5 Manfaat Berpuasa dalam Islam

Orang yang berpuasa akan terhindar dari perbuatan terlarang

network /Muhyiddin Yamin
.
Rep: Muhyiddin Yamin Red: Partner

Manfaat berpuasa (ilustrasi)

BOYANESIA -- Setiap datangnya bulan suci Ramadhan, umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Landasan syariat Kewajiban berpuasa Ramadhan ini merujuk pada ayat Alquran surat al-Baqarah ayat 183.

Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu. (Berpuasa) agar kamu bertakwa.”

Di dalam sebuah hadits disebutkan bahwa siapa pun yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Selain itu, masih banyak lagi manfaat dari puasa.

Baca Juga: Dua Versi Niat Puasa Ramadhan 2023

Berikut lima manfaat bagi orang yang berpuasa jika melaksanakannya dengan benar:

1. Mendapat Pengampunan Dosa Dari Allah SWT

Jika kita berpuasa dengan niat karena Allah SWT, maka akan mendapatkan pahala dan diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Nabi Muhammad SAW bersabda,

“Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya dimasa lalu akan diampuni”. (Bukhari no.38, Muslim no.760).

2. Selamat di Akhirat

Melaksanakan ibadah puasa juga dapat mengantarkan kita kepada keselamatan akhirat. Hal ini juga didasarkan pada hadits nabi yang berbunyi:

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Puasa itu penjaga (perisai), maka janganlah berkata-kata buruk (rafats) dan jangan berbuat kebodohan. Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah, “Sesungguhnya saya ini sedang berpuasa” (ia mengulang ucapannya dua kali). Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh bau mulut orang yang sedang berpuasa itu lebih harum di sisi Allah dari pada harumnya minyak kasturi, Ia meninggalkan makanannya, minuman dan nafsu syahwatnya karena Aku. Puasa itu bagi-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya, sedang kebaikan itu (dibalas) dengan sepuluh kebaikan yang serupa. Dan bagi mereka yang berpuasa ada dua kebahagiaan. Ia merasa senang saat berbuka lantaran puasanya, dan senang pula saat berjumpa dengan Rabb-nya juga karena puasanya “. (HR. Bukhari)

3. Masuk Pintu Surga ar-Rayyan

Orang yang ahli puasa juga dijanjikan masuk pintu surga ar-Rayyan oleh Allah SWT. Pada hari kiamat nanti pintu surga ar-Rayyan akan selalu terbuka untuk orang yang ahli puasa dan akan tertutup apabila semua ahli puasa sudah masuk semua ke surganya Allah SWT.

Dari Sahl r.a ia berkata Nabi SAW bersabda: “Dalam surga ada satu pintu yang disebut dengan Ar-Rayyan, yang pada hari kiamat tidak akan ada orang yang masuk ke surga melewati pintu itu kecuali para shaimun (orang-orang yang berpuasa). Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Lalu dikatakan kepada mereka; Mana para shaimun, maka para shaimun berdiri menghadap. Tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut selain mereka. Apabila mereka telah masuk semuanya, maka pintu itu ditutup dan tidak akan ada seorangpun yang masuk melewati pintu tersebut.” (HR. Bukhari)

4. Terhindart dari Perbuatan Terlarang

Orang yang berpuasa pasti akan terhindar dari perbuatan yang dilarang oleh agama, karena puasa sendiri maknanya adalah menahan. Orang yang berpuasa akan terhindar dari perbuatan maksiat, menghina, membunuh, mencaci, dan sebagainya.

5. Lebih Dekat dengan Allah

Berpuasa itu merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu, orang yang berpuasa akan menjadi lebih dekat sang Maha Pencipta.

Itulah lima manfaat berpuasa dalam Islam . Semoga dibulan Ramadhan ini kita dapat memaksimalkan ibadah kita dan diterima amalnya. Amin.

Baca Juga:

Urutan Wirid dan Doa Setelah Sholat Tarawih dan Witir

Meresapi Nasihat Ramadhan, Puisi Gus Mus

Hikmah di Balik Puasa Ramadhan

Tuntunan Rasulullah Menyambut Ramadhan 2023

Para Filsuf dan Binatang Pun Berpuasa

Ngaji Syaban: Kisah Amalan Puasa 8 Nabi Terdahulu

 
Berita Terpopuler