Mahasiswa Telkom University yang Hilang Ditemukan di Garut

Mahasiswa bernama Putu Arjuna itu dikabarkan hilang sejak 5 Juni 2023.

Republika/M Fauzi Ridwan
Gede Karmawan, orang tua Putu Arjuna Nugraha Eka Wana, mahasiswa Telkom University yang dikabarkan hilang, memberikan keterangan, Rabu (14/6/2023).
Rep: Muhammad Fauzi Ridwan Red: Irfan Fitrat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Putu Arjuna Nugraha Eka Wana (20 tahun), mahasiswa Telkom University Bandung yang sebelumnya dilaporkan hilang, kini sudah ditemukan. Berdasarkan informasi dari polisi, Putu Arjuna ditemukan di Rancabuaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Rabu (21/6/2023) malam.

Baca Juga

Putu Arjuna dilaporkan hilang sejak Senin (5/6/2023). “Alhamdulillah, tadi malam sekitar pukul 21.00 WIB Saudara Putu telah ditemukan dalam keadaan sehat. Lokasinya di Rancabuaya, Kabupaten Garut,” ujar Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Bandung Kompol Oliestha Ageng Wicaksana di Markas Polresta Bandung, Kamis (22/6/2023).

Oliestha mengatakan, Putu Arjuna diperiksa kondisi kesehatannya sebelum dikembalikan kepada pihak keluarga. Pemeriksaan kesehatan dilakukan karena mahasiswa tersebut dilaporkan hilang berhari-hari. “Kita cek kesehatannya dan dikembalikan ke keluarga dalam keadaan sehat walafiat,” kata dia.

Menurut Oliestha, berdasarkan informasi yang dikumpulkan sementara ini, mahasiswa tersebut sedang mengalami permasalahan. Ia tidak mengungkap lebih jauh detail permasalahannya.

“Dari hasil penyelidikan kemarin ada kondisi yang mengakibatkan yang bersangkutan berusaha untuk menjauh dari keluarga dan lain-lain,” ujar Oliestha. 

Keluarga menunggu kabar Putu

Keluarga Putu Arjuna sebelumnya terkejut mendapat kabar anaknya yang dilaporkan hilang. Keluarga Putu berada di Kalimantan. Hilangnya Putu Arjuna kemudian dilaporkan ke Polresta Bandung. Pihak keluarga juga berupaya melakukan pencarian.

“Kami harapkan Arjuna bisa kumpul kembali dengan kami, siap memulai hidup baru. Tidak usah takut. Apa pun yang sudah terjadi, sudah kami maafkan, yang penting Putu kumpul dan pulang dengan kami,” ujar ayah Putu Arjuna, Gede Karmawan, di Markas Polresta Bandung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/6/2023).

 

 

Saat itu, Gede menjelaskan, Putu Arjuna terakhir kali berkomunikasi dengan keluarga pada Ahad (4/6/2023). Putu Arjuna disebut sempat mengucapkan selamat ulang tahun pernikahan kepada orang tuanya.

Kemudian pada Senin (5/6/2023) Gede terkejut ketika mendapat kabar anaknya tak kunjung pulang. Kabar itu didapat dari teman satu kamar Putu Arjuna di asrama. “Temannya mengabari saya melalui chat WA bahwa Arjuna sejak malam Senin sampai Senin siang, sekitar jam 11-an, belum pulang,” ujarnya.

 

Putu Arjuna Nugraha Eka Wana, mahasiswa Telkom University yang dikabarkan hilang. - (Republika/M Fauzi Ridwan)

 

Sinyal ponsel

Sinyal ponsel Putu Arjuna dikabarkan sempat terdeteksi di sejumlah lokasi. Berdasarkan informasi yang didapat pihak keluarga, sinyal ponsel Putu Arjuna sempat terdeteksi di dua lokasi wilayah Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. “Terdeteksi (sinyal ponsel) di Perumahan Bumi Siliwangi dan SMKN 2,” kata ibu kandung Putu Arjuna, Septriyana, saat dihubungi, Ahad (18/6/2023).

Berdasarkan informasi sinyal ponsel itu, menurut Septriyana, tim gabungan langsung berusaha melakukan pencarian. Namun, Putu Arjuna masih belum ditemukan. “Kami mencoba lagi (pencarian) di Baleendah, muter, kurang lebih 6,5 kilometer,” ujar dia. 

Sebelumnya ada kabar juga orang yang diduga Putu Arjuna sempat terlihat di kawasan sekitar Sungai Citarum wilayah Manggahang, Baleendah, Kabupaten Bandung. Menurut Septriyana, tim gabungan pun melakukan pencarian di sekitar sungai, tetapi belum ada hasil.

Bersama tim gabungan, Septriyana mengatakan, upaya pencarian Putu Arjuna akan terus dilakukan. Termasuk ketika ada informasi berdasarkan sinyal ponsel. “Kita berusaha mencari di situ, selalu kita pantau,” ujar dia.

 
Berita Terpopuler