Ulama Besar Jawa-Madura Akan Hadiri Launching Kitab Karya Syaikhona Kholil Bangkalan

Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan adalah ulama masyhur Nusantara yang banyak melahirkan ulama-ulama besar

network /Rahmat Fajar
.
Rep: Rahmat Fajar Red: Partner

Poster Launching Kitab karya Syaikhona Kholil Bangkalan

NYANTRI--Keluarga besar dzurriyah Syaikhona Muhammad Kholil akan melaunching kitab Syarh Al-Kholil ‘Ala Matnil Ajurumiyah karya Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan, pada, Selasa (malam Rabu), 27 Ramadhan 1444 H atau 18 April 2023, di Halaman Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, Demangan Barat, Bangkalan, Madura. Acara ini bertepatan dengan haul ke-101 Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan.

Berdasarkan rilis yang diterima Nyantri.republika.co.id launching ini berkat kerjasama antara keluarga besar dzurriyah Syaikhona Muhammad Kholil dengan Ponpes Syaichona Moh. Cholil bersama Lajnah Turots Ilmu Syaikhona Muhammad Kholil serta Nahdlatut Turots.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/210267/5-hal-yang-perlu-jadi-pertimbangan-sebelum-membeli-baju-lebaran-idul-fitri-2023

Acara ini dijadwalkan akan berlangsung kurang lebih tiga jam yang akan dimulai pada pukul 20/30 WIB hingga 23.30 WIB. Berbagai acara akan digelar antara lain Pra acara yang akan diisi dengan pembacaan biografi Syaikhona Muhammad Kholil. Kemudian Muqaddimah acara yang diisi dengan tawassul.

Disusul dengan sambutan atas nama keluarga besar dzurriyah Syaikhona Muhammad Kholil sekaligus Launching Kitab Syarhul Kholil ‘ala Matnil Ajurumiyyah, Khatmil Kitab Syarhul Kholil ‘ala Matnil Ajurumiyyah bersama para Masyayikh se Jawa dan Madura, dan Ijazah kitab dan doa penutup.


Sejumlah ulama dari pondok-pondok pesantren besar di Jawa-Madura dijadwalkan akan ikut dalam khatmil kitab Syarah Jurmiyah tersebut antara lain Rais Aam PBNU sekaligus Pengasuh Ponpes Miftachussunnah, Surabaya KH. Miftahul Akhyar, KH. Nurul Huda Djazuli dari Ponpes Al Falah Ploso Kediri. KH. Barizi M. Fathullah dari Ponpes Al Mubarok Lanbulan Sampang dan KH. Kafabih Mahrus Ponpes Lirboyo Kediri.

KH. Abdullah Habib Ponpes dari Langitan Tuban, KH. Hasan Mutawakkil Alallah dari Ponpes Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Habib Husein bin Aqil Probolinggo, Habib Ahmad Bin Novel Bin Jindan daro Pesantren Al Fakhriyah Tangerang Jawa Barat dan KH. Zuhri Zaini dari Ponpes Nurul Jadid Probolinggo.

Ada juga R.KH. Ach. Azaim Ibrahimy dari Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo, KH. Najih Maimun Al Anwar Sarang Ponpes Al Anwar Sarang Jawa Tengah, RKH. Fakhruddin Aschal Ponpes Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dan KH. Roghib Mabrur Ponpes MIS Sarang Jawa Tengah. Kemudian KH. Abdussalam Mujib Ponpes Al Khozini Buduran Sidoarjo, KH. Fuad Noerhasan Ponpes Sidogiri Pasuruan, KH. Muhammad Rofi'i Baidlowi Ponpes Banyuanyar Pamekasan, Dr. KH. Marzuqi Mustamar, M.Ag, Ketua PWNU Jawa Timur, KH. Abdul Adzim Kholili Ponpes Al Falah Al Kholiliyah Kepang Bangkalan.

Baca Juga: https://nyantri.republika.co.id/posts/210405/ini-tata-cara-iktikaf-yang-wajib-anda-ketahui

KH. Fahmi Hadziq Ponpes Tebuireng Jombang, Kiai Abdul Latif Ponpes Tambakberas Jombang, KH. Abdussalam Shohib Pengasuh Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang, KH. Muhibbul Aman 'Aly Ponpes Besuk Pasuruan, KH. Idris Hamid Pasuruan, KH. Afifuddin Dimyathi Ponpes Darul Ulum Rejoso Jombang, KH. Abdullah Balya Ponpes Al Kholiliyah Annuroniyah Demangan Timur Bangkalan, Dr. Muhammad Syadzi Arbays Cianjur Jawa Barat, Prof. KH. Abdul A'la Ponpes Annuqoyah Guluk-guluk Sumenep, KH. Mas Yusuf Muhajir Pesantren Sidoresmo Surabaya, KH. Hilmi Ahmad Pesantren Sawahpuluh Surabaya, KH. Imam Mahsus Ponpes Al Aziziyah Sebaneh Bangkalan, KH. Thoha Kholili serta KH. Syamsuddin Kholili Ponpes Jengkebuen Bangkalan.


Kitab yang akan dilaunching ini, Syarhul Kholil ‘ala Matnil Ajurrumiyyah karya Syaikhona Muhammad Kholil merupakan kitab Syarh (penjelasan) terhadap Kitab Matn al-Ajurrumiyah karya Syaikh Abu Abdillah Muhammad Asshanhaji Al Ajurrumi di bidang ilmu Nahwu. Kitab Syarh ini merupakan codex uniqum yaitu naskah yang ditulis langsung oleh Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan dimana penulisannya selesai pada tahun 1295 H atau bertepatan pada tahun 1878 M sebagaimana tercantum dalam kolofon akhir naskah otentik kitab ini.

Keistimewaan kitab ini terletak pada saduran dan catatan langsung Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan yang juga menyebutkan referensi sumber penulisannya. Demikian juga, kitab ini juga berisi taqrir (keterangan) Syaikhona Muhammad Kholil sendiri atas beberapa perbedaan dan diskusi yang terjadi di kalangan para Ulama’ Ahli Nahwu.

Tujuan pelaksaan kegiatan Launching tersebut untuk men-syiarkan warisan ilmu dan kitab Syaikhona Muhammad Kholil, khususnya Kitab Syarh al-Kholil ‘ala Matn al-Ajurrumiyah. Menyambungkan sanad keilmuan dan keberkahan dari Syaikhona Muhammad Kholil, dan Talaqqi dan tabarruk kepada para Masyayikh se Jawa Madura sebagaimana disebutkan di atas. Acara ini juga diperuntukkan untuk umum.

Artikel Menarik Lainnya: https://nyantri.republika.co.id/posts/210259/cara-download-lagu-mp3-dari-youtube-pakai-y2mate-mudah-gak-pakai-lama

https://nyantri.republika.co.id/posts/210151/y2mate-download-lagu-mp3-dari-youtube-mudah-gak-pakai-lama

https://nyantri.republika.co.id/posts/210126/download-ngaji-alquran-dari-youtube-pakai-mp3-juice-tanpa-aplikasi-tanpa-ribet

https://nyantri.republika.co.id/posts/209987/humor-ali-imran-ubah-panggilan-jadi-qulhu-garagara-takut-disuruh-baca-surat-ali-imran

 
Berita Terpopuler