Saling Berbalas Gol, Arema FC dan Persib Bandung Harus Puas Berbagi Poin

Arema bermain imbang 3-3 kontra Persib pada pekan kedua Liga 1.

Twitter Persib Bandung
Ciro Alves, penyerang Persib Bandung.
Rep: Reja Irfa WIdodo Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, GIANYAR -- Arema FC dan Persib Bandung harus rela berbagi satu angka pada pekan kedua Liga 1 musim 2023/2024, Jumat (7/7/2023) malam WIB. Tampil di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, kedua tim menutup pertandingan dengan skor imbang 3-3.

Baca Juga

Dengan hasil ini, kedua tim sama-sama belum berhasil meraih kemenangan di pentas Liga 1 musim ini. Di laga sebelumnya, pekan lalu, Arema FC menelan kekalahan, 0-1, dari Dewa United, sementara Persib Bandung ditahan imbang Madura United, 1-1.

Arema FC sementara di posisi 14, sedangkan Persib di peringkat tujuh. Namun posisi kedua tim berpeluang besar tergusur.

Jalannya Pertandingan

Belum genap 10 menit laga berjalan, dua gol sudah tercipta di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Penyerang Arema FC, Gustavo Almeida, mampu mengejutkan lini belakang tim tamu. Penyerang anyar Arema FC itu merobek gawang Persib Bandung, yang dikawal Teja Paku Alam, pada menit keenam.

Namun, keunggulan Singo Edan, julukan Arema FC, hanya bertahan selama empat menit. Sodoran umpan Beckham Putra mampu dimaksimalkan Ciro Alves. Winger asal Brasil itu melepaskan kaki kanan di dalam kotak penalti tanpa bisa dihalau kiper Arema FC, Teguh Amirudin.

Keberhasilan menyamakan kedudukan ini membuat para penggawa Persib Bandung tampil lebih agresif. Tim besutan Luis Milla itu terlihat mampu menguasai pertandingan dan terus mencoba membongkar pertahanan tim tuan rumah. Namun, Arema FC, yang berstatus tuan rumah di laga ini, justru mampu kembali unggul.

Almeida berhasil menyambut bola umpan lambung di sisi kiri pertahanan Persib. Mantan penyerang klub asal Kuwait, Al Nasr, itu kemudian langsung merangsek ke dalam kotak penalti. Bek Persib Bandung, Alberto Rodriguez, kedapatan menarik tangan Almeida di dalam kotak penalti.

 

Aksi itu diganjar wasit dengan kartu kuning buat Rodriguez sekaligus berbuah hadiah penalti buat Singo Edan. Almeida dengan tenang menaklukan Paku Alam dalam eksekusi tendangan 12 pas. Gol kedua Almeida di laga itu membawa Singo Edan kembali unggul saat laga memasuki menit ke-17.

Seperti halnya saat tertinggal di kesempatan pertama, Persib Bandung kembali berusaha mengendalikan permainan via penguasaan bola. Tim besutan Luis Milla itu dengan sabar membongkar dan mencari celah di pertahanan lawan. Upaya ini akhirnya berbuah maksimal saat laga memasuki menit ke-38.

Maung Bandung, julukan Persib Bandung, menyamakan kedudukan via gol David Da Silva. Menerima sodoran umpan dari Beckham Putra dari depan kotak penalti, Da Silva bisa menemukan ruang di sebelah kiri kotak penalti. 

Meski dibayang-bayangi barisan pemain bertahan Arema FC, Da Silva masih melepaskan sepakan mendatar. Bola sepakan penyerang berusia 33 tahun itu bergulir ke pojok kanan bawah gawang tim besutan Joko Susilo tersebut. Skor, 2-2, bertahan hingga babak pertama usai.

Situasi permainan tidak terlalu banyak berubah pada awal babak kedua. Persib Bandung masih mengendalikan permainan via penguasaan bola dan terus menekan, sementara Arema FC cenderung memanfaatkan serangan balik cepat. Tim tamu akhirnya bisa berbalik unggul.

Ciro Alves mencetak gol keduanya di laga ini, tepatnya pada menit ke-54. Winger berusia 34 tahun itu lolos dari jebakan offside para pemain bertahan Arema FC. Menerima umpan dari Marc Klok, Silva langsung merangsek ke dalam kotak penalti dan berhadapan dengan Amiruddin. Silva menutup aksinya ini dengan tendangan mendatar ke arah gawang.

Keberhasilan Persib Bandung berbalik unggul memaksa Arema FC untuk mengubah pendekatan di laga ini. Tim besutan Joko Susilo itu mulai keluar dari tekanan Persib Bandung dan mengambil alih kendali laga. Serangan Singo Edan kerap berawal dari aksi-aksi Charles Lokolingoy dan Pablo Lucero.

 

Begitu pula...

Begitu pula dengan tusukan yang dilakukan Almeida. Namun, lini belakang Persib Bandung masih mampu tampil solid dalam meredam serangan tim tuan rumah. Pun dengan penampilan disiplin para gelandang Persib Bandung. Kendati begitu, Arema FC bisa menyamakan kedudukan.

Almeida mencetak gol ketiga di laga ini via eksekusi tendangan penalti pada menit ke-88. Hadiah tendangan penalti buat Arema FC ini buntut dari pelanggaran Teja Paku Alam terhadap Lokolingoy, yang berawal dari sundulan backpass salah satu pemain Persib Bandung.

Untuk kedua kalinya di laga ini, Almeida berhasil mengecoh Paku Alam dalam eksekusi penalti. Dengan gol ini, Almeida tercatat menjadi pemain pertama yang mampu mencetak hattrick di pentas Liga 1 musim ini.

Arema FC sebenarnya meiliki peluang emas untuk kembali unggul. Menyusul serangan balik cepat, Dedik Setiawan tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Teja Paku Alam. Namun, bola hasil sepakan Dedik masih melebar di sisi kanan gawang tim tamu. Laga kedua pada pekan kedua Liga 1 musim ini tersebut akhirnya berakhir dengan kedudukam imbang, 3-3.

 
Berita Terpopuler