Doa Masuk Pasar, Arab, Latin dan Terjemahannya

Untuk menghindari dari keburukan, umat Islam dianjurkan membaca doa sebelum masuk pasar.

network /Ani Nursalikah
.
Rep: Ani Nursalikah Red: Partner

Aktivitas di pasar tradisional. Doa Masuk Pasar, Arab, Latin dan Terjemahannya. Foto: Republika/Wihdan Hidayat

MAGENTA -- Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita sering kali harus berbelanja di pasar. Namun, tahukah kamu?

Ternyata pasar adalah tempat yang paling dibenci Allah SWT. Allah membenci pasar, karena keburukan yang dilakukan di dalam pasar, baik dari segi perniagaan maupun komunikasi antarsesama.

Pasar adalah tempat segala jenis transaksi terjadi. Tidak jarang terdapat hal-hal buruk yang terjadi di pasar.

.

.

Dikutip dari NU Online, perlu pemahaman yang lebih bijak tentang maksud, “Pasar adalah tempat yang dimurkai Allah.” Tidak ada yang salah dengan aktivitas niaga di pasar.

Mengenai keutamaan masjid dibanding pasar tersebut, Imam An-Nawawi memaparkan dalam Syarah Shahih Muslim berikut:

قَوْلُهُ أَحَبُّ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ مَسَاجِدُهَا لِأَنَّهَا بُيُوتُ الطَّاعَاتِ وَأَسَاسُهَا عَلَى التَّقْوَى قَوْلُهُ وَأَبْغَضُ الْبِلَادِ إِلَى اللَّهِ أَسْوَاقُهَا لِأَنَّهَا مَحَلُّ الْغِشِّ وَالْخِدَاعِ وَالرِّبَا وَالْأَيْمَانِ الْكَاذِبَةِ وَإِخْلَافِ الْوَعْدِ وَالْإِعْرَاضِ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَغَيْرِ ذَلِكَ مِمَّا فِي مَعْنَاهُ

Artinya, “Nabi bersabda, ‘tempat yang paling dicintai Allah adalah masjid’ karena masjid merupakan tempat ketaatan, dan didirikan atas dasar ketakwaan. Sedangkan kalimat ‘tempat yang paling Allah benci adalah pasar’, karena di pasar adalah tempat tipu-tipu, riba, janji-janji palsu, dan mengabaikan Allah, serta hal serupa lainnya,” (Lihat Imam An-Nawawi, Syarah An-Nawawi ‘ala Sahih Muslim, [Beirut, Daru Ihyait Turats Al-Arabi: 1392 H).

Melalui keterangan Imam An-Nawawi di atas, dapat dipahami masjid itu mulia karena perilaku orang di dalamnya, demikian halnya di pasar, ia menjadi tempat yang tidak disukai Allah karena hal yang dilakukan di sana.

Untuk menghindari dari keburukan di pasar, umat Islam dianjurkan membaca doa sebelum masuk pasar. Berikut doanya, dinukil dari Kumpulan Doa Sehari-hari terbitan Kementerian Agama.

Doa Masuk Pasar

باسْمِ اللَّهِ اللَّهُمَّ إنِّي أسألُكَ خَيْرَ هَذِهِ السُّوقِ وَخَيْرَ ما فِيها وأعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّها وَشَرّ مَا فِيهَا اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ أنْ أُصِيبَ فِيْهَا يَمِيْناً فاجِرَةً أوْ صَفْقَةً خَاسِرَةً

Bismillâh allâhumma innî as-aluka khaira hâdzihi-s-sûqi wa khaira mâ fîhâ wa a‘ûdzubika min syarrihâ wa syarri mâ fîhâ. Allâhumma innî a‘ûdzubika an ushîba fîhâ yamînan fâjiratan au shafqatan khâsiratan.

Artinya:

Dengan nama Allah ya Allah aku memohon pada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pasar ini dan dari keburukan yang ada didalamnya. Dan aku berlindung pada-Mu dari sumpah palsu dan dari suatu pembelian atau penjualan yang merugikan. (HR. Hakim)

 
Berita Terpopuler