Panik Dirudal Pejuang Palestina, Tank Israel Bunuh Lima Tentara Sendiri

Pasukan IDF terus diserang pejuang Palestina di utara Jalur Gaza.

EPA-EFE/ATEF SAFADI
Tank Israel di lokasi berkumpul di perbatasan selatan Israel dengan Jalur Gaza dekat Rafah, 25 April 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Markas pasukan penjajahan Israel (IDF) mengumumkan kematian lima tentara mereka di Jabaliya pada Rabu (15/4/2024). Menurut media-media Israel, tank-tank Israel itu melepaskan tembakan ke markas komando sendiri setelah digempur roket-roket pejuang Palestina.

Baca Juga

Jerusalem Post lansir penyelidikan awal IDF menyatakan bahwa sebuah tank yang beroperasi bersama pasukan terjun payung di kamp Jabaliya menembakkan dua peluru ke sebuah bangunan tempat mereka berkumpul sekitar pukul 19.00, Rabu malam.

Pasukan tank telah tiba di kawasan tersebut pada pagi hari, dan beberapa jam kemudian, pasukan terjun payung mencapai kawasan tersebut dan mendirikan pos di salah satu gedung di sana. Sore harinya, sekelompok pasukan terjun payung lainnya mencapai daerah tersebut dan memberi tahu dua tank di sana bahwa mereka memasuki gedung.

Mengetahui kedatangan pasukan penjajah, para pejuang Palestina langsung melancarkan serangan. Tank-tank tersebut dikatakan berada di bawah tekanan ekstrem akibat puluhan serangan granat berpeluncur roket di daerah tersebut.

Semua bukaan pada tank, termasuk kanopi di bagian atas, diperintahkan untuk tetap tertutup untuk menghindari lubang atau kerentanan terhadap serangan RPG. Pasukan tank kemudian mengidentifikasi laras senapan dari salah satu jendela gedung dan yakin itu adalah pasukan musuh, sehingga mereka menembakkan dua peluru.

Walhasil, lima tentara IDF tewas seketika dan tujuh lainnya luka parah. Semua prajurit bertugas di Batalyon 202 Brigade Pasukan Terjun Payung. Hal ini, pada gilirannya, membatasi visibilitas tank.

Unit Tank 202 merupakan unit terpadu Haredi, dan para prajurit mengatakan bahwa mereka melihat potensi ancaman muncul dari markas batalion yang hanya berjarak 10-20 meter dari mereka.

Tidak jelas mengapa mereka tidak mengakui markas batalyon tersebut. Namun, IDF mengatakan bahwa tank-tank tersebut telah mengambil alih persimpangan di Jabalia sekitar pukul 09.00 dan wakil komandan markas besar Batalyon baru tiba beberapa jam kemudian.

IDF pada hari Kamis merilis nama-nama lima tentara yang tewas dalam insiden itu. Di antara yang tewas adalah satu perwira berpangkat kapten yakni Kapten Roy Beit Yaakov (22 tahun), seorang perwira tempur di Batalyon 202, Brigade Pasukan Terjun Payung.

Sebelumya, pada Rabu diumumkan sedikitnya 20 tentara IDF dilaporkan tewas...

Sebelumya, pada Rabu diumumkan sedikitnya 20 tentara IDF dilaporkan tewas dan terluka akibat jebakan yang dipasang pejuang Palestina di sebuah bangunan di kamp Jabaliya di Jalur Gaza utara. Sementara Brigade Izzuddin al-Qassam mengeklaim berhasil menewaskan 12 tentara Israel.

Perkembangan ini sehubungan laporan media Israel soal insiden yang menimpa Divisi 98, yang saat ini aktif di kamp Jabaliya. Mereka mencatat timbulnya kematian meski belum ada pernyataan resmi dari markas IDF. 

Aljazirah Arabia melaporkan helikopter Israel mendarat di timur kamp Jabalia untuk mengangkut tentara Israel yang terluka dan mungkin tewas. Menurut media Israel, rumah sakit Israel menangani sejumlah besar warga Israel yang terluka dan tewas akibat pertempuran sengit yang terjadi di Jalur Gaza.

 

Pada Rabu, faksi-faksi perlawanan Palestina mengumumkan serangkaian operasi, beberapa di antaranya dilakukan secara bersama-sama. DI antara operasi itu termasuk penyergapan, penembakan tentara, dan penargetan kendaraan yang menyerang kamp Jabaliya di utara dan timur Rafah di selatan, yang mengakibatkan kematian dan cederanya tentara Israel.

 
Berita Terpopuler