Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

Doa iftitah dibaca pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Ilustrasi sholat berjamaah. Foto: Dok. Republika

MAGENTA -- Dalam setiap sholat, umat Muslim membaca doa iftitah. Doa iftitah dibaca pada rakaat pertama setelah takbiratul ihram atau mengangkat kedua tangan serta membaca Allahu Akbar.

Berikut ini bacaan doa iftitah, dikutip dari buku Panduan Shalat Praktis & Lengkap oleh Ust. Syaifurrahman El-Fati terbitan Wahyu Qolbu.

BACA JUGA: Niat dan Doa Sholat Witir Beserta Tata Caranya

.

.

Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

للهُ اَكْبَرُ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلّهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا. اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْاَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ. لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Allaahu akbar kabiira wal hamdu lillaahi katsiraa wa subhaanallaahi bukrataw wa ashiilaa. Innii wajjaahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha hanii- fam muslimaw wa maa ana minal musyrikiin. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi rabbil 'aalamiin. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin.

Artinya:

"Allah Mahabesar lagi Sempurna Kebesaran-Nya. Sega- la puji bagi Allah dan Mahasuci Allah sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku semua hanya untuk Allah, Tuhan seru sekalian alam. Tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya. Dan aku dari golongan orang muslimin."

BACA JUGA:

Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Bacaan Doa Sesudah Wudhu, Lengkap dengan Niatnya

Bacaan Wirid Sesudah Sholat Fardhu Lengkap

Bacaan Niat Sholat 5 Waktu Lengkap dengan Latin dan Arti

Resep Herbal Prof Hembing: Mengobati Jerawat dengan Temulawak dan Kunyit

 
Berita Terpopuler