Gol Bunuh Diri Jan Vertonghen Antarkan Prancis ke Perempat Final Euro 2024

Prancis mengalahkan Belgia 1-0 lewat bunuh diri Vertonghen pada menit ke-85.

AP Photo/Hassan Ammar
Kiper Belgia Koen Casteels, kanan, gagal membendung gol bunuh diri rekan setimnya Jan Vertonghen saat menghadapi Prancis dalam pertandingan babak 16 besar Euro 2024 di Dusseldorf, Jerman, Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.
Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, DUESSELDORF -- Prancis belum menemukan ketajaman, tapi masih dianungi keberuntungan di Euro 2024. Les Bleus lolos ke perempat final setelah mengalahkan Belgia 1-0 lewat gol bunuh diri Jan Vertonghen di Stadion Dusseldorf, yang berakhir Selasa (2/7/2024) dini hari WIB.

Gol bunuh diri Vertonghen tercipta lima menit sebelum waktu normal berakhir. Pemain pengganti Randal Kolo Muani menerima bola dari N'Golo Kante dan melepaskan tembakan. Bola membentur Jan Vertonghen dan berubah arah sehingga gagal dihentikan kiper Koen Casteels.

Ini merupakan gol ketiga Prancis sekaligus gol bunuh diri kedua dari lawan Les Bleus dari empat pertandingan Euro 2024 sejauh ini. Sebelumnya pada laga pembuka Grup D, Prancis juga menang 1-0 atas Austria lewat gol bunuh diri Max Wobber. Satu gol Prancis lainnya pada fase grup datang dari penalti Kylian Mbappe ketika bermain imbang 1-1 melawan Polandia.

Baca Juga

Bagi Belgia, kekalahan ini membuat Kevin De Bruyne dkk mengepak koper lebih cepat. Belgia juga tumpul di Euro 2024, hanya mengemas dua gol saat mengalahkan Ukraina 2-0 pada laga Grup E. Selebihnya, tiga laga berakhir tanpa gol untuk Red Devils.

Belgia bisa saja bernasib lebih baik andai lebih tajam pada akhir pertandingan. Percobaan Romelu Lukaku dan De Bruyne memaksa kiper Prancis Mike Maignan melakukan penyelamatan gemilang untuk mempertahankan kemenangan timnya sekaligus tiket ke babak perempat final.

Di delapan besar, Prancis akan menghadapi pemenang laga Portugal vs Slovenia.

 
Berita Terpopuler