Mendadak tak Bisa Mendengar? Jangan Abaikan, Segera ke Dokter!

Gangguan pendengaran bisa terjadi secara mendadak pada satu telinga.

EPA/balazs Mohai
Pemeriksaan telinga (ilustrasi). Gangguan pendengaran di satu telinga dapat berkembang dengan cepat.
Rep: Desy Susilawati Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah potensi penyebab gangguan pendengaran hanya pada satu telinga. Itu bisa terjadi akibat penyakit meniere, neuroma akustik, infeksi virus atau bakteri, kerusakan fisik pada telinga dan trauma kepala, gangguan sistem peredaran darah, dan kelainan genetik atau keturunan.

Terkadang, penyebab tidak dapat diidentifikasi atau karena kombinasi beberapa faktor. Dilansir laman Healthy Hearing, Senin (15/5/2023), gangguan pendengaran di satu telinga dapat berkembang dengan cepat.

Cepatlah mengambil tindakan jika Anda atau orang yang Anda cintai mengalami gangguan pendengaran mendadak dengan tingkat keparahan apa pun. Saat berkembang, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa Anda memiliki "pendengaran ganda", yang dikenal sebagai diplacusis.

 

 

 

 

Anda harus selalu mencari perawatan medis secepatnya jika mengalami gangguan pendengaran mendadak. Semakin cepat mencari pengobatan, semakin besar peluang untuk sembuh total.

Ketika pendengaran tidak dapat diperbaiki dengan perawatan medis, sering terjadi ketulian satu sisi. Itu terjadi sekitar 15 persen dari kasus.

Baca Juga

Untuk orang dengan gangguan pendengaran ringan hingga sedang, alat bantu dengar mungkin diperlukan untuk memperkuat suara yang tidak dapat Anda dengar. Ketulian satu sisi yang parah hingga sangat parah sering bersifat permanen, tetapi terkadang dapat diobati dengan alat yang dikenakan di telinga.

Sebelumnya, audiolog akan melakukan tes pendengaran. Audiolog mengajukan pertanyaan untuk mencoba dan mengidentifikasi penyebab gangguan pendengaran Anda.

 
Berita Terpopuler