9 Gaya Hidup Nabi Muhammad Ini Terbukti Sehat Secara Ilmiah

Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun dengan adzan Subuh setiap hari.

Republika.co.id
Nabi Muhammad
Rep: Rossi Handayani Red: Ani Nursalikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad ﷺ senantiasa menjalankan hidup sehat selama masa hidupnya. Bahkan temuan ilmiah modern telah membuktikan beberapa kebiasaan Nabi Muhammad ﷺ merupakan gaya hidup yang sehat.

Baca Juga

Dilansir dari Muslim Village, Jumat (29/9/2023), berikut adalah beberapa kebiasaan sehat Nabi Muhammad SAW. Ini sejalan dengan temuan penelitian ilmiah modern tentang makan sehat.

1. Bangun Pagi

Nabi Muhammad tidur lebih awal dan bangun dengan adzan Subuh setiap hari. Menjadi orang yang bangun pagi secara ilmiah berkorelasi dengan produktivitas yang lebih baik, serta kesehatan mental yang lebih baik secara umum. Jadi, bangun pagi mungkin sulit, tetapi dengan langkah kecil, meskipun Anda baru bangun 15 menit lebih awal, Anda dapat mulai meningkatkan kualitas hidup Anda.

2. Makan Lebih Sedikit

Praktik makan lebih sedikit untuk mencegah penyakit ditekankan oleh Nabi Muhammad ﷺ, dan kini banyak didukung oleh sains di kemudian hari. Konsep Islam 'sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk cairan, dan sepertiga untuk napas' sangat mirip dengan konsep Jepang 'hara hachi bu', yang berarti makan sampai kenyang 80 persen.

3. Makan Perlahan

Sekarang kita tahu tubuh memerlukan waktu 20 menit untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa ia sudah kenyang. Makan perlahan akan membantu Anda makan lebih sedikit dan meningkatkan pencernaan Anda, dan ini adalah praktik yang dilakukan Nabi Muhammad dan sangat dianjurkan. 

4. Makan dengan Penuh Perhatian

‘Makan bersama-sama dan tidak terpisah-pisah, karena keberkahannya dikaitkan dengan kebersamaan’. Nabi menekankan hal ini, dan saat ini berbagi dan menikmati makanan telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan hubungan keluarga dan romantis, serta membangun kebiasaan makan yang sehat pada anak.

5. Air

‘Jangan minum air dalam satu tarikan napas, tetapi minumlah dalam dua atau tiga tarikan napas’, itulah cara Nabi Muhammad ﷺ meminum air.  Ilmu pengetahuan saat ini membuktikan ketika seseorang minum terlalu banyak air dalam waktu singkat, mereka dapat mengalami sakit kepala, ketidakseimbangan kadar elektrolit darah, dan terkadang juga pusing. Minum perlahan membantu Anda menyerap cairan dan mendapatkan manfaat maksimal darinya.

6. Delima

Delima dianggap sebagai buah favorit Nabi Muhammad. Penelitian ilmiah modern telah membuktikan buah delima merupakan salah satu makanan paling sehat di muka bumi.

Mereka mengandung mangan, yang membantu pembentukan struktur tulang selama proses metabolisme, dan potasium, yang membantu menjaga fungsi sel dan menjaga keseimbangan kadar cairan. Mereka juga kaya akan flavonoid dan polifenol, antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit jantung.

7. Puasa

Bukti terbaru menunjukkan tidak hanya makanan yang dimakan, namun waktu dan pola makan kita juga mempunyai dampak besar terhadap kesehatan. Puasa adalah praktik rutin dalam kehidupan Nabi Muhammad ﷺ, tidak hanya selama bulan Ramadhan. 

Beliau berpuasa hingga Maghrib setiap Senin dan Kamis, serta pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulannya. Hal ini serupa dengan praktik puasa intermiten yang telah terbukti menyeimbangkan kadar hormon, mencegah stres oksidatif, dan mengurangi peradangan secara keseluruhan. Jika dipikir-pikir, semakin sedikit makanan yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda, semakin sedikit fokusnya pada pencernaan dan semakin fokusnya pada penyembuhan penyakit tertentu!

8. Kurma

Kurma adalah makanan yang tepat untuk berbuka puasa karena dapat menstabilkan kadar gula darah, menyeimbangkan kembali kadar elektrolit darah, dan membantu melancarkan sistem pencernaan dalam mempersiapkan makanan. Nabi Muhammad ﷺ juga menganjurkan kurma untuk dimakan menjelang persalinan. Kurma kini terbukti meningkatkan produksi oksitosin dalam tubuh dan mempercepat proses persalinan.

9. Tetap Aktif

Memenuhi tiga dari lima rukun Islam mengharuskan umat Islam memiliki kesehatan dan kebugaran yang baik. Sholat merupakan salah satu bentuk olah raga yang memerlukan pergerakan otot dan persendian tubuh.

Kesehatan yang baik juga diperlukan jika Anda berniat berpuasa atau mengikuti ibadah haji. Nabi Muhammad ﷺ sangat menganjurkan latihan fisik dan memerintahkan orang tua mendorong aktivitas fisik pada anak-anak mereka dengan mengajari mereka berenang, berkuda, dan memanah.

Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler