Cara Cepat Turunkan Kadar Gula Darah Bagi Pengidap Diabetes

Pengidap diabetes harus memantau kadar gula darahnya secara rutin.

www.freepik.com
Alat pengecek kadar gula darah (ilustrasi). Pengidap diabetes perlu memantau kadar glukosa darahnya secara rutin.
Rep: Meiliza Laveda Red: Reiny Dwinanda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter Deborah Lee dari Dr Fox Online mengatakan kadar glukosa darah bisa di luar kendali karena berbagai alasan. Ini bisa terjadi akibat makan terlalu banyak karbohidrat, stres, terlalu banyak minum alkohol, atau lupa minum obat.

Lee menyarankan agar pengidap diabetes selalu memantau kadar glukosa darahnya secara rutin. Mereka perlu mengambil tindakan tepat jika kadar gula darahnya terlalu tinggi atau rendah.

"Jika glukosa darah Anda 15mmol/L atau lebih, Anda perlu mengambil tindakan segera untuk mencegah timbulnya ketoasidosis," kata Lee.

Lee mengingatkan orang untuk selalu mengikuti rencana perawatan mereka. Sejumlah pengidap diabetes mungkin diberikan insulin ketika mereka memiliki kadar glukosa tinggi.

"Ini akan bekerja sangat cepat, dalam waku 15 menit. Tapi periksa kembali kadar glukosa Anda dalam 15-30 menit setelahnya untuk memastikan tidak turun terlalu rendah," ujar dia.

Selain insulin, Lee menyebut olahraga juga dapat menurunkan kadar glukosa darah. Efek penurunan glukosa dari olahraga berlanjut selama 24 jam setelah selesai. Namun, olahraga harus dihindari jika terdapat keton dalam urine yang dapat menjadi keadaan darurat medis.

Baca Juga

Dikutip dari laman Express, Ahad (16/4/2023), bagi pengidap diabetes secara umum, Lee memiliki sejumlah tip dalam mengontrol kadar glukosa darah. Pertama, hitung selalu karbohidrat yang masuk dan konsumsi makanan yang tepat.

Utamakan mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik (IG) rendah yang melepaskan energi secara perlahan. Jangan lupa untuk memperbanyak asupan serat.

"Makanan kaya kromium dan magnesium sangat ideal untuk pengidap diabetes," kata Lee.

Polifagia, gejala awal diabetes. - (Republika)

Mineral ini mendukung aksi insulin, sementara defisiensi kromium dan magnesium tidak jarang terjadi. Mineral tersebut dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau, biji-bijian, daging, ikan, makanan laut, dan kacang-kacangan.

Selain itu, orang juga harus berusaha untuk memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang sehat dengan memiliki olahraga teratur dan tidur secara teratur. Setidaknya, tidurlah tujuh jam dengan kualitas yang baik setiap malam.

"Cobalah dan kurangi stres dan jaga kesehatan mental. Jika Anda menerapkan gaya hidup sehat dan mengikuti aturan, ini dapat menurunkan kadar glukosa secara signifikan dalam dua hingga tiga pekan," kata Lee.

Gejala kadar gula darah tinggi dapat diakibatkan oleh:
1. Lupa minum obat atau minum insulin
2. Makan terlalu banyak karbohidrat
3. Dilanda stres
4. Memiliki infeksi seperti flu, infeksi paru, atau infeksi kandung kemih
5. Minum terlalu banyak alkohol.

 
Berita Terpopuler