Resep Egg Muffin Ala McD, Hanya Butuh Empat Bahan, Cocok untuk Sarapan

Egg muffin ini mengandung 368 kalori.

Dok Mcdonalds Indonesia
Egg muffin, salah satu menu sarapan populer di McDonalds.
Rep: Shelbi Asrianti Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seporsi menu egg muffin alias muffin telur di restoran cepat saji McDonald's bisa didapatkan dengan harga relatif mahal. Sebagai alternatif, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri menu sarapan muffin telur tersebut di rumah.

Dikutip dari laman Express, Senin (24/4/2023), seorang pengguna TikTok membagikan resep mudah membuat muffin telur. Dia mengeklaim resepnya lebih rendah kalori dan sederhana, sebab hanya dibuat dari empat bahan yang gampang didapatkan.

Pengguna TikTok itu adalah pelatih penurunan berat badan Jack Cracknell yang memiliki akun TikTok @coachingbycracknell. "Anda benar-benar perlu mencoba ini. Buatan sendiri dan masing-masing hanya 368 kalori," ujar Cracknell.

Untuk satu porsi, resep muffin telur itu membutuhkan satu buah sosis, muffin Inggris, dua potong keju, dan sebutir telur. Muffin Inggris adalah roti dengan ragi berbentuk datar dan bundar. Roti ini biasanya dipotong horizontal untuk diberi isian, lalu dipanggang.

Baca Juga

Langkah pertama, buang kulit luar sosis dan haluskan sosis dalam mangkuk. Taburi dengan garam, merica, atau bumbu lain sesuai keinginan. Bentuk adonan sosis dengan ukuran tertentu agar sesuai jika nantinya ditempatkan di antara setangkup roti muffin.

Berikutnya, panaskan setetes minyak rendah kalori di wajan antilengket dengan api kecil. Masak sosis sampai berwarna kecokelatan, lalu balik untuk menggoreng sisi lainnya.

Semakin tipis adonan, semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk memasaknya. Jadi, berhati-hatilah agar tidak terlalu matang atau gosong.

Setelah matang di kedua sisi, letakkan irisan keju di tiap sisi sosis di wajan. Tumpuk satu sisi roti, sosis dan keju, lantas tambahkan telur goreng, sebelum ditangkupkan dengan sisi lain dari roti muffin. Untuk bentuk telur yang bulat sempurna, pakai cetakan telur mata sapi saat menggorengnya.

 
Berita Terpopuler