Duo Awards 2024: JMN Apresiasi Jokowi dan Tokoh Berpengaruh Industri Properti dan Keuangan

Presiden Jokowi dianggap yang pertama wujudkan pemindahan ibu kota ke Kaltim

dok istimewa
Journalist Media Network (JMN) untuk ketiga kalinya kembali menggelar Duo Awards, malam penghargaan bagi pengembang, pelaku industri keuangan dan building material, serta para tokoh-tokoh inspiratif. Pada gelaran IPBA ke-18 dan IMHA ke-7 kali yang digelar pada Senin 20 Mei 2024 di Hotel Raffles, Ciputra Wolrd, Jakrata ini, JMN memberikan penghargaan tertinggi kepada Presiden RI Joko Widodo, sebagai Bapak Pembangunan Desa dan Infrastrktur.
Red: Ichsan Emrald Alamsyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Journalist Media Network (JMN) untuk ketiga kalinya kembali menggelar Duo Awards, malam penghargaan bagi pengembang, pelaku industri keuangan dan building material, serta para tokoh-tokoh inspiratif. Pada gelaran IPBA ke-18 dan IMHA ke-7 kali yang digelar pada Senin 20 Mei 2024 di Hotel Raffles, Ciputra Wolrd, Jakrata ini, JMN memberikan penghargaan tertinggi kepada Presiden RI Joko Widodo, sebagai Bapak Pembangunan Desa dan Infrastrktur. 

Dewan Juri sepakat memberikan penghargaan ini setelah menilai, Presiden RI Joko Widodo berhasil melakukan pemerataan pembangunan hingga ke pelosok tanah air, tidak hanya berpusat di Pulau Jawa saja. Antara lain melalui kebijakan penggelontoran dana desa yang sangat besar, lalu pemindahan Ibukota negara ke Nusantara di Kalimantan Timur serta pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, kereta cepat, bandar udara, Pelabuhan dan infrastruktur lainnya.

Dimana hal itu membuat banyak kawasan di pedesaan/pinggiran yang semula terbelakang dan terisolasi bakal menjadi pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

CEO Journalist Media Network Indra Utama mengatakan pada pelaksanaan Indonesia Property&Bank Award ke-X tahun 2010 lalu, pihaknya memberikan penghargaan kepada Bapak Jokowi sebagai Wali Kota Terbaik, saat menjabat sebagai Wali Kota Solo. 

"Kala itu beliau hadir untuk menerima penghargaan. Dan kali ini beliau membuktikan, menjadi Presiden RI untuk dua periode dan memang yang terbaik dengan segala karya monumentalnya," kata Indra Utama.        

Menurut Indra Utama, selama pemerintahan Presiden Jokowi, sejak tahun 2015 sudah disalurkan dana senilai Rp 539 triliun ke desa-desa. Selain itu, ia memaparkan, dalam hal mengatasi kesenjangan pembangunan, beliau adalah Presiden RI pertama yang berhasil mewujudkan rencana pemindahan Ibukota Negara yang progresnya luar biasa cepat, dan pada 17 Agustus 2024 mendatang perayaan Hari Kemerdekaan akan digelar di Ibu Kota Nusantara. 

Pembangunan IKN selain bentuk pemerataan pembangunan dan mewujudkan sebuah kota yang modern, futuristik dan berprinsip berkelanjutan, tentunya menjadi kebanggaan bangsa yang akan terus dirasakan manfaatnya bagi negara dan rakyat Indonesia. Sejak tahun 2022 sampai 2024 menurut Menteri Keuangan, telah dikucurkan dana senilai Rp 71,8 triliun (4,6 miliar dolar AS). “Pemindahan Ibukota Negara adalah bentuk nyata dari membangun dari pinggiran/desa, sambil menata kota, sesuai motto Bapednas, Membangun Desa Menata Kota,” ungkap Indra.

Pembangunan Infrastuktur

Pembangunan berbagai infrastruktur, seperti bandar udara dan jalan tol juga sangat masif serta sangat membantu pengembangan kawasan atau wilayah, serta tumbuhnya pusat-pusat perekonomian baru dan meningkatkan nilai properti di berbagai kawasan yang dilalui jalan tol dan infrastruktur baru. 

Data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, per Agustus 2023, Indonesia memiliki jalan tol sepanjang 2.760 kilometer. Hebatnya, jalan tol ini bukan hanya dibangun hanya di Pulau Jawa, tapi juga Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi hingga Irian. Tercatat anggaran infrastruktur yang digelontorkan pemerintah di bawah Presiden Jokowi mencapai sebesar Rp 423,4 triliun, untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar. Belum lagi pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (menyusul Jakarta-Surabaya), transportasi massal modern seperti MRT dan LRT di megapolitan Jabodetabek.

Selain kepada Presiden RI Joko Widodo, JMN dalam Duo Awar ke 3 ini juga memberikan penghargaan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kelapa Badan Pertanahan Nasional, Menteri Perdagangan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Juga Kepala Daerah, pejabat di Kejaksaan Agung, Kepala Badan Otorita IKN yang dinilai mampu mempercepat terwujudnya program pemerintah, terkait pendapatan negara dan percepatan pembangunan IKN. 

“Penghargaan ini adalah bentuk apresiasi dan penghargaan kami, serta optimisme industri properti dan keuangan dalam menyambut keberlanjutan dan terbentuknya pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Bapak Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka, khususnya pada program pembangunan 3 juta rumah,” tegas Indra Utama.   

Berikan 79 Penghargaan 

Pada pelaksanaan IPBA XVIII dan IMHA VII ini, sebanyak 79 penghargaan diberikan kepada pejabat dan figur yang menginspirasi, sejumlah pengembang dan proyek properti berprestasi, baik proyek kelas mewah hingga subsidi. Selain kepada bank, dan institusi asuransi, JMN juga memberikan penghargaan khusus kepada sejumlah asosiasi. 

Prof Roy Sembel selaku Ketua Dewan Juri Duo Awards, menyampaikan, pemberian penghargaan ini sebagai bentuk konsistensi Journalist Media Network (JMN), dalam perannya sebagai media yang tidak saja memberitakan, tetapi juga memantau, mengkritisi dan menilai semua aktivitas di bidang properti, perbankan, dan pembangunan di negeri ini. “Seperti tahun-tahun lalu, penghargaan ini didasarkan pada penilaian yang ketat dengan proses berjenjang, oleh tim dari JMN dan kami, dewan juri,” tegas Roy Sembel. 

Roy juga berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi dan pemacu bagi para penerima, juga menjadi inspirasi bagi masyarakat, untuk terus berkreasi, berinovasi, bersinergi untuk mencapai yang terbaik. 

 
Berita Terpopuler