Mengunjungi Kota Kuno AlUla di Arab Saudi, Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi terletak di AlUla.

Saudi Gazette
Festival langit AlUla Moments yang bekerja sama dengan SAHAB (Federasi Balon Arab Saudi) telah memecahkan gelar Guinness World Records untuk Pertunjukan Cahaya Balon Udara Panas Terbesar di Dunia. Mengunjungi Kota Kuno AlUla di Arab Saudi, Apa Saja yang Bisa Dilakukan?
Rep: Zahrotul Oktaviani Red: Ani Nursalikah

IHRAM.CO.ID, ALULA -- Jauh di gurun wilayah barat laut Arab Saudi, terletak kota kuno AlUla. Sebagai salah satu tujuan paling wisata Kerajaan, kawasan ini adalah rumah bagi ratusan monumen bersejarah dan wisata alam yang berusia lebih dari 200 ribu tahun.

Dari 22 Desember hingga 21 Januari, AlUla akan menjadi tuan rumah Festival Musim Dingin di Tantora. Agenda ini akan memamerkan dan merayakan warisannya yang kaya, melalui serangkaian acara dan aktivitas hiburan, budaya, makan dan musik yang menarik.

Festival ini adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi AlUla dan mengalami semua yang ditawarkannya. Bagi pelancong yang ingin mengunjungi museum terbuka milik Kerajaan, berikut adalah panduan yang telah dikurasi Al Arabiya.

1. Kunjungan ke monumen bersejarah

Baca Juga

Situs Warisan Dunia UNESCO pertama di Arab Saudi terletak di AlUla. Di Hegra, pengunjung dapat menjelajahi lebih dari 110 makam terpelihara dengan baik yang terkubur di lanskap gurun, sekaligus belajar tentang masyarakat kuno dan budaya AlUla.

Situs itu merupakan kota Nabatean, yang berasal dari milenium pertama dan memuncak dari akhir abad kedua SM, hingga abad kedua Masehi. Selain makam orang-orang elite Nabatean, pengunjung juga akan menemukan sumur dan saluran air berlapis batu yang memamerkan keahlian ahli peradaban.

Kota Tua AlUla adalah pengalaman yang harus dilihat oleh semua pelancong. Pada abad ke-12, daerah ini merupakan pemukiman penting di sepanjang rute haji dari Damaskus ke Mekkah, serta sering disebutkan oleh para pelancong dari abad ke-12 hingga ke-20.

Pengunjung AlUla juga dapat menjelajahi batu gajah, formasi batuan paling ikonik di AlUla. Formasi batuan yang spektakuler menyerupai gajah dengan belalainya menyentuh tanah ini merupakan salah satu keajaiban kota yang paling signifikan

2. Pengalaman bertani di Oasis

Di jantung Oasis AlUla, pengunjung dapat belajar tentang praktik pertanian berkelanjutan melalui lokakarya interaktif selama dua jam. Peserta akan mengetahui bagaimana para petani di kawasan ini memanfaatkan sumber daya alam dan keanekaragaman hayati yang luas, untuk menjaga pertanian mereka tetap sehat dan produktif.

Di pertanian, para tamu dapat menemukan banyak panen jelai, gandum, oat, buah ara, zaitun, jeruk, rempah-rempah dan kurma. Mereka juga akan menemukan berbagai hewan ternak, termasuk kambing dan ayam.

Peserta juga bisa belajar lebih banyak tentang sejarah AlUla dan menggunakan keterampilan mereka sendiri untuk berkontribusi pada pemulihan oasisnya, dengan menanam benih dan bibit baru di kebun. Topik lokakarya meliputi restorasi pertanian, daur ulang sumber daya, persiapan lahan, budidaya tanaman, pembangunan kesuburan tanah, perbanyakan bibit di pembibitan tradisional, sumber daya air dan jenis sistem irigasi yang digunakan di AlUla.

Peternakan ini juga menawarkan makan siang yang lezat, makanan ringan, serta minuman untuk para tamu.

3. Balon udara panas

Pengalaman sekali seumur hidup terbang dengan balon udara tersedia bagi pengunjung AlUla selama Musim Dingin di Festival Tantora.

Pengunjung dapat terbang ke langit dan menikmati pemandangan panorama yang menakjubkan dari lanskap unik kota, dalam perjalanan balon udara selama 15 menit atau perjalanan balon udara bebas selama 45 menit, tergantung pada kondisi cuaca.

4. Petualangan dan pengalaman luar ruangan

Tidak ketinggalan, AlUla menawarkan pengalaman luar ruangan yang mendebarkan bagi para pelancong. Hal ini cocok untuk segala usia dan tingkat kebugaran di Adventure Hub.

Pengunjung dapat memompa adrenalin mereka dengan ziplining melintasi pegunungan, bersepeda dengan pemandu melalui bukit pasir, atau menyatu dengan alam selama mendaki melalui formasi bebatuan dan lembah tersembunyi AlUla.

 
Berita Terpopuler