelah pemain Newcastle Joe Willock secara keliru dianggap menghalangi Vicente Guaita.

Manchester United 3-1 Arsenal (September 2022)

Arsenal dapat menganggap diri mereka tidak beruntung dalam pertandingan ini setelah gol Gabriel Martinelli dianulir setelah VAR secara tidak tepat menganggap bahwa Martin Odegaard melakukan pelanggaran terhadap Christian Eriksen dalam situasi bola mati.

"Menurut saya, itu bukan pelanggaran," kata Odegaard kepada Sky Sports. "Wasit melihatnya dan melanjutkan permainan. Itu adalah tantangan yang lembut dan agar VAR bisa masuk, itu harus jelas dan nyata. Itu sudah sering dikatakan berkali-kali."

 

Fulham 3-0 Aston Villa (Oktober 2022)

Douglas Luiz secara tidak sengaja diusir dari lapangan saat melawan Aston Villa, karena ia dianggap melakukan pelanggaran. Namun, saat menonton kembali rekaman ulang, terlihat jelas bahwa Aleksandar Mitrovic adalah pelaku yang sebenarnya, yang tidak terlihat oleh VAR.

Nottingham Forest 2-2 Brentford (November 2022)

Andre Marriner diinstruksikan untuk pergi ke monitor di pinggir lapangan untuk meninjau Dean Henderson yang keluar untuk menutup Yoane Wissa. Meskipun sang penjaga gawang Forest jelas-jelas lebih dulu menyentuh bola, Marriner tetap memutuskan untuk memberikan penalti.

"Perasaan saya tentang penalti dan VAR adalah, jika yang dia berikan ke gawang kami adalah penalti, maka dia harus memberikan empat penalti dalam pertandingan," kata Steve Cooper kepada wartawan setelah pertandingan.

"Dan hanya karena dia melihat ke layar, bukan berarti dia harus memberikan penalti. Jika dia harus melihat yang satu itu, dia harus melihat tiga lainnya. Dia harus melakukannya."

Aston Villa 3-1 Man Utd (November 2022)

Digne mencetak gol tendangan bebas yang luar biasa untuk Aston Villa, meskipun kemudian terungkap bahwa dia diberi keuntungan yang tidak adil. Sebuah tinjauan pasca pertandingan menemukan bahwa tembok United diatur terlalu jauh ke belakang, memberikan pemain asal Prancis itu keuntungan yang tidak adil.

Brighton 2-1 Liverpool (Februari 2023)

Pemain Liverpool, Fabinho, berhasil lolos dari hukuman pada pertandingan ini setelah ia hanya mendapatkan kartu kuning untuk sebuah tantangan keras terhadap pemain Brighton, Evan Ferguson.

"Saya tidak mengerti bagaimana wasit VAR Neil Swarbrick bisa mengatakan itu bukan kartu merah," kata Glenn Murray kepada ITV. "Itu adalah tantangan yang mengerikan. Anda bisa lihat dari reaksi sang pemain, dia tahu itu adalah kartu merah."

Crystal Palace 1-1 Brighton (Februari 2023)

John Brooks menarik garis offside di tempat yang salah saat bertugas di VAR dan menganulir gol Pervis Estupinan, meskipun bek sayap Brighton itu berada dalam posisi onside.

"Garis yang ditarik di ruang VAR untuk menentukan apakah Pervis berada dalam posisi offside ditarik dengan tidak tepat, dan gol seharusnya tetap terjadi," demikian pernyataan klub Brighton. "Meskipun sangat kecewa dengan kesalahan tersebut, klub telah menerima permintaan maaf dari PGMOL dan tidak akan memberikan komentar lebih lanjut."

 

Arsenal 1-1 Brentford (Februari 2023)

Pada akhir pekan yang sama ketika VAR mengacaukan keputusan offside dalam pertandingan Crystal Palace, hal yang sama terjadi pada Arsenal. Lee Mason gagal melihat Christian Norgaard dalam posisi offside sebelum gol penyeimbang yang dicetak Ivan Toney.

"Yang benar adalah bahwa VAR tidak sepenuhnya menyelidiki dengan garis-garis," kata mantan wasit Chris Foy kepada Daily Mail. "Garisnya, secara sederhana, tidak turun. Dan itu dianggap sebagai kesalahan manusia. Seandainya garis itu turun, gol itu akan dianulir karena offside."

Everton 0-1 Man City (Februari 2023)

Everton tidak mendapatkan hadiah penalti setelah VAR gagal melihat handball yang dilakukan oleh Rodri dari Man City. Baik Paul Tierney yang bertugas sebagai wasit maupun Chris Kavanagh yang menggunakan VAR gagal melihat pelanggaran tersebut.

Tottenham 2-1 Brighton (April 2023)

Howard Webb, kepala wasit PGMOL, meminta maaf kepada Brighton setelah VAR gagal memberi tim asuhan Roberto De Zerbi hadiah penalti setelah Pierre-Emile Hojbjerg melakukan pelanggaran terhadap Kaoru Mitoma di dalam kotak penalti.

Man Utd 1-0 Wolves (Agustus 2023)

Andre Onana berhasil lolos setelah Jonathan Moss gagal menginstruksikan wasit di lapangan Simon Hooper untuk memeriksa monitor di pinggir lapangan untuk melihat potensi pelanggaran yang dilakukan oleh penjaga gawang United.

"Kami baru saja berbicara dengan Jon Moss dan fair play untuknya karena dia langsung meminta maaf dan mengatakan itu adalah penalti yang terang-terangan dan seharusnya diberikan," kata Gary O'Neil kepada Sky Sports.

Tottenham 2-1 Liverpool (September 2023)

Bisa dibilang ini adalah kesalahan terbesar dari VAR sejauh ini. Gol Luis Diaz dianulir karena offside, meskipun jelas-jelas berada dalam posisi onside. VAR gagal melakukan intervensi karena kesalahan manusia dan Liverpool akhirnya kalah di menit ke-96.

Sebuah pernyataan dari PGMOL berbunyi:"Gol dari Luis Diaz dianulir karena offside oleh tim ofisial pertandingan di lapangan. Ini adalah kesalahan faktual yang jelas dan nyata dan seharusnya gol tersebut diberikan melalui intervensi VAR, namun, VAR gagal melakukan intervensi. PGMOL akan melakukan peninjauan penuh terhadap situasi yang menyebabkan kesalahan tersebut." 

 
Berita Terpopuler