Anda Bisa Melihat Bintik Matahari 7 Kali Lebih Luas dari Bumi, Tetapi Awas Buta

Pastikan Anda memakai kacamata surya menggunakan filter khusus.

network /Ilham Tirta
.
Rep: Ilham Tirta Red: Partner

Bintik matahari raksasa AR3354, tujuh kali lebih lebar dari Bumi, terlihat dengan mata telanjang saat melintasi matahari, tetapi pengamat harus melindungi mata mereka. Gambar: NASA/ SDO/ Bum-Suk Yeom

ANTARIKSA -- Bintik matahari besar tujuh kali lebih luas dari Bumi saat ini bisa terlihat dengan mata telanjang. Namun para pengamat langit harus ingat untuk melindungi mata mereka jika ingin melihat sekilas fitur tersebut sebelum menghilang.

Bintik gelap yang luar biasa di matahari, yang diberi nama AR3354, akan menghilang pada hari Ahad, 2 Juli 2023, berputar keluar dari pandangan Bumi. Menurut SpaceWeather.com, bintik matahari baru saja muncul pada Senin, 26 Juli 2023, dan telah berkembang pesat sejak saat itu.

Di Twitter, fisikawan matahari Keith Strong membagikan video yang menakjubkan dari bintik matahari saat melintasi permukaan matahari. Strong menulis: 'Wilayah bintik matahari yang baru diberi nomor, AR3354, telah berkembang pesat dalam 24 jam terakhir. Dua hari yang lalu, bahkan tidak ada, sekarang memiliki bintik yang lebih besar dari Bumi. Jika laju pertumbuhan ini berlanjut, kita harus mulai melihat beberapa suar besar dari itu.'

Seperti yang tersirat dari Strong, selain bertambah besar, bintik matahari juga bertambah intensitasnya. SpaceWeather.com menambahkan, AR3354 telah mengembangkan medan magnet gamma yang dapat menghasilkan semburan matahari yang kuat. National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) AS memperkirakan 40 persen kemungkinan jilatan api matahari berukuran sedang atau kelas M akibat AR3354 pada Rabu, 28 Juli 2023.

Mengikuti ramalan suar surya, Strong memotret suar kelas-M dengan detail yang menakjubkan saat meletus keluar dari AR3354, juga membagikan rekamannya di akun Twitter-nya. Peramal NOAA menambahkan ada juga peluang 10 persen dari kelas suar surya terbesar, suar X, pada hari Rabu.

Letusan dapat mempengaruhi Bumi, karena bintik matahari saat ini sedang mengarah ke planet kita. Menurut Badan Antariksa Eropa (ESA), suar kelas-M dapat mengakibatkan pemadaman radio singkat yang memengaruhi wilayah kutub Bumi dan dapat memicu badai radiasi kecil. Suar kelas X, di sisi lain, adalah peristiwa besar yang dapat menyebabkan pemadaman radio di seluruh dunia dan badai radiasi yang bertahan lama di atmosfer bagian atas.

Bintik matahari adalah hasil aktivitas medan magnet yang kuat di permukaan matahari, yang dikenal sebagai fotosfer. Hal ini dapat menyebabkan tidak hanya flare tetapi juga coronal mass ejections (CMEs), aliran besar material bintang. Namun, pada saat penulisan, AR3354 belum meluncurkan CME.

Meskipun ukurannya luar biasa, bintik matahari baru ini tidak mungkin menyebabkan aktivitas sehebat badai matahari paling intens yang pernah tercatat, yang disebut Peristiwa Carrington.

Pada 1 September 1859, beberapa bintik matahari, yang diperkirakan secara kolektif berada di sekitar lebar Jupiter, meledakkan CME yang menyebabkan kilatan putih terang. Itu berlangsung sekitar lima menit dan membutakan astronom amatir Richard Carrington, beberapa waktu setelah kejadian itu.

Jangan mengikuti jejak Carrington dan membuat mata Anda rusak. Jika Anda berniat melihat bintik matahari yang besar, Anda harus menggunakan kacamata surya, kacamata gerhana, atau jenis pelindung mata bersertifikat lainnya. Dan sebelum menggunakan perlengkapan seperti itu, Anda harus memeriksanya apakah ada goresan. Kenakan kacamata sebelum melihat matahari dan lihat ke arah lain sebelum Anda melepasnya, karena paparan sinar matahari yang singkat sekalipun dapat merusak mata Anda secara permanen. Sumber: Space.com

 
Berita Terpopuler